Vous êtes sur la page 1sur 3

Atribut Merk (Brand)

Keterangan Merk adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain atau kombinasinya yang memberikan identitas barang dan membedakan dengan produk pesaing. Bagi konsumen, merk diperlukan sebagai dasar untuk penentuan pilihan, jaminan kualitas dan kepuasan. Sedangkan bagi produsen, merk diperlukan untuk identitas, promosi, membina citra dan mengendalikan pasar.

Kualitas produk

Kemampuan suatu produk untuk melakukan fungsi-fungsinya, apabila produk dapat menjalankan fungsinya dengan baik maka dapat dikatakan produk memiliki kualitas yang baik.

Desain produk

merupakan totalitas keistimewaan yang mempengaruhi penampilan dan fungsi suatu produk dari segi kebutuhan konsumen. Desain atau rancangan yang baik dapat menarik perhatian, mempermudah operasi pemasaran produk, meningkatkan daya penampilan produk, meningkatkan kinerja produk, mengurangi biaya produk dan memberi keunggulan bersaing yang kuat di pasar sasaran.

Pengemas (Packaging) Label Merupakan informasi produsen dan produk yang diproduksi. Terdapat 2 jenis label yaitu : grade label (menunjukan perbedaan kelas, ukuran, dsb) dan informative label (menjelaskan cara pemakaian, komposisi produk, cara pemeliharaan dan penggunaan, dsb). Garansi (Waranty) Adalah jaminan produsen atas produk yang dibuat kepada konsumen. Terdapat 2 jenis garansi yaitu : Implied waranties (kewajaran hak konsumen untuk memnerima barang yang baik, aman, sesuai dengan yang ditawarkan) dan expressed waranties (jaminan kerusakan, kelengkapan, keaslian dan kualitas produk). Produk tambahan (service)

Instrumen Pengukuran

Simulasi Perhitungan pengukuran sikap dengan Skala Likert (Sumated Rating)

Metode Likerrt merupakan metode penskalaan pernyataan sikap dengan menggunakan distribusi respon sebagai dasar penentuan skala serta tidak menggunakan kelo