Vous êtes sur la page 1sur 7

Promosi kesehatan (WHO)

Promosi kesehatan adalah ilmu dan seni membantu masyarakat menjadikan gaya hidup mereka sehat optimal kesehatan yang optimal didefinisikan sebagai keseimbangan kesehatan fisik, emosi, sosial, spiritual, dan intelektual yang tidak hanya terbatas pada bebas dari penyakit atau kelemahan saja (WHO,1947) Pada tahun 1986, Konferensi Internasional Promosi Kesehatan I telah diadakan di Ottawa, Kanada ianya telah menghasilkan kesepakatan yang dikenal sebagai Piagam Ottawa Piagam ini menyatakan tentang konsep promosi kesehatan yaitu proses untuk meningkatkan kemampuan individu dalam mengendalikan dan meningkatkan kesehatannya.

Misi Promosi Kesehatan


Advokasi (advocate) Ditujukan kepada para pengambil keputusan atau pembuat kebijakan Menjembatani (mediate) Menjalin kemitraan dengan berbagai program dan sektor yang terkait dengan kesehatan Memampukan (enable) Agar masyarakat mampu memelihara dan meningkatkan kesehatan secara mandiri

Promosi Kesehatan
Strategi
Advokasi (advocacy) Agar pembuat kebijakan mengeluarkan peraturan yang menguntungkan kesehatan Dukungan Sosial (social support) Agar kegiatan promosi kesehatan mendapat dukungan dari tokoh masyarakat. Pemberdayaan Masyarakat (empowerment) Agar masyarakat mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kesehatannya.

Sasaran
Sasaran peringkat pertama (primer) Bersesuaian dengan misi pemberdayaan masyarakat. Sebagai contoh sasaran merupakan ketua keluarga, ibu hamil atau menyusui dan anak sekolah. Sasaran peringkat kedua (sekunder) Bersesuaian dengan misi dukungan sosial. Sebagai contoh sasaran merupakan tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama. Sasaran peringkat ketiga (tertier) Bersesuaian dengan misi advokasi. Sebagai contoh pembuat kebijakan mulai dari pusat sampai ke daerah atau kampung.

Promosi Kesehatan (Msia)


Promosi kesehatan di Malaysia diuruskan oleh Lembaga Promosi Kesehatan Malaysia (LPKM). LPKM ini telah berperasi pada 1 April 2007 berikutan pewartaan Akta Lembaga Promosi Kesihatan Malaysia 2006 (Akta 651). LPKM ini berperan dalam memacukan pengalaman cara hidup sehat dengan mengambil inisiatif untuk menganjurkan aktivitas yang dapat memperkukuhkan kemahiran dan kemampuan kesihatan seseorang individu, kumpulan atau masyarakat di samping mempertingkatkan keadaan sosial dan persekitaran bagi memperbaiki kualitas hidup rakyat Malaysia.

LPKM
Misi Kearah Masyarakat Malaysia Yang Sihat Dan Aktif Visi
menjadi sebuah pusat kecemerlangan di peringkat nasional dan antarabangsa dalam bidang promosi kesihatan melalui cara hidup, persekitaran dan masyarakat yang sihat

Objektif LPKM
Memajukan pertubuhan yg berkaitan dgn kesihatan Merancang dan melaksanakn program dan aktivitas promosi kesehatan Menyokong dan membentuk program yang mengamalkan cara hidup sihat Menyokong dan membentuk program yang dapat mencegah, mengurang atau menghentikan penggunaan hasil tembakau Membiayai penyelidikan Membiayai dan menyokong organisasi sukan, rekreasi dan kebudayaan dalam usaha mempromosikan gaya hidup sihat.

Fungsi LPKM
Sediakan garis panduan, menilai, menetapkan jumlah dan syarat pemberian geran Merancang, membentuk dan melaksanakan tindakan dan program dalam mempromosikan kesihatan Menilai dan menentukan jenis dan takat sesuatu aktiviti promosi kesihatan Menjalin hbgn dengan pertubuhan antarabangsa Berunding dengan agensi dan jabatan kerajaan serta pertubuhan bukan kerajaan