Vous êtes sur la page 1sur 2

Wednesday, August 23, 2006 Teganya .. Teganya ..

Teganya

aya mulai dengan wanti-wanti. Ndobosan saya kali ini penuh keke!asan , ada "uga

bunuh membunuhnya, pe!buatan tidak be!tanggung "awab dan tak be!mo!al . Sudah ya, !esiko bu!uk akibat memba#a tulisan ini $kalau ada% ditanggung sendi!i oleh pemba#a. &a!i kita mulai. 'e!nah lihat atau masih ingat dengan "am yang "ika "a!um pan"angnya pas di angka enam atau dua belas lantas da!i "am itu kelua! bu!ung-bu!ungan dan "amnya be!bunyi kukuuu kukuuu kukuuu ... Sua!a yang diti!ukan itu adalah sua!a bu!ung (u!opean )u#koo $Cuculus canorus%. *u!ung ini masih be!ke!abat dekat dengan 'lainti+e )u#koo $Cuculus merulinus% yang hidup di ,ndonesia. 'lainti+e )u#koo ini di ,ndonesia dikenal dengan nama Wiwik kelabu, Si!it un#uing atau -edasih, sedangkan dalam *ahasa &elayu ia dinamai Sewah &ati Anak $hiiiii ....%. Ada kisah yang mengatakan kalau -edasih be!sua!a bakal ada yang meninggal ... ya ada bena!nya sih, lha wong tiap ha!i -edasih be!sua!a dan tiap ha!i "uga ada yang meninggal, #uma kok ya ndak nyambung !asanya. Sudahlah, saya tidak akan ndobos soal nyanyian -edasih atau kukuu kukuu nya ke!abat -edasih di (!opa sana. Saya ingin ndobos soal pe!ilaku yang dilakukan oleh bebe!apa "enis bu!ung da!i kelua!ga )u#koo yang "ika te!"adi di dunia manusia maka pelakunya bisa disumpahi wong sak "agat se!ta masih ditambah dengan di"atuhi hukuman sangat be!at, malah mungkin hukuman mati.

'e!ilaku apa ge!angan yang dilakukan hingga digan"a! hukuman demikian be!at. begini kisahnya. 'ada umumnya bu!ung itu sebelum kawin dan be!telu! akan membuat sa!ang te!lebih dahulu untuk tempat be!telu!, angk!em - menge!ami, dan membesa!kan anak-anaknya. Tidak demikian halnya dengan -edasih dan (u!opean )u#koo se!ta bebe!apa "enis

)u#koo lainnya, me!eka bahkan tidak pe!nah punya sa!ang sama sekali. &e!eka be!telu! di sa!ang bu!ung "enis lain, dan mela!ikan di!i da!i tanggung "awab, malah #a!i pasangan lagi, kawin lagi dan be!telu! lagi. Telu! me!eka lantas die!ami oleh bu!ung lain yang sa!angnya ditumpangi itu, dan "ika sudah menetas anaknya "uga dipeliha!a dengan penuh kasih sayang oleh o!ang tua angkatnya itu. Tetapi itu belum sebe!apa. 'ada bebe!apa "enis )u#koo, pada saat me!eka mena!uh telu! di sa!ang bu!ung "enis lain, me!eka "uga membuang telu!-telu! yang ada di sa!ang bu!ung yang bakal dititipi anaknya itu. Ada pula )u#koo yang lantas membunuh telu! bu!ung lain dengan #a!a mematuknya hingga pe#ah. /ika hal te!sebut tidak dilakukan oleh induknya, maka anak )u#koo akan melakukannya. &asa e!am telu! )u#koo itu !elati0 lebih singkat dibandingkan dengan masa e!am telu! "enis bu!ung yang sa!angnya ditumpangi, sehingga telu! titipan te!sebut akan menetas duluan. *egitu menetas, kegiatan pe!tama yang dilakukan oleh anak )u#koo yang melek sa"a belum bisa itu adalah membuang telu! lain yang ada di sa!ang. Anak )u#koo ini lantas men"adi anak tunggal yang mendapat pe!hatian penuh da!i induk ti!inya. 'e!tumbuhan anak )u#koo "uga #epat, sehingga dalam waktu singkat besa! badannya bisa melebihi besa! badan induk ti!inya. *adan besa! makanpun pe!lu banyak tentu sa"a, maka sang induk ti!i akan sibuk sesibuk-sibuknya men#a!i makan tanpa henti untuk membesa!kan anak ti!inya yang sudah besa! itu. 1ha ... siapa bilang induk ti!i itu ke"am, dalam kasus ini induk ti!i itu penuh kasih sayang ... hanya membe!i tak ha!ap kembali. 'ada bebe!apa kasus, soal makan ini bisa "adi !umit. /ika "enis bu!ung yang sa!angnya ditumpangi itu be!sa!ang se#a!a be!kelompok, maka sang induk ti!i ha!us be!saing dengan induk-induk lain di kompleks sa!ang itu untuk mendapatkan makanan da!i dae!ah di sekita! kompleks sa!ang. -alau makanan tak men#ukupi, anak ti!i yang bongso! itu bisa kelapa!an dan mati. Naaaah ... dalam kasus ini, induk kandung anak bu!ung itu memainkan pe!annya. Sang induk kandung akan me!usak sa!ang-sa!ang lain di kompleks, sehingga pa!a penghuni kompleks yang sa!angnya tak dititipi te!paksa ha!us pindah tanpa ganti !ugi. 2usu! paksa model begini memudahkan sang induk ti!i untuk mempe!oleh makanan bagi anak ti!inya yang lahap itu. )ukup demikian kelakuannya. *elum. 'ada bebe!apa ke"adian, sang anak ti!i ini nantinya kalau sudah dewasa dan mampu menghasilkan telu!, bisa-bisa dia akan mena!uh telu!nya di sa!ang sang induk ti!inya dan melakukan !itual pembunuhan se!ta pe!usakan sa!ang sepe!ti yang dilakukan oleh induk kandungnya. -e"am.3 4alam dunia hewan, kata ke"am tidak be!laku, ini hanya soal siapa yang kuat, #e!dik dan li#ik sa"a yang akan be!tahan hidup. 1antas bagaimana dengan pe!umpamaan yang menyamakan manusia dengan hewan bagi manusia yang ke"amnya ndak ketulungan. &enu!ut sampeyan apa pe!umpamaan itu adil buat hewan.