Vous êtes sur la page 1sur 10

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah Dasar Perlindungan Tanaman dengan judul Penyakit Mangga yang disebabkan oleh Jamur. Dalam penyusunan makalah ini, penulis merasa masih terdapat kekurangan dalam hal teknis penulisan maupun materi makalah. Oleh karenanya, kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pengetahuan bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga apa yang di tulis dalam makalah ini dapat menjadi pengetahuan yang penting kelak, Amin.

Malang, November 2010

Penulis

DAFTAR ISI
KATA PENGANTARi.......................................................................i BAB I PENDAHULUAN ..................................................................1 BAB II POKOK BAHASAN ..............................................................2 2.1 Definisi penyakit tumbuhan ..................................................2 2.2 Pengertian jamur ...................................................................2 2.3 Sejarah singkat......................................................................2 2.4 Penyakit mangga yang disebabkan oleh jamur .....................3 BAB III KESIMPULAN & SARAN ....................................................6 3.1 Kesimpulan .6 3.1 Saran ..6 DAFTAR PUSTAKA ........................................................................7

BAB I PENDAHULUAN
I.1.LATAR BELAKANG Penyakit tanaman menimbulkan kerugian melalui beberapa jalan, penyakit pada tanaman dapat menyebabkan kerugian langsung pada petani atau penanam. Hal ini di sebabkan karena penyakit dapat mengurangi kualitas maupun kuantitas, meningkatkan biaya produksi dan mengurangi kemampuan usaha tani. Kerugian yang dirasakan petani maupun penanam dapat secara langsung maupun tidak langsung. Makalah ini mengambil bahasan penyakit pada tanaman mangga yang di sebabkan karena jamur, pada tanaman mangga ada beberapa penyakit yang disebabkan karena jamur maka dari itu pada makalah kali ini kelompok kami membahas tentang penyakit tanaman mangga yang disebabkan karena jamur.

I.2.TUJUAN Untuk mengetahui penyakit apa saja yang disebabkan oleh jamur pada tanaman mangga. Untuk mengetahui bagaimana cara pengendalian dari penyakit yang disebabkan oleh jamur pada tanaman mangga.

BAB II POKOK BAHASAN


2.1 Definisi penyakit Suatu pertumbuhan yang abnormal atau penyimpangan penyimpangan tumbuh baik pada bagian tertentu dari tanaman maupun pada seluruh bagian tanaman tersebut, yang disebabkan oleh gangguan biotik atau abiotik.

2.2 Definisi jamur Jamur adalah organisme multiseluler yang memiliki dinding sel dan inti sel dengan ukuran bermacam macam dari yang sangat kecil sampai yang dapat dilihat dengan mata telanjang. 2.3 Sejarah singkat Tanaman mangga (Mangifera Indica L.) sebenarnya adalah tanaman asli negeri India, namun kini sudah menjadi tanaman yang tidak asing bagi masyarakat kita. Hampir di setiap daerah di Indonesia terdapat tanaman mangga, walaupun umumnya hanya berupa tanaman pekarangan rumah atau sebagai pelindung maupun sebagai tanaman sela di kebun-kebun warga, tetapi beberapa daerah seperti Indramayu, Cirebon dan Probolinggo dikenal sebagai sentra produksi mangga di Pulau Jawa. Mungkin sifatnya yang mudah tumbuh, berdaun rindang dan memiliki banyak varietas dengan buah yang beraneka rasa inilah yang menyebabkan populernya tanaman mangga di Indonesia. Dibalik itu, karena banyaknya masyarakat yang menanam mangga disertai minimnya penguasaan teknik budidaya dan pengetahuan tentang hama dan penyakit, mengakibatkan kurang optimalnya produksi mangga di Indonesia. Kerajaan : Plantae (Tumbuhan) Divisi Kelas Bangsa Suku Marga : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil) : Sapindales : Anacardiaceae : Mangifera

Jenis

: Mangifera indica L.

2.4 macam penyakit mangga yang disebabkan jamur a. Penyakit Diplodia Penyebab Diplodia adalah cendawan atau jamur yang menyerang pada batang dan ranting. Umumnya diawali adanya luka yang disebabkan benda tajam. Sehingga di musim kemarau luka mengeluarkan blendok dan dimusim hujan luka berkembang sampai ke jaringan kayu. Gejala pada batang yang terserang adalah kulit luarnya tampak seperti pecahpecah, mengeluarkan cairan coklat kehitaman, makin lama luka melebar dan kulit mengelupas, bagian tanaman diatasnya menjadi kering dan mati. Cara pengendalian : Ranting atau cabang yang terserang dipotong dan di bakar. Batang yang terserang dikupas kulit luarnya sampai batas jaringan kayu, kemudian diolesi dengan fungisida BENLATE seminggu sekali. Apabila gejala awal muncul pada saat buah masih muda, disemprot dengan fungisida KOCIDE 10 hari sekali sebanyak 3 kali. b. Penyakit Gleosporium Penyebab penyakit Gleosporium adalah jamur Gloeosporium mangifera. Jamur ini menyebabkan bunga menjadi layu, buah busuk, daun berbintik-bintik hitam dan menggulung. Cara pengendaliannya adalah dengan pemberian fungisida Bubur Bordeaux. c. Penyakit Cendawan Jelaga Penyebab: jamur Meliola mangifera atau jamur Capmodium mangiferum. Daun mangga yang diserang berwarna hitam seperti beledu. Warna hitam disebabkan oleh jamur yang hidup di cairan manis. Cara pengendaliannya adalah dengan memberantas serangga yang menghasilkan cairan manis dengan insektisida atau tepung belerang.

d. Penyakit Bercak Karat Merah Bercak karat merah pada daun mangga disebabkan oloeh jamur Colletotrichum gleosporiodes. Selain mangga, bercak karat merah juga 3 menyerang jeruk, apel, teh, jambu biji, leci, lengkeng, dan rambutan. Selain menyerang daun, bercak ini juga menyerang kulit, tunas, dan ranting tanaman. Serangan yang hebat bisa menyebabkan kulit menebal, kerdil, daun menjadi jarang, dan akhirnya kering. Mula-mula bercak berwarna kelabu seperti beledu, kemudian pada permukaan terdapat coklat ke merahan. Itulah penyebabnya penyakit itu disebut bercak karat merah. Bentuk bercak bulat atau tidak teratur, sedikit timbul, berdiameter 2-10 mm. Bercak dapat terbentuk pada permukaan daun dalam jumlah yang banyak. Sesudah menghamburkan spora, ganggang masih tetap melekat pada permukaan daun, tapi warnanya menjadi putih krem. Ganggang jarang tumbuh pada tunas yang sedang berkembang pesat, sebab akan gugur dengan mengelupasnya jaringan tunas paling luar. Bercak karat merah secara kimia dapat dikendalikan dengan penyemprotan sulfat tembaga, bubur Bordeaux atau bubur kalifornia. Secara mekanis dapat dikendalikan dengan pemangkasan bagian yang terserang. Perawatan dan pemupukan yang tepat membuat kondisi pohon tumbuh kuat, dan ganggang yang menginfeksi pohon akan rontok sendiri.

e. Penyakit Bledok Penyakit ini juga disebut penyakit recife. Penyababnya adalah cendawan Dipodia resifensis, bersama-sama dengan kumbang Xyleborus affinis. Kumbang Xyleborus affinis membuat lubang di batang atau ranting, kemudian terinfeksi jamur Dipodia resifensis. Infeksi itu mengikuti kumbang yang masuk dalam lubang. Jamur bekembang pesat dalam lubang dan terus masuk ke dalam jaringan. Bagian yang terinfeksi ini menjadi coklat atau hitam, sehingga menggangu perjalanan air dari akar menuju daun. Dilubang, keluar bledok (getah). Jaringan xylem menjadi rusak, sehingga tanaman menjadi layu, kalau yang diserang cabang, cabang tersebu akan layu. Penyakit ini dapat dicegah dan di berantas dengan cara sebagai berikut : 1. Apabila kelihatan bledok, maka tanaman tersebut segera dipotong, dan dicari kumbangnya untuk dimatikan kemudian dibakar. 2. Lubang masuknya kumbang ditutup dengan kapas yang telah dicelupkan cairan insektisida. Misalnya Phosdrin. Perlakuan ini

digunakan pada batang atau cabang yang besar sayang untuk di potong. 3. Batang yang sehat, yang berada di dekat batang yang sakit, dapat disemprot dengan bubuk bordeoux.

f. Penyakit Antraknose

Penyebab Antraknose adalah cendawan atau jamur Colletotrichum Gloeosporiodes. Penyakit ini dapat menyerang pada ranting, daun, bunga dan buah. Biasanya menyerang pada saat pembungaan dan pembuahan. Gejala serangan terlihat adanya becak-becak berwarna coklat tua pada bagian tanaman yang terserang, daun dan bunga yang terserang menjadi kering dan gugur. Apabila menyerang buah mengakibatkan becak-becak coklat dan pada serangan berat buah dapat gugur sebelum di panen. g. Penyakit Jamur Upas Penyakit ini disebabkan oleh jamur Corticium Salmonicolor yang berwarna putih sampai merah jambu mengkilat. Berkembang di musim hujan dan di musim kemarau masih terlihat. Gejala serangan ditunjukkan oleh terbungkusnya ranting atau cabang dengan jamur upas, bagian atas ranting yang terserang nampak pertumbuhannya tidak sehat. Cara pengendaliannya adalah sebagai berikut : Mengupas atau mengerok bagian cabang dan ranting yang terserang. Memotong dan memusnahkan cabang serta ranting yang terserang. Sebelum tampak gejala serangan, tanaman disemprot dengan fungisida DITHANE, DEROSAL atau DACONIL satu minggu sekali.

BAB III KESIMPULAN & SARAN


3.1. Kesimpulan Jadi penyakit adalah suatu pertumbuhan yang abnormal atau penyimpangan penyimpangan tumbuh baik pada bagian tertentu dari tanaman maupun pada seluruh bagian tanaman tersebut, yang disebabkan oleh gangguan biotik atau abiotik. Pada makalah ini penyebab penyakit pada mangga yang dibahas adalah jamur. Jadi dapat diketahui bahwa macam-macam penyakit mangga yang disebabkan oleh jamur, yaitu ; a. Penyakit Diplodia b. Penyakit Gleosporium c. Penyakit Cendawan Jelaga d. Penyakit Bercak Karat Merah e. Penyakit Bledok f. Penyakit Antraknose g. Penyakit Jamur Upas Dengan memahami gejala serangan jamur pada penyakit mangga, diharap kita dapat mengantisipasinya dengan cara mengamati dan memelihara tanamannya sebaik mungkin sesuai pedoman pertanian yang berkelanjutan. 3.2. Saran

DAFTAR PUSTAKA
Anonymous1. 2010. http://www.plantamor.com/index.php?plant=812 . Diakses tanggal 23 november 2010. Djafarudidin. 1995. Dasar-Dasar Perlindungan Tanaman Umum. Bumi Aksara: Padang. Hal . Natawigena, Hidayat. 1993. Dasar-Dasar Perlindungan Mangga. Trigenda Karya: Bandung. Hal Pracaya. 2008. Bertanam Mangga. Penerbit Swadaya: Jakarta. Hal

TUGAS TERSTRUKTUR DASAR PERLINDUNGAN TANAMAN


Penyakit pada tanaman mangga yang disebabkan karena jamur

Oleh:
Harwin Santa105040203111008) Abi Anggara(105040203111009) Kharis Pribadi(105040203111010) Nana Rachmadini (105040203111011) Dina Ayu N. (10040203111012) Kelas : K

PROGRAM STUDI AGROEKOTEKOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2010