Vous êtes sur la page 1sur 9

MIMISAN

PENYULUHAN PENYAKIT THT RSUD CILEGON

Apa itu mimisan?


Mimisan/hidung berdarah adalah suatu keadaan dimana terjadi pendarahan dari dalam hidung yang keluar melalui lubang hidung.

Siapa saja yang bisa mengalami mimisan?


Mimisan bisa dialami oleh siapa saja, namun mimisan lebih sering dialami oleh anak-anak. Lebih sering terjadi pada anak karena kumpulan pembuluh darah lebih rentan pecah. Biasanya, pembuluh darah serta sel lendir pada rongga hidung anak lebih kuat setelah usia sekolah dasar

Bagaimana terjadinya mimisan?


Mimisan terjadi akibat lepasnya lapisan mukosa hidung yang mengandung banyak pembuluh darah kecil. Lepasnya lapisan tersebut disertai luka pada pembuluh darah disekitarnya sehingga mengakibatkan perdarahan.

Apa saja penyebab mimisan?


Benturan pada hidung, misalnya karena anak terjatuh atau hidung terpukul. Kebiasaan mengorek hidung yang berlebihan. Biasanya karena gatal atau mengeluarkan kotoran hidung.

Masuknya benda asing ke dalam hidung. Seperti benda-benda kecil atau biji-bijian yang menimbulkan infeksi dan terjadi perdarahan. Perubahan cuaca, misalnya masuk ke dalam rumah ber-AC setelah bermain dibawah terik matahari. Penyakit infeksi seperti demam berdarah. Penyakit darah seperti leukemia dan hemofilia.

Bagaimana cara menangani mimisan?


Minta anak duduk dengan kepala sedikit menunduk ke depan agar darah tidak mengalir ke belakang. Jepit kedua cuping hidung dengan jari tangan selama 5 menit, minta anak bernafas melalui mulut.

Kompres dingin pada batang hidung juga dapat membantu menghentikan perdarahan. Apabila perdarahan belum juga berhenti sumbat menggunakan kain kasa bersih lalu segera ke dokter. Posisikan dalam posisi duduk jangan berbaring.

TERIMAKASIH