Vous êtes sur la page 1sur 11

PROPOSAL SKRIPSI “Pembuatan Aplikasi Mobile Kegiatan Pelatihan dan Jadwal Mengajar Di PPA-FEUI Pada Platform Android dengan Menggunakan Java Eclipse”

PROPOSAL SKRIPSI “Pembuatan Aplikasi Mobile Kegiatan Pelatihan dan Jadwal Mengajar Di PPA-FEUI Pada Platform Android dengan

Oleh:

Sulimah

11108883

Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma

2012

LEMBAR PERSETUJUAN

Judul Skripsi : “Pembuatan Aplikasi Mobile Kegiatan Pelatihan dan Jadwal Mengajar Di PPA-FEUI Pada Platform Android dengan Menggunakan Java Eclipse”

Nama : Sulimah NPM : 11108883

Menyetujui, Ketua Jurusan Sistem Informasi

( Dr. Setia Wirawan, SKom., MMSI. )

Depok, 11 Maret 2012

Hal

: Pengajuan Proposal Skripsi

Kepada Yth. Bpk. Dr. Setia Wirawan, SKom., MMSI. Ketua Jurusan Sistem Informasi Universitas Gunadarma Di Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya:

Nama NPM Fakultas / Jurusan IPK

: Sulimah : 11108883 : Ilmu Komputer / Sistem Informasi : 3,08

Bermaksud mengajukan proposal penulisan skripsi. Saya menyatakan bersedia dan sanggup menyelesaikan skripsi saya sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak Universitas Gunadarma apabila proposal penulisan skripsi saya ini disetujui. Sebagai bahan pertimbangan, dengan ini juga saya lampirkan proposal skripsi saya yang berjudul “Pembuatan Aplikasi Mobile Kegiatan Pelatihan dan Jadwal Mengajar Di PPA- FEUI Pada Platform Android dengan Menggunakan Java Eclipse”. Demikian surat pengajuan proposal skripsi ini saya buat. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(

Sulimah

)

SURAT KETERANGAN MENJADI DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI

Sesuai dengan pembicaraan yang telah dilakukan, saya:

Nama

: Dr. Ravi Ahmad Salim

Bersedia menjadi pembimbing skripsi yang berjudul: “Pembuatan Aplikasi Mobile Kegiatan Pelatihan dan Jadwal Mengajar Di PPA-FEUI Pada Platform Android dengan Menggunakan Java Eclipse”, untuk mahasiswa:

Nama

: Sulimah

NPM

: 11108883

Apabila mahasiswa tersebut memiliki syarat untuk menempuh jalur skripsi. Demikian kesediaan ini saya buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Depok, 11 Maret 2012

( Dr. Ravi Ahmad Salim )

Proposal Skripsi Pembuatan Aplikasi Mobile Kegiatan Pelatihan dan Jadwal Mengajar Di PPA-FEUI Pada Platform Android dengan Menggunakan Java Eclipse Sulimah ( 11108883 ) ( mhiyu_jasmine@yahoo.com / 081298554248 )

  • 1. Latar Belakang Pencarian data maupun informasi menggunakan jaringan internet pada saat ini sangat digemari masyarakat. Selain dapat lebih efektif dan efisien dalam segala hal, jaringan internet juga sangat dibutuhkan pada saat kapanpun dan dimanapun baik dari sisi kalangan masyarakat biasa maupun dunia bisnis. Teknologi informasi yang berkembang itulah yang pada saat ini memainkan peranan yang besar didalam kegiatan bisnis, perubahan struktur organisasi, dan manajemen organisasi. Di satu sisi, teknologi informasi tersebut juga memberikan peranan yang sangat besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama dalam suatu institusi akademik. Selain sebagai media informasi suatu barang dan jasa, internet juga digunakan sebagai database online yang dapat dimanfaatkan sebagai media pertukaran data atau informasi internal antar kantor secara online, karena dapat diakses ataupun diperbaharui kapan saja. Selama ini masih banyak perusahaan yang masih melakukan pekerjaannya secara konvensional, sehingga jangkauannya masih terbatas dan belum bisa melakukan sistem kerja yang maksimal. Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (PPA-FEUI) adalah sebuah lembaga dibawah naungan FEUI yang dipercaya untuk memberikan suatu pelatihan atau kegiatan

yang berhubungan dengan akuntansi untuk penambahan pengetahuan masyarakat luas. Maka dari itu PPA-FEUI memanfaatkan dan menggunakan jaringan internet sebagai media pengenalan, promosi dan pendukung aktivitas pekerjaan. Untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan sebuah aplikasi berbasis web berupa website profil perusahaan yang berisi gambaran perusahaan dan sekaligus penjadwalan untuk para pengajar yang memberikan jasa dibidangnya. Berkenaan dengan hal tersebut, penulis akhirnya membuat aplikasi berbasis mobile untuk mempermudah mengatur jadwal mengajar instruktur dan jadwal pelatihan lainnya. Dengan adanya aplikasi tersebut, nantinya akan memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi secara detail dan jelas. Selain itu, juga dapat membuat pengajar mengetahui kejelasan dan kebebasan mengkonfirmasi jadwal mengajar mereka sendiri secara pribadi.

  • 2. Rumusan Masalah Bagaimana aplikasi mobile ini dibuat untuk keperluan kegitan dan jadwal mengajar di PPA-FEUI.

  • 3. Tujuan Penulisan Aplikasi yang dibuat dapat mempermudah pengajar mengetahui jadwal mengajar mereka dengan baik menggunakan

handphone berbasis android mereka masing- masing.

4.

Batasan Masalah

 

Tidak

jarang

antara

pesan

yang

disampaikan

oleh

pengirim

pesan

kepada

penerima

pesan

mengalami

distorsi.

Penyebabnya

antara

lain

karena

interaksi

oleh

adanya

yang terganggu kekurangpahaman

penerima

pesan,

kebisingan, dan media yang buruk. Biasanya

muncul

karena

komunikasi

yang

terjadi

hanyalah bersifat searah.

Keberhasilan komunikasi dua arah di dalam suatu organisasi akan ditentukan oleh kesamaan pemahaman antara orang yang terlibat dalam kegiatan komunikasi. Kesamaan pemahaman ini dipengaruhi oleh kejelasan pesan, cara penyampaian pesan, perilaku komunikasi, dan situasi (tempat dan waktu) komunikasi. Komunikasi organisasi biasanya menggunakan kombinasi cara berkomunikasi (lisan, tertulis dan tayangan) yang memungkinkan terjadinya peyerapan informasi dengan lebih mudah dan jelas. Hal tersebut mencakup pada interaksi dua arah dalam penyampaian informasi yang jelas dan akurat.

Komunikasi dua arah (baik vertical maupun horizontal) jelas sangat baik dan mutlak diperlukan. Disini penulis ingin membuat interaksi yang baik antara keduanya baik dari pengguna (user) ataupun admin. Meskipun sebelumnya penulis telah membuatnya dalam bentuk website, Penulis tetap ingin membatasi pembuatan aplikasi ini hanya untuk mengetahui jadwal mengajar dan seputar informasi pelatiahan saja dengan handphone berbasis Android.

Adapun hal-hal yang

nantinya akan

ditampilkan pada mobile android ini agar

komunikasi yang disampaikan jelas, adalah:

  • 1. Memberikan user login, baik untuk pengajar dan admin.

  • 2. Aplikasi dalam pemberitahuan jadwal mengajar instruktur secara terstruktur.

  • 3. Dapat dengan mudah mengolah data yang sudah diinput pengguna (user) ataupun instruktur.

  • 4. Memberikan informasi jenis pelatihan dan kapan saja jadwal pelatihan dibuka.

  • 5. Serta hal-hal lain yang nantinya dibutuhkan oleh pengguna (user) dalam hal kejelasan dan kemudahan dalam mendapatkan informasi pada handphone berbasis Android ini.

  • 5. Teori Dasar

    • a. Sekilas tentang Java Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C+ + namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagai Mesin Virtual Java (JVM).

  • b. Pengertian Java Java adalah bahasa pemprograman yang mirip dengan C/C++. Terutama adalah bahasa pemprograman yang umum digunakan untuk pemprograman web. Salah satu keunggunlan dari java adalah dapat berjalan dibanyak platform perangkat keras dan perangkat lunak sehingga pengembang aplikasi dan pemprogram dapat menuliskan program dengan menjalankannya dimana saja, di platform sistem operasi apapun serta di kebanyakan komputer yang ada saat ini. Java adalah bahasa pemprograman yang cukup ampuh untuk digunakan menyusun aplikasi yang canggih karena dalam perancangan dan pengimplikasiannya. Java merupakan bahasa pemprograman berorientasi objek mendorong penggunaan kode modular yang lebih mudah dirawat dibanding bahasa pemprograman berorientasi objek lain. Selain itu Java juga memiliki berbagai fasilitas yang bagus dan canggih, seperti ekstensibilitas, keamanan, serta multithreading (pengeksekusian beberapa program sekaligus). Pemprgraman bahasa Java, meskipun dikembangkan berdasarkan bahasa pemprograman C/C++, juga relatif mudah dibandingkan pemprograman menggunakan bahasa C/C++, karena Java tidak mengenal konsep pointer.

Semua alokasi memori dinamis diatur secara otomatis oleh compiler.

  • c. Java Modern Bahasa Java adalah bahasa modern, bahasa ini memiliki kumpulan konsep- konsep terbaik bahasa-bahasa pemrograman sebelumnya.

Dibanding

Pascal

Niklaus

Wirth,

terdapat

lebih

18

konsepsi

baru

di

antaranya:

1. Konsep WORA (Write Once, Run Anywhere), program mampu dijalankan di sembarang platform pemroses dan sistem operasi. 2. Konsep one-for-all, satu bahasa untuk mengekspresikan solusi smart card, hand-held (PDA, handphone), desktop, berbasis teks, berbasis GUI, skala enterprise, aplikasi di web browser, web server dan sebagainya. 3. Konsep garbage collector akan mereduksi kompleksitas pemrograman yang perlu dilakukan saat berhubungan dengan pemakaian memori dinamis.

4. Konsep

ORM

(Object

Reference

Model) mereduksi kerumitan pembedaan reference ke memori dan

objek

itu

sendiri.

Tidak lagi

persoalan.A.,

.,

->,

&,*,

**.

y

Konsep

multithreading

memungkinkan pemrograman konkuren.

5. Konsep

interface,

mereduksi

persoalan karena mampu menunda implementasi.

6. Konsep

access

modifier,

memberikan

pengkapsulan

yang

ampuh.

7. Konsep

exception handling,

penanganan kesalahan yang ampuh, teratur dan nyaman. 8. Konsep controlled jump break, return dan continue yang mampu mereduksi kerumitan algoritma yang menaati single entry, single exit.

9. Konsep pewarisan mempertinggi modularitas guna-ulang, serta dapat memanfaatkan keampuhan prinsip open-closed secara bagus.

10. Konsep

polymorphism

mempertinggi

modularitas

yang

tinggi.

11. Konsep overloading, mengurangi kerumitan pencarian nama-nama yang pas untuk satu fungsi untuk beragamtipedata.

12. Konsep

Single

Rooted

Objects

sangat meniadakan kebutuhan untuk wadah yang hams dibuat beranekaragam sesuai tipenya.

13. Konsep

kompofien

yang

mendukung

RAD

(Rapid

Application Development) di mana

pemrogram

tinggal

merancang

antarmuka

serta

menambahkan

script-script perekat.

 

14. Konsep

event-driven

programming. 15. Konsep visual programming.

16. dan sebagainya.

  • d. Java Virtual Machine (JVM)

JVM adalah sebuah mesin virtual yang bekerja selayaknya sebuah mesin. JVM memiliki spesifikasi hardwarenya sendiri beserta platform yang dibutuhkan untuk melakukan kompilasi terhadap source code java. Setelah dikompilasi akan menghasilkan bytecode yang disebut berkestensi .class yang isinya menyerupai kode mesin. Kode mesin sendiri di terjemahkan oleh mesin dimana dia dijalankan, sedangkan bytecode Java diterjemahkan oleh JVM juga. Untuk menjalankan program Java komputer memerlukan JVM dan JVM dapat bekerja di platform apa saja. Selama memiliki JVM program Java dapat dijalankan tanpa memperhatikan platform. Sebab itulah Java memiliki sifat platform independent. Salah satu karakteristik bahasa pemrograman Java™ adalah , Platform Independent – tidak tergantung kepada sistem operasi atau mesin apa pun.

  • e. Just In Time Compiler (JIT) Meskipun Java didesain untuk diinterpretasi, secara teknis tidak ada yang menghalangi Java untuk dikompilasi menjadi bahasa mesin seperti bahasa-bahasa pemrograman lainnya. Sun menyediakan kompiler Just In Time Compiler (JIT) untuk mengkompilasi kode byte itu menjadi bahasa mesinnya pada saat yang bersamaan dengan eksekusinya. Walaupun demikian, pendekatan JIT ini menghasilkan kemampuan yang lebih dibandingkan dengan interpretasi biasa.

Java merupakan aplikasi pemrograman yang memiliki kemampuan platform independence maksudnya adalah aplikasi program yang tidak bergantung pada sistem operasi saat program tersebut dibuat. Artinya, sekali anda membangun suatu aplikasi pada satu jenis sistem operasi, anda dapat menjalankannya pada berbagai sistem operasi. Java dibangun dengan kekuatan C++. Java mengambil fitur-fitur terbaik dari C++ dan menghilangkan permasalahan yang ada. Java memiliki fitur manajemen memori secara otomatis, kemampuan untuk melakukan sesuatu lebih dari satu pada saat yang bersamaan, dan keamanan yang baik. Sehingga Java menjadi bahasa pemrograman yang sederhana, handal dan mudah digunakan. Untuk membuat aplikasi berbasis Java, diperlukan Java Development Kit (JDK). Saat ini JDK telah mencapai versi 2 yang dikenal dengan Java 2 Platform. Java 2 Platform, dibagi menjadi tiga kategori, yaitu :

• Java 2 Standard Edition

(J2SE)

Kategori ini digunakan untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi Java berbasis PC. • Java 2 Enterprise Edition

(J2EE)

Kategori ini digunakan untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi Java pada lingkungan enterprise, dengan fungsi-fungsi

seperti

Servlet

dan

Java

Server

Page (JSP). Java2 Micro Edition atau

yang biasa disebut J2ME adalah

lingkungan

pengembangan

yang

didesain untuk meletakkan

perangkat lunak Java pada barang

elektronik

beserta

perangkat

pendukungnya.

Pada

J2ME,

jika

perangkat

lunak

berfungsi

baik

pada sebuah perangkat maka

belum tentu juga berfungsi baik

pada

perangkat

yang

lainnya.

J2ME membawa Java ke dunia

informasi,

komunikasi,

dan

perangkat

komputasi

selain

perangkat komputer desktop yang

biasanya lebih kecil dibandingkan

perangkat

komputer

desktop.

J2ME biasa digunakan pada

telepon

selular,

pager,

personal

digital

assistants

(PDA)

dan

sejenisnya.

  • f. Program Java Ada dua macam pemrograman yang dapat dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java, yaitu :

o Applet Java – program

yang

disisipkan dalam halaman

Web sehingga dapat ditampilkan dihalaman browser. o Aplikasi Java – program stand alone pada umumnya dibagi menjadi dua macam, yaitu aplikasi konsol dan aplikasi window.

g.

Eclipse

Eclipse adalah Integrated Development Environment (IDE) berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang merupakan software development yang Open Source, dengan kata lain software ini di bawah pengembangan bersama, bebas. Kita akan mendapatkan tools yang dibutuhkan untuk membuat professional desktop, enterprise, web, and mobile applications dengan Java language, C/C++, dan bahkan dynamic languages seperti PHP, JavaScript, Groovy, dan Ruby.

h. Android Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri. Awalnya, Google Inc membeli Android Inc, pendatang baru yang membuat perangkat lunak untuk telepon genggam. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentukan Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Versi Android terbaru adalah versi 3.0. Android juga sudah bergabung dengan beberapa smart mobile phone seperti Nokia, Sony Ericsson, Samsung, LG, dan lain-lain.

  • 6. Kerangka Pemikiran Pusat Pengembangan Akuntansi - Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (PPA-FEUI) adalah sebuah lembaga dibawah naungan FEUI yang dipercaya untuk

memberikan suatu pelatihan atau kegiatan akuntansi kepada masyarakat umum dan kepada perusahaan yang membutuhkan untuk mendukung pekerjaan mereka. Pelatihan dibuat demi memajukan pengetahuan seorang accounting dibidangnya masing-masing. Sehingga dibutuhkan data-data dan informasi yang lengkap seputar pelatihan yang diadakan oleh PPA-FEUI. Web ini dibuat untuk menyempurnakan web yang sudah ada sebelumnya. Dengan menambahkan kolom forum untuk para pengunjung, form pendaftaran serta form kontak saran yang lebih atraktif dan lebih stabil, dikarenakan web yang sebelumnya masih belum stabil dalam hal tersebut. Aplikasi layanan untuk sistem Android ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui informasi seputar pelatihan dan jadwal mengajar para instruktur secara lebih mudah di handphone yang berbasis Android.

  • 7. Metode Penelitian

1. Perencanaan Mengumpulkan informasi atau data yang diperlukan yang berkaitan dengan materi yang dibahas, yaitu:

sistem operasi Android

 

Informasi

terkait informasi yang

dibutuhkan

pengunjung

dan

instruktur

Kebutuhan

lain

yang

dibutuhkan

instruktur

dalam

hal

jadwal

mengajar mereka.

Selain itu juga merencanakan bagaimana aplikasi ini akan dibuat, dengan perangkat lunak dan perangkat keras apa saja, dan juga bagaimana aplikasi layanan ini akan berguna.

 

Penulis

membuat

aplikasi

ini

menggunakan

perangkat

keras

yang

terdiri dari:

 

Intel(R) Core(TM) i3 CPU M380

@2.23GHZ

 

Memory 2 GB

Dan

perangkat

lunak

yang

diperlukan, yaitu:

 

Sistem operasi Microsoft Windows 7 Ultimate 32-bit

Java Eclipse

 

Android

 

2.

Analisa

Proses analisa ini meliputi analisa kebutuhan, yaitu seberapa penting aplikasi ini dibutuhkan oleh pengguna untuk dapat mempermudah dalam mengetahui informasi dan jadwal yang

tersedia. Berikutnya adalah analisa keadaan, maksud dari analisa ini adalah bagaimana menggunakan aplikasi ini dapat lebih memudahkan.

  • 3. Perancangan

Proses perancangan ini dimulai dari pembuatan struktur navigasi dan

perancangan halaman yang diperlukan untuk dasar pembuatan aplikasi yang dimaksud.

  • 4. Implementasi Pada tahap ini dilakukan

pembuatan aplikasi secara keseluruhan,

mengetikkan coding program sampai aplikasi ini benar-benar dapat dioperasikan sebagaimana fungsinya.

  • 5. Uji Coba Proses uji coba akan dimulai dari

penggunaan metode prototipe, dimana yang akan menjadi sampel adalah sejumlah pengguna perangkat bergerak

ber-platform Android. Dalam metode prototipe ini akan menentukan apakah aplikasi ini layak untuk instruktur atau perlu adanya perbaikan lebih lanjut agar sesuai dengan fungsi dan tujuan yang diharapkan.

DAFTAR PUSTAKA