Vous êtes sur la page 1sur 2

HASIL DISKUSI KELOMPOK 1

HARI, TANGGAL TEMPAT JAM ANGGOTA YANG HADIR : Kamis, 18 Juni 2009 : UPK FE 3 : 15.30 sampai dengan 16.45 : 1. Destriana Kurnia 2. Indah Prihatiningrum 3. Khisbadiana 4. Mariana BS 5. Mialita Ratnafuri

C0C007034 C0C007076 C0C007086 C0C007090 C0C007096

HASIL DISKUSI

AKAD MUDHARABAH
DEFINISI Mudharabah berasal dari kata adhdharby fil ardhi yaitu bepergian untuk urusah dagang. Disebut juga qiradh yang berasal dari kata alqardhu yang berarti potongan, karena pemilik memotong sebagian hartanya untuk diperdagangkan dan memperoleh sebagian keuntungan. Secara teknis mudharabah adalah akad kerja sama usaha antara pemilik dana dan pengelola dana untuk melakukan kegiatan usaha, laba dibagi atas dasar nisbah bagi hasil menurut kesepakatan kedua belah pihak, sedangkan bila terjadi kerugian akan ditanggung oleh si pemilik dana kecuali disebabkan oleh misconduct, neglience atau violation oleh pengelola dana. Akad mudharabah merupakan suatu transaksi pendanaan atau investasi yang berdasarkan kepercayaan. Kepercayaan merupakan unsur terpenting dalam akad mudharabah, yaitu kepercayaan dari pemilik dana kepada pengelola dana. Oleh karena kepercayaan merupakan unsur terpenting, maka mudharabah dalam istilah bahasa inggris disebut trust financing. Pemilik dana yang merupakan investor disebut beneficial ownership atau sleeping partner, dan pengelola dana disebut managing trustee atau labour parner. KARAKTERISTIK AKAD MUDHARABAH Karakteristik akad mudharabah sebagai berikut: Pembagian keuntungan antara pemodal dan pengguna investasi berdasarkan pada proporsi yang telah dibuat bersama dan tidak ada jaminan. Pemodal menanggung risiko sebesar dana yang telah diberikan. Manajer Investasi sebagai wakil pemodal tidak menanggung risiko kerugian kerugian atas investasi yang dilakunnya sepanjang bukan karena kelalainnya. PERLAKUAN AKUNTANSI AKAD MUDHARABAH a. Perlakuan akuntansi untuk akad mudharabah mutlaqah: Investasi tidak terikat dari pihak ketiga diakui pada saat diterima sebesar jumlah uang yang diterima.

Bagi hasil investasi tidak terikat diberikan sesuai nisbah yang disepakati pada awal akad. Investasi tidak terikat dari pihak ketiga disajikan sejumlah nominalnya untuk masingmasing bentuk investasi tidak terikat. Bagi hasil investasi tidak terikat yang sudah diperhitungkan dan telah jatuh tempo tetapi belum diserahkan kepada nasabah disajikan dalam pos kewajiban segera. Bagihasil investasi tidak terikat yang sudah diperhitungakan pada akhir periode tetapi belum jatuh tempo disajikan dalam pos bagi hasil yang belum dibagikan.

b. Perlakuan akuntansi untuk mudharabah muqqayadah: Apabila bank bertindak sebagai chanelling Agent , dana investasi terikat dicatat sebesar jumlah yang diterima dan pelaporan disajikan dalam laporan perubahan investasi terikat dalam catatan atas laporan keuangan. Apabila bank bertindak sebagai Executing Agent, dana investasi terikat dicatat sebesar porsi risiko yang ditanggung oleh Bank dan pelaporan disajikan dalam neraca.