Vous êtes sur la page 1sur 5

SAHIDAH GROZNY 03121005077 KELAS A

ALAT UKUR KELURUSAN, KEDATARAN, DAN KERATAAN

A.

Kelurusan
Nama Alat ukur : Autokolimator Gambar/foto :

Gambar 4.1 Autokolimator

Bagian-bagian Autokolimator :

Prinsip kerja Autokolimator : Autocollimator Proyek seberkas cahaya collimated. Reflektor eksternal

mencerminkan seluruh atau sebagian dari balok kembali ke instrumen mana balok difokuskan dan dideteksi oleh sebuah photodetektor. autocollimator mengukur deviasi antara balok balok yang dipancarkan dan dipantulkan. Karena autocollimator menggunakan cahaya untuk mengukur sudut, itu tidak pernah datang ke dalam kontak dengan permukaan uji.

SAHIDAH GROZNY 03121005077 KELAS A

Fungsi dan contoh pengukuran : Fungsi dari autokolimator yaitu : 1. Sebagai alat pemeriksa kelurusan dan alat ukur kedataran. 2. Untuk menyelaraskan komponen dan mengukur defleksi atau mekanis sistem optic 3. Autocollimators Visual sering digunakan untuk berbaris laser rod berakhir dan memeriksa paralelisme wajah jendela optik dan potongan 4. Elektronik dan digital autocollimators digunakan sebagai standar pengukuran sudut, untuk memantau pergerakan sudut selama jangka waktu yang lam

Contoh Aplikasi Visual Autocollimator: 1. Pengukuran non-paralelisme di windows, batang laser berakhir, dan potongan optik oleh wajah refleksi metode-dua.

2.

Pengukuran kuadrat dari sisi luar dengan berbagi aperture .

3.

Sudut perbandingan dengan berbagi aperture.

4.

Memeriksa prisma sudut yang tepat untuk dan piramida kesalahan sudut.

SAHIDAH GROZNY 03121005077 KELAS A

Kecermatan dan kepekaan Sebuah autocollimator visual dapat mengukur sudut sekecil 0,5 detik busur , sementara autocollimator elektronik bisa sampai 100 kali lebih akurat. Kecermataan sampai 0,1 detik, sehingga kepekaannya 0,1 detik.

Jenis Autokolimator 1. Digital Autocollimators Autocollimators digital menggunakan photodetektor elektronik untuk mendeteksi sinar tercermin. Radian autocollimators Mikro mengambil keuntungan dari teknologi pendeteksi terbaru termasuk photodetectors berbasis silikon canggih dan berbasis detektor germanium 2. Visual Autocollimators Autocollimators Visual mengandalkan mata seorang operator untuk bertindak sebagai photodetektor tersebut.Radian visual autocollimators-Micro proyek gambar lubang jarum. Operator pandangan gambar lubang jarum tercermin melalui sebuah lensa mata. Karena mata manusia bertindak sebagai photodetektor, resolusi akan bervariasi antar operator. Biasanya, orang bisa menyelesaikan 3 sampai 5-detik busur.

Khusus Autocollimators Laser Autocollimators Sistem servo yang dikontrol

Kelebihan dan Kekurangan Autokolimator Kelebihan : 1. Mampu untuk pemeriksaan permukaan yang sembarang Kekurangan : 1. Pengamatan dilakukan di ulangi dengan urutan terbalik untuk memastikan hasil pengukuran

SAHIDAH GROZNY 03121005077 KELAS A

B. KEDATARAN Nama alat ukur Gambar/ foto : Waterpas :

Gambar 4.2 Waterpas

Bagian-bagian Waterpas : Alat ukur waterpass yang sederhana hanya terdiri dari empat komponen yaitu : 1. Teropong yang didalamnya terdapat lensa objektif, lensa okuler dan diafragma 2. Nivo tabung yang berbentuk tabung 3. Benang bacaan (BA, BT, BB) 4. Tiga skrup pendatar.

Gambar 4.3 Bagian Waterpas

Prinsip kerja Waterpas

SAHIDAH GROZNY 03121005077 KELAS A Prinsip waterpas yaitu bidik garis kesemua arah, sehingga membentuk bidang datar atau horizontal dimana titik-titik pada bidang datar tersebut akan menunjukkan ketinggian yang sama.

Fungsi dan contoh pengukuran Waterpas Fungsi utama : 1. Memperoleh pandangan mendatar atau mendapat garis bidikan yang sama tinggi, sehingga titik titik yang tepat pada garis bidikan memiliki ketinggian yang sama. 2. Dengan pandangan mendatar tersebut dapat diketahui jarak dari garis bidik yang dinyatakan sebagai ketinggian garis bidik terhadap titik-titik tertentu, maka akan diketahui atau ditentukan beda tinggi atau ketinggian dari titik-titik tersebut. Umumnya alat ukur waterpass ditambah dengan bagian alatlain. 3. Benang stadia, yaitu dua buah benang yang berada di atas dan dibawah serta sejajar dengan jarak yang sama dari benang diafragma mendatar. Dengan adanya benang stadia dan bantuan alat ukur waterpass berupa rambu atau bak ukur alat ini dapat digunakan sebagai alat ukur jarak horizontal atau mendatar. Pengukuran jarak dengan cara seperti ini dikenal dengan jarak optik. 4. Lingkaran berskala, yaitu lingkaran pada badan alat yang dilengkapi dengan skala ukuran sudut. Dengan adanya lingkaran berskala ini arah yang dinyatakan dengan bacaan sudut dari bidikan yang ditunjukkan oleh benang diafragma tegak dapat diketahui, sehingga bila dibidikkan ke dua buah titik, sudut antara ke dua titik tersebut dengan alat dapat ditentukan atau dengan kata lain dapat difungsikan sebagai alat pengukur sudut horizontal.