Vous êtes sur la page 1sur 18

Mengubah Background photo dengan Extract

Posted by Sigit eko on Sep 12th, 2011 in Belajar Photoshop, Photoshop Intermediate | 0 comments Tutorial photoshop kali ini tentang bagaimana cara memisahkan Ojek Objek dengan background nya.. sebenernya ada banyak cara sih.. tutorial sebelum-sebelum nya juga udah pernah dibahas kok.. Tapi kali ini saya coba pake cara EXTRACT Langsung aja deh yaa .. Buka photo yang mau diedit..

Sekarang kita langsung pisahin objek sama background nya Klik FILTER > EXTRACT di jendela extract ada menu-menu juga :

Highlighter tool : untuk menandai (masking) batas antara background dan objek yang mau dipisahin. Brush tool : untuk menandai (masking) area yang mau dipisahin Eraser Tool : menghapus masking jika ada kesalahan Eyedropper tool : untuk menentukan warna sesuai dengan sample nya.. Clean Up tool : hanya muncul kalau hasil masking di preview ini gunanya untuk merapikan hasil masking dengan menghapus Edge TouchUp TOol : Hanya muncul kalau hasil masking sudah dipreview , gunanya untuk merapikan hasil masing dengan cara menambah. Zoom tool : Untuk memperbesar atau memperkecil gambar ( klik untuk memperbesar, ALT+ klik untuk memperkecil) Hand tool : untuk menggerakan jendela gambar Sekarang klik Highlighter tool , drag di perbatasan antara background dan objek ..

Bisa di zoom gambarnya untuk objek yang perlu detail pengerjaan nya.. Untuk membersar kecilkan brush cukup menekan tombol [ atau ] [ : untuk mengecilkan brush ] : untuk membersarkan brush Seleksi Semua nya sampai detail-detailnya seperti rambut ..

Kalo sudah beres semua, Klik brush tool, lalu klik di area yang akan diambil objeknya..

Klik Tombol Preview untuk melihat hasilnya biasanya sih pasti ada yang kurang.. misalnya masih blom rapi, ada bagian yang mau kita ambil tapi kepotong.. dan lain-lain.. Gimana cara beresinnya ? GUnakan clean up tool dan edge touch up tool Bersihkan dengan clean up tool kalo masih kurang rapi, dan kalo ada bagian yang kehapus, gunakan touch up tool.. penggunaan nya tinggal drag & drop aja kok..

Hasilnya kira-kira nanti begini ..

Sekarang buka gambar Background yang lain, saya pake gambar situasi Broadway..

Drag Foto yang tadi diedit ke gambar background yang lain

Atur sedemikian rupa .. lalu cari pencahayaan dan pewarnaan supaya serasi dengan background. Bisa juga menggunakan Hue/saturation untuk penyesuaian.. bisa dicari-cari kok.. itu sangat menyenangkan hehehe..

Kita beri efek lagi.. Klik Add new fill and adjustment layer > Channel Mixer

Atur Channel mixer nya :

Bisa ditambahin dengan new fill and adjustment yang lain silahkan bermain-main aja.. yang paling penting cara cropping nya harus bener..

Hasilnya :

Selamat Mencoba !

Cara Memisahkan Objek dan Background pada gambar dengan Plugin Azlect
Posted by Sigit eko on Nov 11th, 2011 in Belajar Photoshop, Photoshop Intermediate | 3 comments Tutorial photoshop ini sama dengan tutorial yang pernah saya buat tentang pemisahan background dengan extract bedanya kali ini menggunakan Plugin .. hehe.. lebih gampang dan cepat! Download dulu Plugin nya di Member Area.. atau yang belum jadi member silahkan cari di google.. ada kok kalo jeli. Cara install nya ada juga kok.. jadi download, Install trus pake Buka gambar yang mau diedit.. saya pake gambar Steven Gerrard .. Gelandang hebat liverpool itu loh ! hehehe

Duplikat layer background dengan menekan CTRL + J

Sekarang buka Plugin Ezlect nya di Filter > Ezlect > Ezlect extract

Ini Jendela Ezlect nya , toolnya cuman dikit kok jadi mudah dipelajari

Klik Di Object nya ( Steven Gerrard nya) dengan Penanda Object dan Klik di background oleh penanda background.. penampakannya kayak gini nih

Penanda Objek ditandai dengan gambar kotak kecil kalo penanda background ditandai dengan tanda x Klik Show mask Image untuk melihat hasilnya kalo kurang bagus bisa dicoba .. klik lagi Show selection edge (letaknya disamping show mask image)

( tool lain nya di dalam ezlect silahkan di pelajari sendiri .. gampang banget kok) Kalo sudah beres klik Ok ..

background di layer 1 sudah hilang Ini sebenernya sudah beres pekerjaan plugin Azlect.. Sekarang tinggal menggunakan gambar hasil pemisahan background tersebut.. terserah mau diapain.. hehehe

Saya beri background aja deh yaa sebagai contoh nya buat layer baru di bawah layer 1 terus warnai dengan warna merah

Sekarang klik 2x layer 1 untuk memunculkan Blending Options

Klik Ok Beri text atau gambar tambahan jadinya seperti ini :

Selamat Mencob