Vous êtes sur la page 1sur 35

PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI MAHASISWA STMIK-AMIK RIAU

Program Studi Jurusan

: Strata I (S1) : Teknik Informatika

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIK

(STMIK-AMIK) RIAU TAHUN 2008/2009

Kampus Induk:
Jl. Purwodadi Indah Km 10 Panam Pekanbaru Telp. 0761-7047091

Kampus Kota A:
Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 145 Pekanbaru Telp. 0761-856867

Kampus Kota B:
Jl. Ikhlas No. 2F Pekanbaru Telp. 0761-33812

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat allah subhanahu wataala atas rahmat, hidayah dan petunjukNya serta kesehatan yang diberikan, sehingga dapat terselesaikan buku pedoman pelaksanaan dan penulisan laporan praktek kerja lapangan dan skripsi ini. Selama ini masih ada mahasiswa jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer AMIK (STMIK-AMIK) Riau, mengalami kesulitan-kesulitan dalam skripsi. Skripsi merupakan suatu bentuk penelitian yang dilakukan secara mandiri serta untuk melengkapi persyaratan mendapatkan gelar Sarjana Komputer (S.Kom). Pentingnya pembuatan skripsi bagi para mahasiswa, maka merasa perlu untuk disusun sebuah buku pedoman penyusunan dan penulisannya, agar para mahasiswa lebih mudah di dalam pembuatan skripsi. Dengan adanya buku pedoman penyusunan dan penulisan skripsi ini, diharapkan mahasiswa dan dosen pembimbing dapat melakukan suatu hubungan (interaksi) agar menghasilkan suatu laporan penelitian atau karya ilmiah yang lebih baik dan berbobot dengan sistematika penyusunan dan penulisan yang sesuai dengan kaedah-kaedah karya ilmiah. Pedoman penyusunan dan penulisan buku skripsi ini berisikan sistematika dan penjelasan mengenai ruang lingkup dari persyaratan skripsi, format skripsi, pengajuan proposal skripsi, seminar hasil dan ujian komprehensive, masalah penelitian, dosen pembimbing dan tata cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Buku pedoman penyusunan dan penulisan skripsi ini, diharapkan akan dapat lebih mempercepat bagi para mahasiswa dalam penyelesaian penulisan skripsi.

Pekanbaru, Desember 2008 Jurusan Teknik Informatika

Ketua

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

DAFTAR ISI
Halaman 1 2 3 3 3 3 4 5 5 5 6 6 12 14 14 14 15 15 15 15 15 15 16 16 16 16 16 17 18 18 18 19 24 24 25 25 25 26

KATA PENGANTAR DAFTAR ISI I. PETUNJUK UMUM A. Pengertian B. Tujuan C. Ruang Lingkup Skripsi D. Persyaratan E. Prosedur Pengambilan Skripsi E.1. Proposal E.2. Sisematika Pengajuan Proposal E.3. Sistematika Penulisan Proposal E.4. Seminar Proposal F. Konsultasi Bimbingan Skripsi G. Sistematika Penulisan Skrpsi G.1.a. Cover Judul skripsi G.1.b. Abstrak G.1.c. Halaman Persembahan/ucapan terima kasih/motto G.1.d. Kata Pengantar G.1.e. Daftar Isi G.1.f. Daftar Tabel G.1.g. Daftar Gambar G.1.h. Daftar Symbol G.1.i. BAB I. PEDAHULUAN G.1.i.1. Latar Belakang Masalah G.1.i.2. Identifiasi Masalah G.1.i.3. Batasan Masalah G.1.i.4. Rumusan Masalah G.1.i.5. Hipotesa (optional) G.1.i.6. Tujuan dan Manfaat Penelitian G.1.i.7. Metodologi Penelitan G.1.i.8. Sistematika Penulisan G.1.j. DAFTAR PUSTAKA H. Seminar Hasil I. Ujian Komprehensive II. PETUNJUK TEKNIS A. Seminar Proposal B. Seminar Hasil C. Ujian Komprehensive

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

III.PETUNJUK PENYUSUNAN PENULISAN A. Bahan dan Ukuran Kertas B. Aturan Pengetikan C. Awal Kalimat D. Aturan Judul Bab dan Sub Bab E. Rincian ke bawah F. Penomoran Halaman G. Tabel dan Gambar H. Penggunaan Bahasa dan Kalimat I. Pengutipan Literatur J. Daftar Pustaka K. Jumlah Halaman LAMPIRAN 1. Flowchart sistematika skripsi Jurusan Teknik Informatika

27 27 28 28 28 29 29 29 30 31 32 32 34

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

1. PETUNJUK UMUM A. Pengertian. Skripsi adalah salah satu tugas wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa jurusan Teknik Informatika STMIK-AMIK Riau dengan bobot 6 SKS, yang merupakan tulisan ilmiah hasil dari penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dibawah bimbingan dosen Pembimbing. B. Tujuan. Tujuan dari pembuatan skripsi yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa jurusan Teknik Informatika STMIK-AMIK Riau, antara lain adalah : 1. Melatih untuk bekerja dan berfikir secara ilmiah serta mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh selama proses belajar mengajar (PBM). 2. Mempertajam berfikir secara objektif, logis, kritis dan analitis. 3. Melatih kemampuan menulis karya ilmiah secara komprehensife dan representatif. 4. Mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi, terjun kemasyarakat atau dapat berkarya sesuai dengan bidang keahliannya. C. Ruang Lingkup SKRIPSI. Pada dasarnya setiap mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih judul yang berhubungan dengan bidang studi atau jurusan yang diminati, dengan syarat judul tersebut harus atas persetujuan dari Ketua Jurusan. Ruang lingkup dari pelaksanaan skripsi atau sasaran yang akan dicapai oleh mahasiswa adalah untuk mendapatkan pengalaman menulis suatu karya ilmiah secara mandiri dengan berdasarkan kaedah-kaedah yang berlaku, melalui penelitian dan analisis terhadap suatu bidang tertentu, antara lain jenis skripsi yang diperbolehkan yaitu : 1. Sistem Informasi. Skripsi yang isinya adalah Pembuatan program (perangkat lunak/Software) yang berkaitan dengan ilmu-ilmu dasar komputer, misalnya; a. Teknik kompilasi (parsing, scanning), pengenalan katakalimat maupun string, penggunakan prinsip bahasa pemrograman dasar, otomata dan kompiler. b. Struktur data (searching, sorting ), misalnya implementasi ke dalam searchengine c. Sistem pakar. Untuk sistem pakar program yang dibuat harus bisa menampilkan gambar, database bersifat dinamis-dapat diupdate maupun ditambahkan, rulebase dengan Minimal level sampai 5. d. GIS (Geografis Information System), program harus dapat menunjukkan kemampuan gambar untuk memberikan informasi secara terkait (antara gambar dengan informasi), gambar dapat dimanipulasi (disarankan untuk menggunakan pemrograman WEB)

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

e. Enkripsi/dekripsi + Kompresi (keamanan data) enkripsi untuk semua jenis file, pembuatan perbandingan dalam tabel untuk waktu enkripsi file maupun dekripsi ; cari di internet (gunakan pemrograman WEB) f. Artificial Intelligence, misalnya permainan strategi (catur, othello, dll) yang lebih ditonjolkan metodenya dan diimplementasikan ke dalam game yang dibuat g. Artificial Neural Network, misalnya pengenalan suara, karakter, pola, dll h. Pemrosesan Paralel: berguna untuk mempercepat suatu proses yang besar. i. Networking ; remote akses, controlling, wireless dan sebagainya. j. ApplicationProgram; dapat berupa hasil program aplikasi yang dibuat dengan penekanan pada teknik pengembangan, tool dan interface yang digunakan. Aplikasi ini dapat berupa desktop application, dan web base application. k. Image Processing l. Multimedia 2. Rekayasa Interface. Skripsi yang isinya adalah Pembuatan suatu interface/program antara hardware dan software dimana titik berat pada pembuatan software, harus ada CNC (computer numeric control), maksudnya adalah komputer bukanlah seperti joystick. dan harus menggunakan miniatur. Untuk skripsi rekayasa Interface, titik berat pada perangkat lunak/software harus mengerti mengenai korelasinya ke hardware, misalnya: a. Microcontroller b. Pemanfaatan PPI 8255 sebagai interface. c. Pemanfaatan serial, paralel dan game port sebagai interface. Contoh aplikasi: a. Sensor suhu, kelembaban udara, cahaya yang dapat dipakai sebagai suatu pengontrolan b. Pengiriman data dari port ke suatu alat. c. Penggabungan teknologi computer dengan selluler (perangkat mobile) Ketentuan: 1. Validitas Judul Maksimal adalah 2 semester, jila melewati masa itu harus mengajukan judul baru karena perkembangan Teknologi Informasi sangat cepat. 2. Judul yang sudah diakui/diseminarkan (proposal/hasil) dapat saja dibatalkan, apabila kedapatan unsur plagiat (penjiplakkan), redudan dan sebagainya.

D. Persyaratan SKRIPSI. 1. Mahasiswa yang berhak melaksanakan skripsi adalah mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa STMIK-AMIK Riau pada semester berjalan, yang telah menyelesaikan mata kuliah minimal 119 SKS. 2. Telah lulus mata kuliah Metode Penelitian. 3. Mencantumkan skripsi pada Kartu Rencana Studi sebelum seminar hasil. 4. Telah menyerahkan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

5. Telah mengikuti seminar proposal minimal 3 (tiga) kali (dibuktikan dengan daftar hadir yang telah disiapkan/diarsipkan oleh Jurusan Teknik Informatika). 6. Skripsi harus diselesaikan paling lambat 1 (satu) tahun atau selama 2 (dua) semester berturut-turut, terhitung sejak proposal disetujui. Apabila mahasiswa yang bersangkutan belum dapat menyelesaikan dalam jangka waktu tersebut, maka harus mengajukan judul baru ke Ketua Jurusan Teknik Informatika. 7. Mahasiswa yang melaksanakan skripsi dibimbing oleh 2 (dua) orang dosen pembimbing. Dosen pembimbing dapat berasal dari dosen Tetap STMIK-AMIK Riau dan jika diperlukan dapat mellibatkan dosen tidak tetap dengan persetujuan Ketua STMIK-AMIK Riau.

E. Prosedur Pengambilan SKRIPSI. E.1. Proposal. 1. Mengajukan proposal atau judul skripsi ditujukan kepada Ketua Juruan Teknik Informatika, dengan syarat melampirkan atau menunjukkan Persyaratan Skripsi point 1 s/d 5. 2. Judul Proposal yang diajukan maksimal 3 (tiga) judul, dan diharuskan sesuai dengan ruang lingkup skripsi serta belum ada sebelumnya. Ketua/sekretaris jurusan berhak menolak judul proposal yang diajukan apabila judul proposal tersebut sudah ada sebelumnya, dan tidak sesuai dengan ruang lingkup skripsi. 3. Berkas Proposal dimasukkan ke dalam map berwarna oranye serta dengan melampiran foto copy KHS, sertifikat PKA (Pengenalan Kegiatan Akademis) dan PKL. 4. Setelah judul proposal disetujui oleh Ketua/sekretaris jurusan, maka mahasiswa boleh untuk meneruskan penulisan isi dari proposalnya dengn berkonsultasi dengan dosen pembimbing yang telah ditentukan (judul proposal yang telah disetujui, bisa berubah/dibatalkan pada waktu seminar proposal). 5. Di dalam mengajukan judul proposal, maka setiap mahasiswa harus mengikuti buku Pedoman Penyusunan dan Penulisan Skripsi yang dikeluarkan oleh Jurusan Teknik Informatika STMIK-AMIK Riau

E.2. Sistematika Pengajuan Proposal. Supaya lebih terarah dan sesuai dengan buku pedoman dalam penulisan skripsi, maka perlu adanya sistematika untuk pengajuan judul proposal yaitu sebagai berikut :

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

Sistematika penulisan pengajuan proposal adalah sebagai berikut :

Surat pengantar pengajuan PROPOSAL (yang ditujukan kepada Ketua Jurusan Teknik Inf) Cover Pengajuan JUDUL PROPOSAL (lihat contoh) Judul PROPOSAL-1 (lihat contoh) Judul PROPOSAL-2 (lihat contoh) Judul PROPOSAL-2 (lihat contoh) Form Pemeriksaan PROPOSAL (di isi oleh reviewer, lihat contoh) E.3. Sistematika Penulisan Proposal. 1. Di dalam membuat isi proposal, yang nantinya akan menjadi suatu skripsi maka setiap mahasiswa harus mengikuti buku Pedoman Penyusunan dan Penulisan Skripsi yang dikeluarkan oleh Jurusan Teknik Informatika STMIKAMIK Riau. Sistematikanya yaitu :
Sistematika penulisan proposal adalah sebagai berikut :

Cover Proposal (lihat contoh) PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah B. Identifikasi Masalah C. Batasan Masalah D. Rumusan Masalah E. Hipotesa (optional, tergantung permasalahan) F. Tujuan dan Manfaat Penelitian G. Metodologi Penelitian (tergantung permasalahan yang diteliti) H. Sistematika Penulisan. LAMPIRAN 1) Daftar Pustaka (membawa minmal 5 buah buku, yang digunakan dalam landasan teori ) 2) Rencana Jadwal Penelitian (lihat contoh) 3) Rancangan Akhir penelitian. 2. Setelah penulisan isi proposal selesai, dan sudah disahkan/ditanda tangani oleh pembimbing 1 dan 2, maka dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti seminar proposal (jadwal seminar proposal dikeluarkan oleh jurusan) E.4. Seminar Proposal. Mahasiswa yang telah siap dengan proposalnya dapat mengikuti Seminar Proposal dengan syarat sebagai berikut : 1. Menyerahkan proposal sebanyak 7 (tujuh) rangkap kepada Ketua/sekretaris/staff jurusan Teknik Informatika . 2. Proposal diserahkan minimal 3 (tiga) hari, sebelum jadwal seminar proposal diumumkan. 3. Peserta seminar harus memakai pakaian baju warna putih dan celana/rok warna biru/hitam.

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

4. Peserta seminar pria memakai dasi dan peserta seminar wanita memakai scarf. (warna dasi dan scarf bebas). 5. Peserta seminar proposal wanita diharuskan memakai rok warna biru/hitam. 6. Peserta seminar proposal disarankan untuk membawa mahasiswa lain minimal 3 orang, dan salah satu ditunjuk sebagai notlen.. 7. Peserta seminar dilarang untuk menghidupkan hand phone dan peratan lain yang dapat mengganggu kelancaran seminar proposal. 8. Peserta seminar datang 15 menit, sebelum seminar dilaksanakan. 9. Semua kelengkapan untuk seminar, disediakan/disiapkan oleh peserta seminar. 10. Menyelesaikan seluruh persyaratan administrasi.

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

Contoh format cover pengajuan judul proposal.

PROPOSAL SKRIPSI (size 18 bold)


SISTEM JARINGAN PENGOLAHAN DATA MEDIK PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PEKANBARU (size 14)

Oleh : (size 12)

NAMA NPM

: KARIN MEILIAN : 0610031802001 (size 12)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIK

(STMIK-AMIK) RIAU (size 11/16 bold)


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA (size 11 bold)

PEKANBARU TAHUN 2009 (size 16/16)

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

Contoh format proposal.

1.

SISTEM JARINGAN PENGOLAHAN DATA MEDIK PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PEKANBARU (size 14)

Rumah Sakit Umum Daerah Pekanbaru atau sering disingkat dengan nama RSUD merupakan salah satu rumah sakit milik daerah Provinsi Riau, dimana dst Dalam melakukan kegiatan operasionalnya yang dilakukan selama jam kerja, khususnya mengenai penanganan data-data medik yang berhubungan langsung . . dst Adanya system jaringan yang digunakan, terasa membawa manfaat yang cukup baik, hal ini dapat dibuktikan dengan semakin cepatnya proses yang dilakukan untuk kegiatan pengolahan data yang sangat banyak dengan jumlah data yang . . dst

CATATAN . Untuk masing-masing judul yang diajukan harus dibuat uraiannya secara narasi, dengan format sebanyak 3 paragraf pada lembaran yang berbeda sesuai dengan judul pada covernya..

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

10

Contoh format form pemeriksaan proposal.

Hari/Tanggal Reviewer/Jurusan

: ................................................................ : 1............................. ( ) 2............................. ( )

Keputusan: 1. Disetujui 2. Tidak Disetujui

Komentar dan saran Reviewer : ....................................................................................................... ....................................................................................................... ....................................................................................................... ..................................................................................................... ........................................... Rekomendasi Pembimbing: 1. .............................................. ( Pembimbing I) 2. .............................................. ( Pembimbing II) (size 16)

Notes : Keputusan dari reviewer tidak dapat diganggu gugat

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

11

Contoh format cover proposal

PROPOSAL SKRIPSI(size 18 bold)

SISTEM JARINGAN PENGOLAHAN DATA MEDIK PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PEKANBARU (size 14)

Oleh :

NAMA NPM

: KARIN MEILIAN : 0610031802001 (size 12)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIK

(STMIK-AMIK) RIAU (size 11/16 bold)


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA (size 11 bold)

PEKANBARU TAHUN 2009 (size 16/16)

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

12

Contoh format rancangan jadwal penelitian.

JADWAL KEGIATAN PENELITIAN TAHUN 2008 URAIAN BULAN - I BULAN - II BULAN - II KEGIATAN Kegiatan / minggu 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Persiapan pelaksanaan penelitian Observasi pendahu luan Pelaksanaan peneli tian dan konsultasi Penulisan laporan skripsi/konsultasi Persiapan/cek isi utk seminar hasil

BULAN - N 1 2 3 4

F. Konsultasi Bimbingan Skripsi. Setelah mahasiswa menyelesaikan seminar proposal, maka segala permasalahan yang berkaitan dengan isi proposalnya (yang dalam hal ini sudah berubah menjadi skripsi), harus dikonsultasikan dengan dosen pembimbing 1 dan 2 yang telah ditunjuk. Dalam melakukan konsultasi kepada pembimbing mengenai pembahasan isi skripsi, maka setiap mahasiswa diharuskan untuk membuat suatu lembaran konsultasi. Dimana lembaran konsultasi ini harus dibawa setiap kali mengadakan konsultasi (bimbingan ) kepada dosen yang bersangkutan, sehingga akan lebih mudah untuk memperbaikinya.

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

13

Contoh format lembaran konsultasi/bimbingan skripsi

LEMBAR KONSULTASI BIMBINGAN SKRIPSI (14)


Nama NPM Judul Skripsi : Karin Meilian : 0610030802001 : Sistem Jaringan Pengolahan Data Medik Pada Rumah Sakit Umum Daerah Pekanbaru (12)

Pembimbing.I : EDWAR ALI, M.Kom (12) NO HARI/ HASIL KONSULTASI/ TANGGAL BIMBINGAN 1

KET.

PARAF

Pekanbaru, 2009 Disetujui untuk seminar hasil

(Edwar Ali, M.Kom) Pembimbing-1 CATATAN : 1. Untuk konsultasi bimbingan skripsi, sebaiknya dibedakan namun dengan format yang sama, hanya berbeda pembimbing 1 dan 2. 2. Konsultasi bimbingan skripsi minimal 5 kali, dan hasilnya harus dilampirkan pada saat seminar hasil skripsi dilaksanakan.

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

14

G. Sistematika Penulisan SKRIPSI. Supaya penulisan dan pembahasan yang dilakukan lebih terarah dan mengikuti aturan serta unsur-unsur penelitian secara ilmiah, maka perlu dibuat suatu susunan atau sistematika yang menggambarkan isi dari skripsi secara keseluruhan. Sistematika penulisan skripsi mahasiswa jurusan Teknik Informatika STMIK-Riau yaitu sebagai berikut : Cover judul skripsi (lihat contoh) Lembar persetujuan skripsi (lihat contoh) Lembar pengesahan skripsi (lihat contoh) ABSTRAK (lihat contoh) Halaman persembahan/ucapan terima kasih secara khusus (jika ada) KATA PENGANTAR DAFTAR ISI (lihat contoh) DAFTAR TABEL (jika ada, lihat contoh) DAFTAR GAMBAR (jika ada, lihat contoh) DAFTAR SIMBOL (jika ada, lihat contoh) BAB I. PENDAHULUAN BAB II. TINJAUAN UMUM DAN LANDASAN TEORI (sesuaikan dg topik yg dibahas) BAB III. ANALISA DAN PEMBAHASAN (disesuaikan dengan topik yang dibahas) BAB IV. IMPLEMENTASI (disesuaikan dengan topik yang dibahas) BAB V. PENUTUP DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN (optional/disesuaikan dengan jenis skripsi yang dibahas) a. Daftar kata singkatan dan fungsinya b. Hasil Akhir penelitian c Surat Bukti sudah selesai menyelesaiakan penelitian dari instansi/perusahaan tempat penelitian. (optional,sesuai dengan topic pembahasan)

G.1. Penjelasan a. Cover Judul Skripsi (lihat contoh), berisi antara lain : 1. Judul harus ringkas dan jelas ditulis dengan huruf kapital/disesuaikan. 2. Judul ditulis memuat konten pokok masalah 3. Judul dapat menggambarkan tempat/wilayah penelitian (optional) b. ABSTRAK (lihat contoh), berisi antara lain : 1. Abstrak dibuat secara ringkas yang hanya memuat lebih kurang 200 kata. 2. Ditulis dalam 1 (satu) pharagraph da1am spasi tunggal dengan urutan sebagai berikut: Alasan melakukan penelitian 1. Tujuan penelitian 2. Metode yang digunakan
Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

15

3. Hasil-hasil/Kesimpulan. 4. Kata kunci/key words c. Halaman persembahan/ucapan terima kasih (motto) 1. Halaman persembahan/ucapan terima kasih (motto) biasanya disesuaikan dengan topik skripsi atau hal yang menarik dan berkesan 2. Kadangkala dibuat kata-kata persembahan untukdst d. KATA PENGANTAR 1. Ucapan puji syukur 2. Ungkapan dari penulis tentang apa yang telah diteliti 3. Ucapan terima kasih untuk semua pihak pribadi/instansi/perusahaan/lembaga, dengan urutan yaitu : a. Ketua Yayasan Komputasi Riau b. Ketua STMIK-AMIK Riau c. Pembantu Ketua I s/d Pembantu Ketua III d. Ketua Jurusan Teknik Informatika e. Pembimbing 1 dan pembimbing 2 f. Para Dosen dan staf akademis STMIK-AMIK Riau g. Pihak instansi/perusahan, dst 4. Jumlah halamannya berkisar 1-2 halaman. e DAFTAR ISI 1. Berisikan semua isi skripsi, mulai dari lembar judul skripsi, lembar pengesahan, abstrak, sampai lampiran. 2. Daftar isi diberi nama dan nomor halaman, sesuai dengan isi pada skripsi yang dibahas. f. DAFTAR TABEL 1. Semua tabel diberi nomor urut berdasarkan nomor bab dan urutan tabel tersebut di dalam bab yang bersangkutan. 2. Pada daftar tabel ditulis nomor tabel, nama/judul tabel dan nomor halaman di mana tabel tersebut berada. g. DAFTAR GAMBAR 1. Semua gambar diberi nomor urut berdasarkan nomor bab dan urutan gambar tersebut di dalam bab yang bersangkutan. 2. Pada daftar gambar ditulis nomor gambar, nama/judul gambar dan nomor halaman di mana gambar tersebut berada. h. DAFTAR SIMBOL 1. Semua simbol diberi nomor urut dan keterangan dari simbol tersebut.

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

16

i. BAB I. PENDAHULUAN i.1. Latar Belakang Masalah Pada bagian ini berisi tentang sejarah dan peristiwa-perstiwa yang sedang terjadi pada suatu objek penelitian, namun pada saat ini telah terjadi penyimpangan dari standar yang ada, baik untuk keilmuan maupun aturanaturan yang ada. Oleh sebab itu peneliti harus melakukan analisis masalah sehingga menjadi jelas, dengan adanya analisis masalah, peneliti harus dapat menunjukkan adanya suatu penyimpangan dan menuliskannya serta perlunya hal tersebut untuk dilakukan penelitian. Masalah merupakan penyimpangan dari apa seharusnya dengan apa yangg terjadi, seperti penyimpangan antara rencana dengan pelaksanaan, antara teori dengan praktek, aturan dengan pelaksanaan dan lainnya. Masalah itu terjadi pada ruang (tempat) dan waktu tertentu. i.2. Identifikasi Masalah Dalam bagian ini perlu dituliskan berbagai masalah yang ada pada objek yang diteliti, semua masalah dalam objek, baik yang akan diteliti maupun yang tidak akan diteliti sebaiknya dikemukakan. Untuk dapat mengidentifiasi masalah dengan baik, peneliti perlu melakukan studi pendahluan ke objek yangg diteliti, melakukan observasi dan wawancara keberbagai sumber, sehingga permasalahan dapat dingkapkan. Berdasarkan berbagai masalah yang sudah diketahui tersebut, selanjutnya dikemukakan hubungan satu masalah dengan masalah yang lain, baik yang berpengaruh positif maupun negatif terhadap masalah yang diteliti. Masalah dapat dinyatakan dalam bentuk suatu variabel. i.3. Batasan Masalah karena adanya keterbatasan, waktu, dana, tenaga, teori dan supaya penelitian dapat dilakukan secara mendalam, maka tidak perlu semua masalah dilakukan peneitian, untuk itu diperlukan batasan masalah yang akan diteliti, serta bagaimana hubungannya antara maslah satu dengan yang lainnya. Berdasarkan batasan masalah, selanjutnya dapat dilakukan perumusan masalah. i.4. Rumusan Masalah Setelah masalah yang akan diteliti sudah ditentukan dan supaya masalah dapat terjawab secara akurat, maka masalah yang akan ditelitit tersebut harus dirumuskan secara spesifik dan sebaiknya rumusan masalah dinyatakan dalam kalimat pertanyaan. Untuk lebih jelasnya tahapan yang harus dilakukan peneliti mulai dai Latar belakang masalah sampai dengan Rumusan masalah, dapat dilihat pada gambar berikut :

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

17

Latar Belakang Masalah Berisi tentang sejarah dan peristiwa yang terjadi pada objek yang akan diteliti, tetapi peristiwa itu nampaknya ada penyimpangan dari standar keilmuan maupun aturan, peneliti perlu menuliskannya mengapa hal itu perlu diteliti

Identifikasi Masalah Semua masalah yang ada pada objek penelitian dikemukakan, baik masalah yang akan diteliti maupun tidak. Tunjukkan hubungan masalah satu dengan masalah lain, dan biasanya masalah yang akan diteliti merupakan masalah (variabel) dependen (terikat).

Batasan Masalah Karena keterbatasan waktu, dana, tenaga, teori data supaya penelitian lebih mendalam maka penelitian dibatasi pada beberapa masalah (variabel) saja.

Rumusan Masalah Dinyatakan dalam kalimat tanya.

i.5. Hipotesa (optional, tergantung dari permasalahan yang dibahas) berdasarkan teori yang sudah dikemukakan, selanjutnya dapat digunakan untuk menyusun kerangka berfikir. Adanya kerangka berfikir, selanjutnya dapat digunakan untuk menyusun hipotesa. Hipotesa merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah. Karena sifatnya masih sementara, maka perlu dibuktikan kebenarannya melalui data yang terkumpul. Karena hipotesa merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah yang diajukan, maka titik tolak untuk merumuskan hipotesa adalah rumusan masalah. Misalnya : 1. Rumusan masalah : bagaimana produktifitas kerja pegawai pada STMIK AMIK Riau ? maka Hipotesanya adalah produktifitas kerja pegawai STMIK-AMIK Riau sangat tinggi. 2. Rumusan masalah : adakah pengaruh kepemimpinan terhadap motivasi kerja pegawai dilingkungan STMIK-AMIK Riau ? maka Hipotesanya adalah adanya pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan dan motivasi kerja pegawai dilingkungan STMIK-AMIK Riau.

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

18

i.6. Tujuan dan Manfaat Penelitian tujuan penelitian merupakan tujuan yang berkenaan dengan dilakukannya penelitian dan bukan merupakan tujuan formal, seperti untuk memenuhi syarat mendapatkan gelar sarjana. Tujuan penelitian berkaitan erat dengan rumusan masalah yang diteliti, misalnya, rumusan masalahnya : bagaimana tingkat perkembangan teknologi informatika di Pekanbaru ?, maka tujuannya adalah ingin mengetahui seberapa cepat tingkat perkembangan teknologi informatika di Pekanbaru. Manfaat penelitian adalah dampak dari tercapainya tujuan penelitian. Pada dasarnya manfaat penelitian dapat dibagi menjadi dua yaitu : a. Manfaat untuk mengembangkan ilmu (manfaat teoritis). b. manfaat untuk membantu memecahkan masalah dan mengantisipasi masalah yang ada pada objek yang ditelliti (manfaat praktis). i.7. Metodologi Penelitian (Metoda Pengembangan / Metoda Perancangan / Metoda Eksperimen) Sangat tergantung pada jenis skripsi: 1. Bagaimana program dikembangkan (untuk skripsi program) 2. Bagaimana Interface dikembangkan (untuk skripsi hardware/Software) 3. Bagaimana sebuah eksperimen dilakukan 4. Uraikan secara detail spesifikasi Hardware dan Software yang anda gunakan. Secara umum metodologi penelitian dapat dibagi : 1. Field research (penelitian lapangan), yang dapat berupa : a. Observasi/pengamatan secara langsung b. Wawancara c. Penyeberan kuisioner, dll 2. Library research (penelitian kepustakaan) 3. Laboratorium research (penelitian laboratorium), yang meliputi Hardware dan Software yang digunakan pada saat penelitian dilakukan.

i.8. Sistematika Penulisan Uraian singkat isi Bab per Bab (berdasarkan pertopik); untuk judul BAB III dan BAB IV disesuaikan dengan skripsi yang dibuat. Berisi tentang sistematika pembahasan dari skripsi untuk masing-masing bab, di mana setiap bab saling berhubungan satu sama lain sesuai dengan urutan permasalahan yang akan dibahas dan ditulis dalam bentuk narasi. Contoh : BAB I. PENDAHULUAN Mendeskripsikan mengenai latar belakang masalah, identifikasi permasalahan, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

19

BAB II. TINJAUAN UMUM DAN LANDASAN TEORI (disesuaikan dg topik ) Berisi tentang kajian teoritis mengenai konsep dasar, teori-teori, hukum-hukum serta berbagai macam algoritma yang digunakan dalam penelitian ini (narasikan lebih spesifik sesuai topik yang dibahas dan pisahkan dengan tanda koma). BAB III. ANALISA DAN PEMBAHASAN (disesuaikan dengan topik yang dibahas) Menguraikan tentang pemodelan sistem input serta alur-alur yang digunakan dalam penelitian ini yang dimulai dari perancangan global dan detail, baik dalam bentuk blok diagram sistem dan disertai penjelasannya (narasikan lebih spesifik sesuai topik yang dibahas dan pisahkan dengan tanda koma). BAB IV. IMPLEMENTASI SISTEM (disesuaikan dengan topik yang dibahas) Membahas tentang implementasi secara mendetail baik dari sisi hardware maupun software, serta memberikan hasil pengujian yang dilakukan secara menyeluruh dan terpadu terhadap rancangan sistem yang dibuat dalam bentuk tahapan-tahapan yang disertai dengan penjelasan untuk kondisi uji yang telah disiapkan (narasikan lebih spesifik sesuai topik yang dibahas dan pisahkan dengan tanda koma). BAB V. PENUTUP Menjelaskan bentuk pencapaian seperti tingkat akurasi atau pun spesifikasi hasil karya dari seluruh penelitian, serta saran yang konstruktif yang dapat digunakan untuk pengembangan sistem yang lebih baik, dalam bentuk kesimpulan dan saran, dibuat dengan menggunakan nomor urut. Pada Bab V, disarankan untuk memuat antara lain : 1. Harus ditulis secara jelas dan ringkas sebagai inti dari hasil dan pembahasan yang bersifat logis. 2. Terkait dengan pokok pembahasan pada analisa dan hasil penelitian 3. Saran harus ada relevansinya dengan permasalahan 4. Pengungkapannya harus jelas dan logis 5. Penerapannya untuk siapa, bagaimana dan kemungkinan pengembangannya. j. DAFTAR PUSTAKA 1. Dilakukan guna menegakkan landasan teoritis penelitian yang akan dilakukan. 2. Harus menggunakan sumber bacaan atau referensi yang terdiri dari acuan umum (buku teks book) dan acuan khusus (jurnal, laporan penelitian). 3. Menguraikan secara ringkas penelitian terdahulu yang pernah dilakukan yang sejenis atau terkait dengan penelitian yang diambil. 4. Merupakan rangkuman teori-teori yang diambil dari literature yang mendukung serta memuat penjelasan tentang konsep dan prinsip dasar yang diperlukan untuk penelitian. 5. Harus memasukkan semua sumber pustaka/reverensi yang dikutip pada skripsi (secara langsung/tidak langsung). 6. Disusun sesuai abjad nama pengarang 7. Adakalanya halaman yang dikutip atau dijadikan reverensi disebutkan
Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

20

Contoh format cover judul skripsi.

SKRIPSI ( size 18 bold)


SISTEM JARINGAN PENGOLAHAN DATA MEDIK PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PEKANBARU (size 14)

Diajukan untuk memenuhi persyaratan guna memperoleh gelar Sarjana Komputer

Oleh : NAMA NPM : KARIN MEILIAN : 0610031802001 (size 12)

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER AMIK

(STMIK-AMIK) RIAU (size 11/16 bold)


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA (size 11 bold)

PEKANBARU TAHUN 2009 (size 16/16)


Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

21

STMIK-AMIK RIAU
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA (size 16/12
bold)

LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI (size 16)


Nama Nomor Induk Mahasiswa Jurusan Jenjang Studi Judul : KARIN MEILIAN : 0610031802001 : Teknik Informatika : Strata 1 : SISTEM JARINGAN PENGOLAHAN DATA MEDIK PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PEKANBARU.

Pekanbaru 21 Desember 2008

Dosen Pembimbing I

( EDWAR ALI, M.Kom)

Ketua Jurusan

Dosen Pembimbing II

(KARPEN, M.Kom)

(HAMDANI, S.Kom)

Ketua STMIK-AMIK Riau

(Drs. SUPRASMAN, MM) (size 12)

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

22

Contoh format lembar pengesahan skripsi

STMIK-AMIK RIAU
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA (size 16/12
bold)

LEMBAR PENGESAHAN (size 16)

Skripsi ini telah diuji dan dipertahankan di depan Panitia Ujian / Tim Penguji pada Jurusan Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIK Riau, pada hari Selasa Tanggal 21 Bulan Desember Tahun 2008
(size 12)

Panitia Ujian / Tim Penguji ( ) ( ) ( ) ( ) ( )

1. EDWAR ALI, M.Kom Pembimbing I 2. HAMDANI, S.Kom Pembimbing II 3. KARPEN, M.Kom Penguji I 4. Drs. SUPRASMAN, MM Penguji II 5. TRIYANI ARITA FITRI, M.Kom Penguji III (size 12)

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

23

Contoh format abstrak skripsi

Karin Meilian, 010031802001 Sistem Jaringan Pengolahan Data Medik Pada Rumah Sakit Umum Daerah Pekanbaru, di bawah bimbingan Edwar Ali, M.Kom dan Hamdani, S.Kom. 74 + vii hal/11 tabel/15 gambar/10 pustaka (1979-2007).

ABSTRAK (size 12)

Rumah sakit merupakan tempat yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua, dimana setiap orang akan selalu mengingatnya apabila sedang dalam keadaan sakit dan membutuhkan perawatan untuk mengobati penyakitnya. Banyaknya pasien yang membutuhkan perawatan dan pengobatan untuk berbagai jenis penyakit yang diderita, serta obat yang akan digunakan untuk keperluan tersebut, sudah tentu membutuhkan ketelitian, kecepatan dan ketepatan untuk mendapatkannya. Oleh sebab itu perlu dibuatkan suatu sistem yang dapat membantu secara cepat dan tepat mengenai (dst) Kata kunci : Sistem, Rumah sakit, Data medik, Jaringan

Contoh format daftar tabel/gambar/simbol

DAFTAR TABEL (size 14/bold)


Halaman Tabel 2.1. Tipe data pemrograman Visual BASIC Tabel 2.2. Tabel.3.1. 14 20 27

CATATAN. 1. Untuk DAFTAR GAMBAR tata cara penulisannya sama dengan daftar tabel, hanya berbeda kata tabel dan gambar.

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

24

Contoh format daftar simbol

DAFTAR SIMBOL (size 14/bold)


Simbol 2.1. Simbol 2.2. Simbol.3.1. merupakan simbol option button, pada program visual basic yang digunakan untuk melakukan pilihan.

H. Seminar Hasil. Seminar hasil dapat dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Informatika STMIK-AMIK Riau dengan syarat sebagai berikut : 1. Menyerahkan 7 (tujuh) rangkap skripsi yang telah di acc (disetujui) oleh dosen pembimbing I atau pembimbing II (skripsi tidak perlu dijilid). 2. Skripsi diserahkan kepada Ketua/sekretaris/staff Jurusan Teknik informatika, minimal 3 (tiga) hari sebelum jadwal seminar hasil dikeluarkan. 3. Menyerahkan foto copy Transkip Nilai sementara dan foto copy KRS semester berjalan. 4. Menyerahkan foto copy ijazah SMU atau Ijazah terakhir yang telah dilegalisir rangkap 1 (satu). 5. Melampirkan saran atau perbaikan yang diusulkan pada waktu seminar proposal (semua saran/perbaikan dari dosen penguji) pada skripsinya. 6. Melampirkan bukti bimbingan konsultasi skripsi dari ke dua pembimbing. 7. Menyelesaikan administrasi untuk seminar hasil. CATATAN : Untuk point 3 (tiga) di atas, bagi mahasiswa transfer atau mahasiswa pindahan harus melampirkan hasil nilai konversi yang telah dikeluarkan oleh Pembantu Ketua bidang akademik STMIK-AMIK Riau. I. Ujian Komprehensive Ujian komprehensive atau disebut juga dengan ujian skripsi, merupakan ujian akhir yang menentuan bagi mahasiswa jurusan Teknik Informatika. Ujian komprehensive mahasiswa jurusan Teknik Informatika STMIK-AMIK Riau, dapat dilakukan dengan syarat sebagai berikut : 1. Telah melaksanakan dan lulus seminar proposal dan seminar hasil. 2. Menyerahkan 5 (lima) rangkap skripsi yang telah di acc (disetujui) oleh dosen pembimbing I dan pembimbing I. 3. Skripsi diserahkan kepada Ketua/Sekrtaris/Staff Jurusan Teknik Informatika, minimal 3 (tiga) hari sebelum jadwal ujian komprehensive dikeluarkan.

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

25

4. Melampirkan saran atau perbaikan yang diusulkan pada waktu seminar hasil (semua saran/perbaikan dari dosen pembimbing dan penguji) pada skripsinya. 5. Menyelesaikan administrasi untuk ujian comprehensive.

CATATAN : Bagi mahasiswa jurusan Teknik Informatika yang dinyatakan lulus pada ujian komprehensive, selanjutnya diharuskan untuk : 1. Menyerahkan skripsi rangkap 3 (tiga) kepada Ketua/Sekretaris/Staff Jurusan Teknik Informatika STMIK-Riau untuk dijilid (isi skripsi harus lengkap dan ditanda tangani oleh dosen pembimbing I dan II serta tim penguji ujian komprehensive). 2. Skripsi diserahkan maksimal 2 (dua) minggu setelah dinyatakan lulus pada ujian komprehensive. 3. Mengisi formulir biodata calon wisudawan pribadi lulusan jurusan Teknik Informatika STMIK-AMIK Riau (formulir disediakan) 4. Membayar uang penjilidan 5. Hal-hal lain yang masih kurang jelas dan berkaitan dengan skripsi, dapat ditanyakan kepada bagian akademis atau Ketua / Sekretais / Staff Jurusan Teknik Informatika STMIK-AMIK Riau.

II. PETUNJUK TEKNIS. A. Seminar Proposal 1. Pelaksanaan seminar proposal disesuaikan dengan kalender akademik STMIK-AMIK Riau. 2. Jadwal seminar yang telah dikeluarkan tidak dapat diganti/ditukar (tanpa kecuali dengan alasan yang kuat) 3. Pelaksanaan seminar proposal dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu : a. Presentasi proposal (presentasi proposal dibuat dengan Ms.PowerPoint), waktunya selama 15 menit. b. Tanya jawab mengenai isi proposal (dari tim penguji dan mahasiswa peserta seminar), waktunya 35 menit. hasil dari seminar proposal c. Pembacaaan (penambahan/pengurangan/pembatalan isi proposal oleh ketua tim penguji), waktunya 10 menit. 4. Semua kebutuhan yang berkaitan dengan seminar proposal (hardware/software), disediakan sendiri oleh peserta seminar. 5. Hasil dari seminar proposal tidak dapat dirubah atau diganti. B. Seminar Hasil 1. Pelaksanaan seminar hasil disesuaikan dengan kalender akademik STMIK-AMIK Riau, jika mahasiswa ybs sudah lulus ujian Laboratorium.

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

26

2. Jadwal seminar yang telah dikeluarkan tidak dapat diganti/ditukar (tanpa kecuali dengan alasan yang kuat) 3. Pelaksanaan seminar hasil dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu : a. Presentasi skripsi (presentasi skripsi dibuat dengan Ms.PowerPoint), waktunya selama 5 menit. b. Tanya jawab mengenai isi skripsi (dari tim penguji dan mahasiswa peserta seminar), waktunya 50 menit. c. Pembacaan hasil dari seminar hasil (penambahan/pengurangan isi skripsi oleh ketua tim penguji), waktunya 5 menit. 4. Semua kebutuhan yang berkaitan dengan seminar hasil (hardware/software), disediakan sendiri oleh peserta seminar. 5. Hasil dari seminar hasil, tidak dapat dirubah atau diganti sesuai dengan keputusan ketua tim penguji. C. Ujian Komprehensive 1. Pelaksanaan ujian lomprehensive disesuaikan dengan kalender akademik STMIK-AMIK Riau. 2. Jadwal ujian komrehensive yang telah dikeluarkan tidak dapat diganti/ditukar (tanpa kecuali dengan alasan yang kuat) 3. Pelaksanaan ujian komprehensive dibagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu : a. Presentasi isi skripsi (presentasi skripsi dibuat dengan Ms.PowerPoint), waktunya selama 10 menit. b. Tanya jawab mengenai isi skripsi (dari tim penguji), waktunya 100 menit. c. Pembacaan hasil dari ujian komprehensive (oleh ketua tim penguji ujian komprehensive), waktunya 10 menit. 4. Semua kebutuhan yang berkaitan dengan ujian komprehensive (hardware/software), disediakan sendiri oleh peserta ujian komprehensive. 5. Hasil dari ujian komprehensive tidak dapat dirubah atau diganti. 6. Kebutuhan konsumsi selama ujian komprehensive berlangsung, disediakan oleh peserta ujian komprehensive.

III. PETUNJUK PENYUSUNAN DAN PENULISAN. A. Bahan dan Ukuran Kertas 1. Penulisan skripsi, proposal, seminar hasil, diketik di atas kertas kwarto ukuran 21,59 cm x 29,74 cm dengan berat 80 gram 2. Tidak boleh diketik secara timbal-balik 3. Batas pengetikan yaitu : = 4 cm a. Batas atas (top) = 4 cm b. Batas kiri (left) c. Batas bawah (bottom) = 3 cm d. Batas kanan (right) = 3 cm

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

27

B. Aturan Pengetikan 1. Penulisan proposal, seminar hasil, skripsi diketik dengan menggunakan font Times New Roman dengan size 12. 2. Untuk pengetikan Cover dan lembar pengesahan, dan lainnya ukurannya dapat dilihat pada sudut kanan (lihat contoh formatnya). 3. Jarak pengetikan antara dua baris, dibuat 2 (dua) spasi (double). 4. Abstrak, tabel, gambar, symbol, daftar isi diketik dengan jarak 1 (satu) spasi (single). 5. Penggunaan rumus-rumus, diketik dengan jarak spasi sesuai kebutuhan. 6. Alinea baru, dibuat dalam 7 ketukan atau dengan 1 x Tab. 7. Ruangan naskah pengetikan harus diisi secara penuh, artinya dimulai dari batas tepi kiri sampai dengan batas tepi kanan dan batas tepi kiri atas sampai dengan batas kanan bawah. 8. Bilangan harus diketik dengan angka, misalnya 10 kg (kecuali pada awal kalimat) 9. Bilangan desimal yang digunakan harus diatndai dengan koma, bukan dengan titik misalnya 10,5 kg 10. Untuk penggunaan satuan yang akan dipakai di dalam penulisan, harus menggunakan satuan internasional (SI) dan dinyatakan dengan singkatan resmi tanpa titik dibelakangnya, misalnya m, gr, kg, cm, mm, m dan seterusnya. C. Awal Kalimat 1. Kata sambung seperti, dan, tetapi atau yang lainnya tidak boleh dijadikan sebagai awal kalimat. 2. Bilangan, lambang atau rumus, yang dijadikan sebagai awal kalimat penulisannya harus dieja, misalnya dua puluh tahun berikutnya (bukan ditulis 20 tahun berikutnya). D. Judul bab, Sub judul, Sub-sub judul dan lainnya 1. Judul bab harus diketik dengan huruf besar semua, diketik tebal, terletak ditengah, diberi nomor huruf romawi dan diakhiri dengan tanda titik dengan size 14. 2. Sub judul ditulis mulai dari tepi kiri, semua kata diawali dengan huruf besar (kecuali kata penghubung, kata depan). Diketik tebal, tanpa diakhiri dengan tanda titik. Kalimat pertama sesudah sub judul dimulai dengan alinea/paragraph baru (7 spasi atau 1 x tab). 3. Sub-sub judul diketik mulai dari batas tepi kiri, diketik tebal, kata pertama diawali dengan huruf besar, tanpa diakhiri dengan titik. Kalimat pertama sesudah sub-sub judul dimulai dengan alinea/paragraf baru. 4. Penomoran judul bab, sub judul, sub-sub judul dapat dilihat contoh sebagai berikut :

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

28

BAB II TINJAUAN UMUM DAN LANDASAN TEORI. (size 14/bold)


A. Tinjauan Umum. 2.1. Sejarah Rumah Sakit Umum 2.1.1. Pendiri rumah Sakit Umum 1.1.1. Struktur Organisasi 2.1.2.1. Uraian Tugas 2.1.2.2. Jenis Pelayanan . dst 2.2. Rekam Medik 2.2.1. .. 2.2.2. . dst E. Rincian ke Bawah 1. Jika pada naskah pengetikan Proposal, Seminar Hasil dan ujian comprehensive/skripsi ada rincian (urutan yang disusun ke bawah), dapat menggunakan angka atau huruf sesuai dengan derajat rinciannya. 2. Penggunaan tanda -, *, +, , , , , , , atau simbol yang semacamnya, tidak dibolehkan. F. Penomoran Halaman 1. Abstrak, halaman persembahan/motto, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar diberi nomor halaman dengan angka Romawi kecil, misalnya i, ii, iii dan seterusnya yang berada halaman tengah bawah. 2. Mulai dari halaman awal bab sampai halaman terakhir, termasuk lampiran diberi nomor halaman dengan angka Arab, misalnya 1, 2, 3, 4, dan seterusnya. 3. Setiap halaman dari judul bab, nomor halaman berada ditengah bawah, selanjutnya berada dipojok kanan atas.

G. Tabel dan Gambar G.1. Tabel 1. Tabel diberi nomor urut Arab, misalnya Tabel 1, Tabel 2 dan seterusnya. 2. Tabel yang dibuat harus berada ditengah halaman 3. Penulisan judul tabel dimulai dimulai dari kiri atas tabel, tanpa diakhiri dengan titik 4. Setiap kata dari judul tabel ditulis dengan huruf besar (capital). 5. Tabel tidak boleh dipenggal, kecuali kalau tidak mungkin diketik dalam satu halaman. Pada halaman lanjutan tabel dicantumklan nomor tabel dan ditulis kata lanjutan tanpa judul.

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

29

6. Kalau tabel dibuat memanjang, maka bagian atas tabel (judul tabel) harus diletakkan disebelah kiri dan nomor halaman tetap. 7. Tabel yang lebih dari 2 (dua) halaman atau yang harus dilipat, ditempatkan pada lampiran. 8. Kutipan/sumber dari tabel ditulis dalam tanda kurung, tereletak dibawah tabel sebelah kiri dengan format (nama pengarang, judul buku, tahun terbit), dengan size 10 tebal. G.2. Gambar 1. Bagan, grafik, peta dan foto semuanya disebut dengan gambar (tanpa dibedakan) 2. Gambar diberi nomor urut Arab, misalnya Gambar 1, Gambar 2 dan seterusnya. 3. Gambar yang dibuat harus berada ditengah halaman 4. Penulisan judul gambar diletakkan di tengah bawah gambar, tanpa diakhiri dengan titik 5. Setiap kata dari judul gambar ditulis dengan huruf besar (capital). 6. Keterangan gambar dituliskan pada tempat yang kosong pada halaman yang sama (bila memungkinkan) 7. Bila gambar dibuat melebar, maka bagian atas gambar diletakkan disebelah kiri dan nomor halaman tetap. 8. Untuk gambar grafik, skala dan satuan harus dibuat dengan sejelas mungkin. 9. Kutipan/sumber dari gambar ditulis dalam tanda kurung, terletak dibawah gambar sebelah kiri dengan format (nama pengarang, judul buku, tahun terbit), dengan size 10 tebal. H. Penggunaan Bahasa dan Kalimat 1. Proposal, seminar hasil dan skripsi ditulis dalam bahasa Indonesia yang baku, sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD). 2. Sedapat mungkin gunakan istilah Indonesia atau yang sudah diindonesiakan. 3. Jika terpaksa menggunakan istilah atau kata-kata asing, harus dijelaskan atau ditulis dengan tanda khusus secara konsisten (misalnya ditulis dengan miring). 4. Pemenggalan kata supaya disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar. 5. Kata hubung, misalnya sehingga, sedangkan, meskipun, dan, tidak boleh dipakai sebagai awal kalimat. 6. Awalan ke dan di harus dibedakan dengan kata depan ke dan di 7. Kata dimana dan dari, sebagai terjemahan dari where dan of dalam bahasa inggris kurang tepat pemakaiannya dalam bahasa Indonesia yang baku.

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

30

8. Kalimat sedapat mungkin ditulis tanpa menggunakan kata ganti orang, misalnya kami, kita, penulis (kata penulis hanya dapat digunakan pada kata pengantar, bukan pada isi skripsi, proposal, seminar hasil. I. Pengutipan Literatur Metode pengutipan literature atau kepustakaan sangat bervariasi, tergantung pada kebiasaan seorang penulis. Pengutipan kepustakaan pada umumnya yang dilakukan adalah melalui dua (2) cara yaitu dengan kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Pengutipan literatur yang digunakan untuk penulisan skripsi pada jurusan Teknik Informatika STMIK-AMIK Riau adalah dengan berpedoman kepada kutipan tidak langsung sebagai berikut : I.1. Kutipan langsung Kutipan langsung adalah pengutipan yang berisi sari pendapat lain dari suatu sumber kepustakaan, atau setidaknya mengutip maksud dan isi suatu pernyataan dari peneliti/penulis yang lain. Nama pengarang/sumber pustaka dapat di depan atau di belakang kalimat yang dikutip diikuti tahun terbit dan nomor halaman. Kalimat kutipan dapat didahului dengan kata menurut, melaporkan, menyatakan, mengemukakan atau dilaporkan. Contoh-1. (untuk di LANDASAN TEORI) Menurut Amir Husin (1997:29) sistem informasi merupakan sesuatu yang sangat penting dalam perkembangan teknologi dunia dewasa ini. Contoh-2. (untuk di LANDASAN TEORI) sistem informasi merupakan sesuatu yang sangat penting perkembangan teknologi dunia dewasa ini (Amir Husin,1997:29)

dalam

I.2. Kutipan dari Internet. Untuk menambah referensi agar penelitian yang dilakukan maksimal, maka dianjurkan untuk mencari referensi dengan menggunakan media elektronik, misalnya dengan internet. Untuk kutipan dari internet, harus ditulis dengan lengkap. Contoh. (untuk di DAFTAR PUSTAKA) http://www.itb.ac.id/pemrograman/modul/struktur/kondisi.html,December,08 http://www.ilmu computer.com/berkas/rekam.html,September,2007 Contoh. (untuk di LANDASAN TEORI) http://www.itb.ac.id http://www.ilmu computer.com CATATAN. 1. Dalam penulisan nama pengarang yang lebih dari dua orang, hanya disebutkan nama pengarang pertama diikuti dengan dkk.. 2. Derajat kesarjanaan dan gelar lainnya tidak boleh dicantumkan dalam penulisan nama, kecuali dalam kata pengantar.

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

31

J. Daftar Pustaka Sumber pengutipan tidak langsung pada bagian isi dari suatu tulisan karya ilmiah semuanya harus dicantumkan ke dalam daftar pustaka. Penyusunan nama pengarang dalam daftar pustaka lazimnya menggunakan urutan abjad dari nama famili pengarang, tanpa diberi nomor urut. Penamaan daftar kepustakaan atau literature inipun sangat bervariasi. Penulisan daftar pustaka untuk skripsi bagi mahasiswa jurusan Teknik Informatika STMIK-AMIK Riau,dengan ketentuan sebagai berikut : 1. Nama pengarang/penulis disusun berdasarkan abjad. Bila dijumpai nama pengarang yang sama, maka dilakukan pengurutan berdasarkan tahun terbit. Bila keduanya sama pula, diurut berdasarkan nomor penerbit. 2. Penulisan daftar pustaka tanpa nomor urut 3. Penulisan nama pengarang/penulis, ditulis secara terbalik 4. Baris pertama ditulis mulai dari pinggir teks, dan baris berikutnya dimulai dari ketukan ke 7 (tujuh) dengan jarak 1 (satu) spasi. 5. Derajat kesarjanaan dan gelar lainnya tidak boleh dicantumkan 6. Daftar pustaka ditulis dengan format nama pengarang, (tahun penerbitan: nomor halaman), judul buku, edisi, nama penerbit, kota penerbitan. 7. Setiap judul buku ditulis dengan miring (italic) 8. Nama pengarang/penulis yang lebih dari dua orang, harus ditulis semuanya. 9. Daftar pustaka yang diambil dari surat kabar, majalah popular ditambahkan dengan tanggal dan nomor penerbitan. 10. Susunan penulisan daftar pustaka, diurut berdasarkan abjad secara ascending setelah dibalik setiap nama pengarangnya. 11. jumlah judul buku yang dijadikan referensi minimal 5 buah, tidak termasuk yang diambil/down load dari internet. K. Jumlah Halaman Skripsi 1. Isi keseluruhan Bab pada skripsi, minimal 40 lembar tidak termasuk kata pengantar, abstrak, daftar tabel,gambar,simbol dan lampiran pelengkap. 2. Total isi halaman BAB III dan BAB IV, lebih banyak dibandingkan BAB I, BAB II dan BAB V.
Contoh format penulisan daftar pustaka.

Draper, N.R. and Smith, H.,(1981:102) Applied Regression Analysis, 2nd ed., John Wiley and Sons, New York. Husin, Amir .,(1997:24), Sistem Teknologi informasi moderen, Edisi I, Gramedia, Jakarta. hal 25,

dan Nasution, Andi Hakim., (2000:21), Penggunaan simulasi komputer factor faktor lingkungan dalam pemanfaatan teknologi informasi, hal 54, Andi Offset, Jokjakarta.

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

32

http://www.itb.ac.id/pemrograman/modul/struktur/kondisi.html,December,2008 http://www.awl.com/corp/disciplines/highered.html,Maret,2005 http://www.pbg.mcgraw-hill.com,April,2007

Judul Buku

BUKU PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI UNTUK MAHASISWA STMIK-AMIK RIAU Disiapkan Oleh : Jurusan Teknik Informatika Mulai Berlaku : Tahun Akademis 2008/2009 Disahkan Oleh :

Ketua STMIK-AMIK RIAU

Drs.Suprasman, MM

Pembantu Ketua Bidang Akademis

Triyani Arita Fitri, M.Kom

Ketua Jurusan Teknik Informatika

Karpen, M.Kom

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

33

Nama Mahasiswa Program Studi Tanggal Ujian Nama Penguji

: : Strata-1 Jurusan Teknik Informatika : / ./ 20... : .. NIDN Bobot (2) 8% 7% 12 % 18 % 5% 2% 4% 4% 60 % 4% 12 % 20 % 4% 40 % 100 % Pekanbaru, .. Dosen Ybs, (_______________________) NIDN. Skor (3) Nilai (2x3) (4)

Komponen Yang Dinilai (1) A. Penulisan Skipsi 1 Pendahuluan 2 Tinjauan Pustaka 3 Metodologi Penelitian 4 Hasil dan Perbaikan 5 Kesimpulan dan Saran 6 Format Penulisan 7 Penggunaan Bahasa 8 Abstrak Sub Total B Persentase Lisan 1 Teknik Penyajian 2 Penguasaan Materi 3 Kemampuan Diskusi 4 Sikap (attitude) Sub Total Grand Total Catatan : Nilai Skor diidi 0 sd 100

CATATAN : Nilai Huruf A = 81 sd 100 B = 70 sd 80 C = 60 sd 69 D = < 59 (Gagal/Mengulang)

Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa STMIK-AMIK Riau

34