Vous êtes sur la page 1sur 7

Kamar tidur merupakan ruang yang sangat dibutuhkan dan menjadi penting keberadaannya, dimana kamar tidur merupakan

tempat untuk beristirahat bagi seseorang setelah melakukan kegiatan sepanjang hari. Dalam kegiatan beristirahat ini pencahayaan dan warna serta nuansa ruangan memiliki peran penting. Karena suasana dan mood seseorang dapat diciptakan dari pencahayaan ruang tersebut. Apabila ruang tidur tersebut tidak bersifat menenangkan dan nyaman, maka pengguna bisa saja tidak dapat melakukan kegiatan istirahatnya. Karena yang dirasakan bukanlah ketenangan, tetapi perasaan yang lain, yang mungkin bahkan malah membuat seseorang merasa tidak nyaman, marah, ataupun takut. Warna pada kamar tidur umumnya merupakan warna yang hangat, tenang dan netral seperti putih, krem, abu-abu dan sebagainya. Cahaya buatan yang digunakan biasanya lampu berwarna kuning yang mendukung kegiatan istirahat

General Lighting

General lighting merupakan sistem pencahayaan yang menjadi sumber penerangan utama. Tujuan dari penggunaan lampu ini adalah menghasilkan sumber cahaya secara terang dan menyeluruh. Pada kamar tidur ini lampu general lighting tidak begitu terang karena aktivitas yang terjadi dalam ruangan ini bukanlah aktivitas yang menuntut gerakan aktif melainkan kegiatan yang lebih santai dan tidak menimbulkan stres atau pressure tertentu. Jenis lampu yang digunakan adalah lampu flourescent.

Indirect Lighting

Indirect lighting merupakan pencahayaan dengan lampu tersembunyi yang hanya memanfaatkan biasa cahayanya saja. Sehingga tidak terasa silau dan menimbulkan kehangatan dengan cahaya yang tidak terlalu terang. Indirect Lighting ini biasanya digunakan untuk menimbulkan kesan dramatis. Jenis pencahayaan yang menggunakan indirect terdapat pada dinding di belakang dan samping tidur. Pada dinding disamping tempat tidur menggunakan teknik pencahayaan uplighting, yaitu pencahayaan yang berasal dari bawah sehingga terdapat bias cahaya ke atas. Sedangkan pada dinding di bagian belakang tempat tidur menggunakan teknik pencahayaan background lighting. Dimana lampu yang digunakan adalah lampu downlight dan uplight dengan bukaan pada dinding di bagian kanan dan kirinya. Sehingga bias cahaya terlihat dari sisi kanan dan kiri. Jenis lampu yang biasanya digunakan adalah lampu halogen.

Task Lighting

Pada kamar tidur ini juga terdapat task lighting yang terdapat di sisi tempat tidur. Task lighting merupakan sistem pencahayaan yang difokuskan pada suatu area dengan tujuan untuk membantu aktivitas tertentu. Jenis lampu yang digunakan adalah tungsten.

Decorative Lighting

Decorative Lighting pada kamar ini adalah lampulampu berwarna oranye yang mengelilingi tempat tidur. Lampu ini bertujuan menciptakan mood tenang dan rileks serta memberi batasan area tempat tidur dengan area sekitarnya. Jenis lampu yang digunakan adalah LED