Vous êtes sur la page 1sur 6

33

BAB IV METODE PENELITIAN

4.1

Desain Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Deskriptif Kuantitatif.

Deskriptif adalah penelitian yang dilakukan terhadap variabel mandiri, yaitu tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain (Sugiono, 1998:6). Sedangkan desain penelitian ini adalah cros sectional, yaitu suatu penelitian di mana variable-variabel yang termasuk efek observasi sekaligus pada waktu yang sama (Notoatmodjo, 2002).

4.2

Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian dilakukan di Ruang Bersalin Rumah Sakit Kencana Serang

penelitian ini akan dilaksanakan pada Bulan Juli 2008.

4.3

Populasi dan Sampel Penelitian

4.3.1 Populasi Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek atau subjek yang mempunyai karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 1999). Populasi yang akan diteliti adalah ibu nifas di Ruang Bersalin Rumah Sakit Kencana Serang yang pada tahun 2007 berjumlah 972 orang.

33

34

4.3.2 Sampel Sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiyono, 1999). Sampel dalam penelitian ini adalah ibu nifas di Ruang Bersalin Rumah Sakit Kencana Serang. Untuk menentukan besarnya sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik sampling Aksidental. sampling Aksidental adalah teknik pengumpulan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja (responden) yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data (Sugiono, 1998:62).

4.4

Teknik Pengumpulan Data Data penelitian ini adalah menggunakan data primer yang di peroleh

langsung melalui pengisian kuesioner oleh ibu nifas di Ruang Bersalin Rumah Sakit Kencana Serang. Instrumen pengumpulan data yang di gunakan data penelitian ini adalah kuesioner yang meliputi karakteristik ibu di antaranya (usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, paritas), dan pertanyaan kuesioner mengenai manajemen laktasi dengan jumlah 20 item pertanyaan. Setelah data yang diharapkan terkumpul dari kuesioner atau angket maka dilanjutkan dengan pengolahan data.

35

4.5 Etika Penelitian 4.5.1 Tahap Persiapan Pada tahap ini peneliti melakukan perizinan dan studi pendahuluan. Setelah melakukan studi pendahuluan, peneliti mulai mengajukan judul, menyusun proposal penelitian untuk mengumpulkan data primer dan menyusun quesioner. 4.5.2 Tahap Pelaksanaan Kegiatan yang dilakukan pengumpulan data dilahan penelitian. Data diperoleh dengan membagikan quesioner tertutup yang berisi tentang pertanyaan mengenai pengetahuan tentang manajemen laktasi. 4.5.3 Tahap Akhir Tahap akhir dimulai dengan pengolahan data dilanjutkan dengan analisis dan penyajian data dalam bentuk laporan.

4.6

Pengolahan dan Analisis Data

4.6.1 Tekhnik Penyajian Data Data yang diperoleh disajikan secara deskriptif yaitu hanya menggambarkan hasil penelitian suatu variabel dalam bentuk narasi, angka dan tabel agar lebih mudah dipahami. 4.6.2 Pengolahan dan Analisis Data Setelah data yang diharapkan terkumpul dari kuesioner atau angket maka dilakukan pengolahan data dengan tahapan sebagai berikut:

36

4.6.2.1 Editing Data Pada editing dilakukan pengecekan isian formal atau kuesioner, apakah jawaban yang ada di kuesioner sydah lengkap, jelas, relevan dan konsisten. 4.6.2.2 Coding Data Pada tahapan ini dilakukan pemberian kode pada jawaban pertanyaan dalam kuesioner. Kegunaan koding adalah untuk mempermudah pada saat analisis data dan juga mempercepat pada saat entry data. 4.6.2.3 Proccesing Setelah semua isian kuesioner terisi penuh dan benar, dan juga sudah melewati pengkodean, maka langkah selanjutnya adalah memproses data agar dapat dianalisis. Pengolahan data dilakukan dengan cara memasukan data kuesioner kepaket program komputer. 4.6.2.4 Tabulasi Data Jawaban ditabulasikan dengan skor jawaban sesuai dengan jenis pertanyaan, dimana jawaban benar diberi nilai 1 dan jawaban salah diberi nilai 0, kemudian dimasukkan dalam master tabel yang sudah disipakan. Analisis data menilai masing-masing item dengan menggunakan presentase yaitu: P= F/100 x 100% Keterangan: P: Persentase F: Frekuensi Jawaban N: Jumlah Item pertanyaan

37

4.7

Keterbatasan Penelitian Karena penelitian ini menggunakan data primer, maka dalam penelitian ini

sangat tergantung pada kuesioner. Oleh karena itu apabila dalam melakukan penelitian dengan menggunakan data primer harus terlebih dahulu mensinergikan ataupun memperjelas data yang sudah ada, agar nantinya bisa ditarik kesimpulan secara valid atau jelas. Disamping itu untuk meminimalkan kesalahan data yang ada, maka perlu diupayakan peninjauan ulang terhadap data kuesioner yang diisi responden.

38