Vous êtes sur la page 1sur 2

KUESIONER PNEUMONI

Tanggal Survei Nomor Responden : A. Data Responden : 1. Nama responden : 2. Alamat responden 3. Usia Ibu 4. Pekerjaan Ibu : :

1. Ibu rumah tangga 2. Petani 3. Buruh 4. Pedagang /Wiraswasta 5. PNS

5. Pendidikan terakhir Ibu :

1. Tidak sekolah / tidak tamat SD

2. Tamat SD 3. Tamat SLTP 4. Tamat SLTA 5. Perguruan Tinggi / Akademi 6. Nama Balita 7. Jenis Kelamin 8. Usia Balita : : : 1. Laki-laki 2. Perempuan : :

B. Pengetahuan Ibu Tentang Penyakit Pneumonia pada Balita

Petunjuk : Berikut ini terdapat pernyataan yang berhubungan dengan pengetahuan ibu tentang penyakit pneumonia pada balita. Beri tanda silang (X) pada (a) bila pernyataan yang tertulis ibu anggap benar dan (b) bila salah. N o 1 PERNYATAAN Pneumonia balita adalah penyakit yang menyerang paru-paru yang ditandai dengan batuk disertai nafas cepat dan atau sesak nafas pada anak umur 0-5 tahun. Penyakit pneumonia pada balita adalah penyakit berbahaya tetapi tidak dapat menimbulkan kematian. JAWABAN a. Benar b. Salah a. Benar b. Salah a. Benar b. Salah a. Benar b. Salah a. Benar b. Salah a. Benar b. Salah a. Benar b. Salah DIISI PETUGAS

2 3 4

6 7

8 9

10

Keadaan gizi anak yang buruk , mempunyai risiko lebih besar untuk terkena pneumonia. Agar anak tidak mudah terserang penyakit, sebaiknya ibu memberikan ASI sampai anak berumur 6 bulan. Menjauhkan anak dari penderita batuk (TBC), merupakan salah satu upaya pencegahan pneumonia pada balita. Penyakit pneumonia pada balita dapat dicegah dengan memberikan imunisasi polio. Membuka jendela setiap hari agar udara dalam ruangan/rumah dapat bertukar, merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit pneumonia pada balita. Penyakit pneumonia pada balita dapat diobati dengan pengobatan tradisional. Apabila anak batuk disertai demam di rumah, sebaiknya dikompres dan diberi obat penurun demam. Anak yang terserang batuk disertai napas cepat/sesak, sebaiknya diperiksakan ke petugas kesehatan.

a. Benar b. Salah a. Benar b. Salah a. Benar b. Salah