Vous êtes sur la page 1sur 2

PEMBELAJARAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MENGGUNAKAN MODEL INTEGRASI DISKUSI KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

SISWA DI KELAS XI SMA

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meninjau hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dari ketuntasan belajar siswa dan mengetahui keterlibatan siswa dalam belajar terhadap startegi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang diterapkan. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMAN LANGSA selama 3 bulan terhitung dari Januari-Maret 2011 dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Analisis berupa data kualitatif (hasil observasi kegiatan) dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dianalisis dengan teknik deskriptif persentatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN Langsa berjumlah 40 orang. Hasil penelitian diperoleh: (1) Hasil belajar siswa pada aspek kognitif menunjukkan ketuntasan belajar siswa baik. Siswa yang mencapai tuntas belajar dengan persentase 82,5% (33 orang) dan yang tidak tuntas belajar dengan persentase 17,5% (7 orang). (2) Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menunjukkan bahwa siswa telah mampu melakukan aktivitas diskusi dengan persentase aktivitas siswa pada tiap siklus cenderung mengalami peningkatan.

ii

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkah, rahmat dan hidayah-Nya jualah sehingga penyusunan laporan hasil penelitian ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih sedalam-dalamnya kepada keluarga tercinta yang telah mendorong terselesainya penelitian ini yang selalu menjadi inspirasi dalam dalam hidup. Kepada Kepala SMA Negeri Langsa yang telah memberi izin penelitian dan kepada seluruh teman sejawat yang ada di SMA Langsa yang telah banyak membantu penulis dalam melakukan penelitian ini. Dalam penulisan ini penulis sangat menyadari sepenuhnya bahwa isi tulisan ini masih jauh dari kesempurnaan, baik dalam penggunaan bahasa maupun cara penulisannya. Namun dengan demikian penulis telah berusaha sebatas kemampuan yanga ada. Penulis mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat konstruktif, sebagai pedoman bagi penulisan dalam rangka peningkatan daya nalar dan kreatifitas dimasa yang akan datang.

Langsa, 15 Maret 2011 Penulis

iii