Vous êtes sur la page 1sur 5

28

IV.3.2 Sampel IV.3.2.1 Sampel Penelitian Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut .Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh bagian dari populasi. IV.3.2.2 Tehnik Pengambilan Sampel Pada penelitian ini tehnik pengambilan sampel adalah dengan mengambil semua anggota populasi menjadi sampel. Anggota populasi diambil seluruhnya untuk dijadikan sampel penelitian karena jumlah populasi yang kecil. Teknik pengambilan sampel adalah dengan

menggunakan metode total sampling yaitu semua populasi dijadikan sampel. IV.4 Kriteria Seleksi Kriteria Inklusi Kriteria Inklusi yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : a. Bayi yang dilahirkan pada usia kehamilan 28 minggu - > 42 minggu (pada usia kehamilan 28 minggu janin sudah viabel untuk hidup diluar kandungan) b. Bayi dengan BBL <2500 gram. c. Lahir hidup. IV.4.2 Kriteria Eksklusi Kriteria Eksklusi yang digunakan dalam penelitian ini antara lain :

IV.4.1

29

a. Kehamilan ganda b. Riwayat ibu perokok c. Riwayat ibu berpenyakit kronis d. Janin dengan kelainan kongenital e. Infeksi janin intra uterin. IV.5 Pengalokasian Subyek Dalam penelitian Cross Sectional peneliti mengobservasi subyek yang terpapar dan tidak terpapar.
Neonatus BBLR yang lahir Pada 1 Januari-31 Desember 2012

Inklusi

Eksklusi

Neonatus BBLRdengan Pre Eklampsia

Neonatus BBLRtanpa Pre Eklampsia

Lahir

Tidak

Lahir

Tidak

Collecting Data

Analisa Data

Penyusunan Skripsi

30

IV.6 No

Definisi Operasional Variabel Jenis Variabel Definisi Skala Pengukuran

1.

Pre Eklampsia

Variabel Bebas

Meningkatnya tekanan darah dengan disertai proteinuria serta edema yang terjadi pada kehamilan dengan usia kehamilan diatas 20 minggu

Skala nominal

2.

BBLR

Variabel Terikat

Bayi yang mempunyai berat kurang dari 2500 gram pada waktu ditimbang pertama kali setelah lahir

Skala Nominal

IV.7

Intervensi dan instrumentasi

1. Pengukuran variabel bebas dalam hal ini untuk mendiagnosis pre eklampsia dengan pengukuran tekanan darah, pemeriksaan protein urin, pemeriksaan fisik (Oedem) 2. Pengukuran variabel terikat dalam hal ini untuk mengetahui berat badan bayi baru lahir, dilakukan pemeriksaan antropometri dengan menimbang berat badan bayi menggunakan timbangan bayi, dinyatakan dalam satuan gram.

31

IV.8

Pengumpulan data Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dari pencatatan pada rekam medik pasien di RSUP Dr.Wahidin Sudirohusodo Makassar.

IV.9 Pengolahan data analisa data IV.9.1 Pengolahan data Pengolahan data dilakukan setelah pengumpulan data yang dibutuhkan dengan menggunakan bantuan SPSS 19.0 For Windows. IV.9.2 Analisa data Data yang diperoleh untuk menguji hipotesis menggunakan tehnik analisa statistik dengan rumus Chi Square Test (X2). Peneliti akan menggunakan analisa ini untuk mengetahui atau uji kemaknaan hubungan anatra pre eklampsia dengan kelahiran BBLR. Hasil yang diperoleh tabel Contigency 2 x 2 diterapkan dengan menggunakan perhitungan secara manual dalam rumus Chi Square dan dibantu dengan SPSS 19.0 For Windows, yaitu :

X2 =
Keterangan : X2 O = =

( - )

Chi Kuadrat Frekuensi yang diobservasi

32

Frekuensi yang diharapkan

IV.10 Penyajian data Penyajian data dilakukan secara deskriptif dalam bentuk tabel disertai dengan pembahasan pembahasan. IV.11 Aspek etik penelitian 1. Sebelum dilakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan perizinan kepada pihak RSUP Dr.Wahidin Sudirohusodo Makassar sebagai tempat penelitian. 2. Peneliti menjaga kerahasiaan identitas subjek sehingga informasi ataupun data-data di dalam rekam medik tetap terjaga kerahasiaannya dengan demikian diharapkan tidak ada pihak yang merasa dirugikan atas penelitian yang dilakukan. 3. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan manfaat kepada semua pihak yang terkait sesuai dengan manfaat penelitian yang telah disebutkan sebelumnya.