Vous êtes sur la page 1sur 23

PERENCANAAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATERI TEORI & PRAKTIK

PERENCANAAN PEMBELAJARFAN (SAP/LESSON PLAN/RPP)


Mau Kemana ?

Caranya ?

Kapan Sampai ?

Komponen Lesson Plan AOK-PLAN


A-im

O-bjective
K-ey

Point P-resentation L-ogical Sequence A-ssessment N-ote


4

Sistematika Lesson Plan


Pendahuluan Pelajaran 2. Pengembangan Pelajaran 3. Penutup Pelajaran
1.

Mata Kuliah Topik/Sub Topik Waktu Dosen Kompetensi Dasar/Terminal Objektif Sumber Pustaka Bahan dan Sumber WAKTU

LESSON PLAN TEORI(SAP) : : : : : : : ISI

No...

METODE & ALAT BANTU

PENDAHULUAN METODE: OBJEKTIF PRILAKU MAHASISWA/TKP/INDIKATOR PENYAJIAN MATERI

LATIHAN APLIKASI KASUS PENUTUP EVALUASI 6

LESSON PLAN(ACARA) PRAKTIK Job/Kegiatan : Waktu : Objektif Perilaku Siswa : Peralatan dan Perlengkapan : Bahan-Bahan : Alat Bantu Mengajar : Referensi : Metode : Dosen : PENDAHULUAN PENYAJIAN Langkah-langkah Key Point

APLIKASI
EVALUASI
7

CONTOH 3 FORMAT LESSON PLAN/RPP/SAP I

STRATEGI PEMBELAJARAN MATERI TEORI

1. Pendahuluan 2. Penyajian 3. Penutup

STRUKUR PEMBELAJARAN
STRATEGI UMUM
PENDAHULUAN BAHASAN ISI PENUTUP

BAHASAN ISI EXPLANATION


TOPIK 1 2 ACTIVITIES 3 4 SUMMARY 5 E A S Conclusion

E A S E A S E A S E A S

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN


Menguasai bahan(Konsep terbaru, apllikasi, kasus) 2. Peka terhadap isyarat-isyarat halus Audience 3. Berbicara cukup keras dan jelas 4. Menggunakan bahasa yang sesuai audience 5. Posisi berdiri berganti-ganti 6. Distribusikan pandangan secara merata 7. Tampak bergairah, tidak monoton 8. Gunakan gerakan-gerakan tubuh untuk menekankan arti, hindari kebiasaan kurang baik 9. Bersikap wajar dan rileks
1.

BAGIAN PENDAHULUAN
1.

2.

3. 4.

Tarik perhatian (mengucapkan salam, menanyakan kabar, kondisi, mengajukan pertanyaan yang mengejutkan). (G) Lakukan review materi lalu, atau menyampaikan permasalahan yang melatarbelakangi materi ini disampaikan), sampaikan topik yang akan diajarkan sesi ini.(L) Sampaikan OPS secara lengkap sesuai Lesson Plan (O) Sampaikan struktur atau prosedur pembelajaran yang akan di lakukan sesi ini, meliputi: (S)
1. Pokok-pokok materi yang akan dibahas sesuai OPS 2. Refenrensi yang digunakan 3. Proses pembelajaran/aktivitas yang dilakukan.

5.

Lakukan Stimulate dengan menyampaikan pentingnya topik ini ketika menjalankan, untuk menekankan pentingnya aplikasi di lapangan. (S)

BAGIAN PENYAJIAN POKOK-POKOK MATERI


1. Beri aba-aba dan motivasi mhsiswa, bahwa akan segera dimulai topik 2. Mulailah topik yang pertama dengan struktur:
1. Explanation(Baca judul pokok materi, jelaskan pengertian/maksudnya, berikan contoh(gambar, Vedeo kalau ada) kasus atau ilustrasi untuk memberikan gambaran yang jelas. 2. Activity 3. Summary

Catatan: 1. Untuk setiap topik lakukan seperti langkah 2 di atas.


2. Lakukan penngelolaan kelas, teknik bertanya,dan penguatan.

BAGIAN PENUTUP (CA-OSeNG)


1. Lakukan penyimpulan pelajaran 2. Lakukan evaluasi pembelajaran/post test 3. Lakukan Penutupan:
1. Sampaikan tujuan pembelajaran sesi ini telah terrcapai 2. Sarankan mhs untuk memperdalam materi pelajaran sesi ini di buku referensi aslinya, dan mencoba menerapkannya. 3. Beritahun topik pertemuan selanjutnya 4. Tutup dengan salam

STRATEGI PEMBELAJARAN MATERI PRAKTIK

Strategi pembelajaran materi praktik

1. 2. 3. 4.

Pendahuluan Penyajian Aplikasi Evaluasi

PENDAHULUAN(GLORSST)
1. 2. Menarik perhatian dan menghubungkan dengan keterampilan sebelumnya.(G) Sampaikan keterampilan yang akan dilatihkan saat ini dengan latar belakang kasus yang berkaitan di lapangan(L) Sampaikan OPS. (O) Sampaikan referensi yang digunakan.(R) Sampaikan pentingnya keterampilan ini ketika menjalankan profesi di lapangan.(S) Sampaikan struktur penyampaian untuk mencapai OPS( Peragaan( live,step by step), aplikasi dan evaluasi)(S) Sampaikan teori singkat dan istilah-istilah yang penting yang ada dalam peragaan ini jika ada.(B)

3. 4. 5. 6.
7.

TEKNIK PENYAJIAN
1. Dosen Menjelaskan - Dosen memperagakan 2. Dosen menjelaskan - Mahasiswa Memperagakan 3. Dosen menjelaskan VCD memperagakan 4. VCD menejelaskan - VCD Memperagakan 5. Mahasiswa Menjelaskan mahasiswa Memperagakan

PENYAJIAN LANGSUNG(LIVE)
1. Sampaikan cakupan langkah-langkah yang akan diperagakan dalam live dari keterampilan yang akan diperagakan. Mintalah perhatian pada mahasiswa untuk memperhatikan selama peragaan live. Lakukan peragaan secara live.

2. 3.

Catatan: sekali-sekali perhatikan kondisi mahasiswa jika berhadapan dengan orang lakukan komunikasi dan jika berhubungan dengan benda mati, sampaikan apa yang akan dikerjakan dalam setiap langkah.

PENYAJIAN LANGSUNG(LIVE)
4. Mintalah tanggapan pada mahasiswa atas peragaan live tersebut misal: Nah Begitulah Bidan Melakukan prasat tadi....dengan cepat, teliti, komunikasinya lancar..... bagaimana keterampilan tadi mudah atau sukar untuk dilakukan. Sampaikan bahwa untuk mencapai keterampilan seperti yang diperagakan, mahasiswa akan dilatih langkah demi langkah sampai bisa.

5.

6.

PENYAJIAN LANGKAH-DEMI LANGKAH (STEP BY STEP)


1. Sampaikan petunjuk umum dan keselamatan kerja yang harus diperhatikan dalam praktik lab tersebut. 2. Berilah aba-aba dan mulailah langkah pertama; 3. Untuk setiap langkah; Bacakan langkahnya (B) Tunjukan caranya seperti apa (T) Tekankan key pointnya apa; (I) Lakukan umpan balik(U) Catatan: jika benda yang diperagakan terlalu kecil perjelas dengan visualisasi di OHT.

APLIKASI(LATIHAN SISWA)

1. Beri aba-aba bahwa mahasiswa akan berlatih dan yang lain ditugasi untuk menilai sesuai daftar tilik dibawah bimbingan dosen. 2. Tunjuk salah seorang mahasiswa dan asisten yang diperlukan untuk memperagakan dan bimbing baik dari segi keterampilan motorik maupun komunikasinya, 3. Minta tanggapan pada mahasiswa bagaimana peragaan yang dilakukan oleh mahasiswa yang memperagakan di depan. 4. Lakukan review terhadap peragaan yang dilakukan mahasiswa serta komentar-komentar dari mahasiswa lainnya. Dilanjutkan dengan latihan di masing-masing kelompok di bimbing oleh 1 orang instruktur.

PENILAIAN&PENUTUP
1. Lakukan penilaian secara individual dimasing-masing kelompok, dengan menggunakan daftar tilik. 2. Lakukan penutup sampaikan ketercapaian OPS hari ini saran untuk berlatih diluar jam kuliah untuk mencapai tahap mahir, sampaikan keteampilan yang akan dipelajari minggu depan.