Vous êtes sur la page 1sur 5

ANGGARAN DASAR FORUM PEMUDA KABUPATEN BLITAR ( AD FPB )

PENDAHULUAN Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Esa dan didorong oleh kebulatan tekad dan semangat yang ikhlas serta keinginan yang luhur agar tercipta suasana persamaan dan persatuan, serta rasa persaudaraan antara sesama pemuda yang tergabung dalam satu kesatuan yang kokoh, dinamis, harmonis, sentosa, dan sejahtera yang dilandasi dengan jiwa Bhineka Tunggal Ika, maka setiap pemuda yang pernah dikukuhkan dan bersama-sama mengemban suatu tugas Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai pemuda di Kabupaten Blitar, menuangkan kesadaran dan keinginan luhur itu pada Anggaran Dasar Organisasi sebagai landasan berpijak dalam melaksanakan dharma baktinya kepada tanah tumpah darah Indonesia dengan azas Pancasila dan berdasarkan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia. Hakikat pembinaan Generasi Muda dalam pembangunan Bangsa Indonesia adalah menyiapkan kader-kader penerus cita-cita perjuangan bangsa dan manusia pembangunan yang berjiwa Pancasila sebagai Pandu Ibu Pertiwi. Forum Pemuda Kabupaten Blitar merupakan salah satu bagian dari generasi muda Indonesia yang beriman dan bertaqwa selalu terus membina agar memiliki kesadaran berbangsa, idealisme, patriotisme, kemandirian dan keragaman berbudaya serta memiliki wawasan yang luas, kokoh kepribadian, kesegaran jasmani dan rohani serta mempunyai daya kreasi yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, kepemimpinan, ketrampilan, semangat kerja keras dan kepeloporan. Upaya dalam mewujudkan pembinaan tersebut, maka pemuda Kabupaten Blitar membentuk suatu wadah yang disebut Forum Pemuda Kabupaten Blitar yang digerakan dengan pedoman berbentuk Anggaran Dasar sebagai berikut: BAB I NAMA, WAKTU DAN TEMPAT KEDUDUKAN Pasal 1 NAMA Organisasi ini bernama Forum Pemuda Kabupaten Blitar, disingkat FPB. Pasal 2 WAKTU DAN TEMPAT FPB didirikan di Blitar pada hari Senin tanggal 29 Oktober 2012 untuk waktu yang tidak ditentukan.

Pasal 3 AZAS DAN DASAR FPB berazaskan Pancasila dan berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945. BAB II TUJUAN, USAHA DAN SIFAT Pasal 4 TUJUAN Terbinanya komunikasi sambung nalar lintas daerah se-Kabupaten Blitar guna meningkatkan iman, ilmu dan amal yang terpadu bagi diri, demi terwujudnya pembangunan Indonesia yang adil, makmur dan berkelanjutan. Pasal 5 USAHA 1. Memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan. 2. Mengembangkan potensi kreatif keilmuan, sosial dan budaya. 3. Mempelopori pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemaslahatan masa depan bangsa Indonesia. 4. Berperan aktif dalam dunia kepemudaan untuk menopang pembangunan nasional. 5. Usaha-usaha lain yang sesuai dengan azas organisasi serta berguna untuk pencapaian tujuan. Pasal 6 SIFAT FPB bersifat Independen. BAB III STATUS DAN FUNGSI Pasal 7 STATUS FPB adalah organisasi Kepemudaan. Pasal 8 FUNGSI 1. FPB harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan kompetitif serta mampu beradaptasi terhadap tuntutan internal maupun eksternal organisasi. 2. Fasilitator bagi anggota untuk menjadi wirausahawan bangsa yang tangguh. 3. Sebagai wadah dalam menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan.

BAB IV KEANGGOTAAN Pasal 9 Yang menjadi anggota FPB adalah pemuda Indonesia yang berdomisili di Kabupaten Blitar. BAB V STRUKTUR ORGANISASI Pasal 10 KEKUASAAN Kekuasaan dipegang oleh: 1. Musyawarah Forum Pemuda Kabupaten Blitar. 2. Musyawarah Forum Pemuda Kecamatan. 3. Musyawarah Luar Biasa. Pasal 11 KEPEMIMPINAN Kepemimpinan organisasi dipegang oleh: 1. Pengurus Forum Pemuda Kabupaten Blitar. 2. Pengurus Forum Pemuda Kecamatan. BAB VI PELINDUNG, PENASEHAT DAN PEMBINA PASAL 12 PELINDUNG Pelindung FPB adalah Bupati Kabupaten Blitar PASAL 13 PENASEHAT Penasehat FPB adalah Departemen/Dinas/Instansi yang menangani bidang kepemudaan. PASAL 14 PEMBINA Pembina FPB adalah Kepala Bidang/Kepala Seksi dari instansi yang menangani bidang kepemudaan.

BAB VII PERBENDAHARAAN Pasal 15 Harta Benda FPB diperoleh dari: 1. Uang Pangkal, Iuran dan dana Anggota. 2. Usaha-usaha yang sah dan halal serta tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tidak mengikat. BAB VIII PERUBAHAN ANGGARAN DASAR DAN PEMBUBARAN Pasal 16 Perubahan Anggaran Dasar dan pembubaran organisasi hanya dapat dilakukan oleh Musyawarah Forum Pemuda Kabupaten Blitar. BAB IX PENJABARAN ANGGARAN DASAR, ATURAN TAMBAHAN DAN PENGESAHAN Pasal 17 PENJABARAN ANGGARAN DASAR Penjabaran Anggaran Dasar diatur dalam Anggaran Rumah Tangga. Pasal 18 ATURAN TAMBAHAN Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar dan penjelasan Anggaran Dasar dimuat dalam peraturan-peraturan atau ketentuan-ketentuan tersendiri yang tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar dan penjabaran Anggaran Dasar Forum Pemuda Kabupaten Blitar. Disahkan di Blitar, Pada tanggal 29 Oktober 2012 PIMPINAN SIDANG SEKRETARIS SIDANG

AKHSIN ALFATA

MOHAMAD SAIFUDIN

Mengetahui, KEPALA DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN DAN KEPARIWISATAAN KABUPATEN BLITAR

..IZZUL MAHROM.

NIP: