Vous êtes sur la page 1sur 10

RESEP GURAME ASAM MANIS

Bahan: 1 ekor (1 kg) ikan gurame, dibersihkan dan buang isi perutnya 2 sendok makan tepung kanji sdt. garam minyak goreng secukupnya Cara Membuat: 1. Lumuri ikan gurame yang sudah dibersihkan dengan campuran tepung kanji dan garam. Masukkan minyak secukupnya ke dalam wajan yang besar supaya seluruh ikan bisa masuk. 2. Kemudian goreng dalam minyak panas yang cukup banyaknya agar ikan tergenang dan tidak lengket di wajan. 3. Angkat ikan apabila warnanya berubah menjadi kekuning-kuningan dan dagingnya sudah matang. Bahan untuk saus: 500 gram tomat merah 150 cc air 1 sdm margarine 3 butir bawang merah, iris tipis 2 siung bawang putih, iris tipis 3 cabe merah, iris tipis memanjang 4 cm jahe, iris tipis memanjang 10 batang lokio 1 sdt garam 1 sdm gula pasir 1 sdm cuka 1 sdm bumbu penyedap 4 sdm saus tomat botol 1 sdt tepung kanji, diaduk dengan sedikit air Cara membuat saus: 1. Seduh tomat dengan air medidih lalu diamkan sampai kulit tomat menjadi lunak. Hancurkan tomat lalu disaring dan buang ampasnya. Campur air tomat dengan 150 cc air. 2. Di dalam wajan panaskan margarine, tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah dan jahe sampai harum lalu masukkan lokio dan air tomat. Masukkan gula, cuka dan bumbu penyedap. Tuangkan saus tomat dan masukkan cairan tepung kanji. Masak sampai mendidih dan

mengental lalu diangkat. 3. Hidangkan ikan gurame goreng dengan menuangkan saus ke atasnya. Resep Gurame Asam Manis (1 porsi, utk 4 orang ) : Bahan : 1 ekor Ikan Gurame 500 Gram,di fillet dan di potong panjang ( kepala dan sisa badan jgn di buang ya) 1 sdk teh air jeruk nipis / lemon 1/2 sdk teh garam 1 siung bawang putih 1/2 sdk teh merica bubuk Minyakutk menggoreng Bahan pelapis : 50 gram tepung terigu 25gram tepung maizena 1/2 sdk teh kaldu ayambubuk 1/4sdk teh merica bubuk Bahan Saus Asam Manis : 1/2 buah bawang bombay,di iris panjang 2 buah bawang putih,di cincang kasar 2 buah cabai merah besar,iris panjang 3 sendok makan saus tomat 4 sendok makan saus cabai 1/2sdk teh garam 1/4 sdk teh merica bubuk 1/2 sdk teh gula pasir 100 gram nanas ,potong2 Ketimun 1 buah,buah biji,potong panjang Wortel,1 buah,potong korek api panjang Daun bawang 1 buah,potong serong 200 ml air 1/2 sdk mkn tepung maizena,larutkan dgn 1 sdk air cuka jika suka, 1/8 sdk teh (aku sich jarang pakai cuka,coz saus tomatnya kan dah asam.) cara Membuat : Lumuri ikan dgn bawng putih halus, garam,merica dan air jeruk,diamkan 15 menit Gulingkan ikan di atas bahan pelapis sambil di tepuk2 dan di angkat2 dgn kedua tangan( biar tepung nempel dgn bagus ),sisa badan ikan juga di lumuri tepung pelapis Goreng dalam minyak yang sudah panas dgn api sedang, Saus: Tumis bawang bombay,bawang putih,cabai kering sampai harum tambahkan saus tomat,saus cabai,garam,merica,gula pasir,aduk rata

Masukkan wortel,tuang air,masak sampai mendidih,terakhir masukan nanas,ketimun,daun bawang,kentalkan dgn tepung maizena.Aduk rata. Tata potongan ikan goreng di atas badan ikan , siram dgn sausnya.Sajikan Met coba..^_^...

Ayam bakar pedas Bahannya:


1 kg ayam. 3 siung bawang merah 3 siung bawang putih 2 butir kemiri 1 ons gula merah 1 sendok makan asam diencerkan dengan setengah gelas air 3 sendok makan minyak goreng Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Kalo buat ayam bakar, ayamnya harus diungkep dulu pakai bumbu ungkep biasa. 2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan garam. Setelah halus masukkan gula merah dan haluskan lagi. 3. Setelah halus masukkan air asam dan minyak goreng. 4. Rendam ikan/ayam dalam bumbu selama 1/2 jam. 5. Setelah itu bakar ikan/ayam tsb sambil dioleskan bumbu sisa rendaman tadi supaya bumbunya tambah meresap.

Ayam Bakar Kecap

Bahan:

Cara Membuat:

1 ekor ayam Mentega untuk memoles Kecap manis secukupnya 1 potong lengkuas, dimemarkan 1 batang serai, dimemarkan 3 lembar daun salam 5 buah cabai merah, dihaluskan

Ayam dibersihkan dan potong menjadi 4 bagian. Semua bumbu dijadikan satu lalu dihaluskan. Dengan air secukupnya, rebus ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan, lengkuas, daun salam dan serai sampai matang dan bumbu merata dan meresap. Lalu bakar ayam dengan bara api sedang sambil dilumuri cabai merah yang sudah dihaluskan, lalu olesi dengan mentega dan kecap manis. Bakar ayam sampai warnanya kecoklatan.

Untuk 3-4 orang.

Bumbu: 2 siung bawang putih 4 butir bawang merah 5 butir kemiri 1 potong (1 cm) kunyit garam secukupnya

RESEP AYAM BAKAR BUMBU KUNING


Bahan: 1 ekor ayam negeri/buras, potong 4 bagian 1 sdm air jeruk nipis 500 ml air kelapa 500 ml air 2 lembar daun salam 2 lembar daun jeruk purut 1 batang serai, ambil bagian yang putih, memarkan Haluskan: 5 siung bawang putih 2 butir bawang merah 2 butir kemiri, sangrai 1 cm kunyit 1 cm jahe sdt merica butiran sdt ketumbar, sangrai

sdt terasi goreng 1 sdt garam Cara membuat: 1. Lumuri potongan ayam dengan air jeruk nipis hingga rata. Diamkan selama 30 menit. 2. Didihkan air, air kelapa, daun salam, daun jeruk, serai, dan bumbu halus. 3. Masukkan potongan ayam. Masak hingga daging ayam lunak. Jika memakai ayam buras tambahkan air panas secukupnya hingga ayam lunak. 4. Setelah air habis, angkat ayam. 5. Siapkan panggangan, olesi minyak sayur. Bakar potongan ayam sambil balik-balik dan olesi bumbu hingga kulitnya kering dan aromanya harum. Angkat. 6. Sajikan hangat dengan lalap sayuran dan sambal.

Ayam Betutu

Bahan: 1 ekor ( 1 kg ) ayam besar 100 gr daun singkong muda, rebus hingga lunak, peras, potong-potong 5 sdm minyak, untuk menumis daun pisang/aluminium foil, untuk pembungkus

Cara Membuat: Tumis bumbu halus sampai harum dan kering. Angkat dan dinginkan. Bagi menjadi dua bagian. Campur satu bagian bumbu dengan daun singkong. Masukkan dalam rongga badan ayam, semat lubangnya dengan tusuk gigi. Lumuri sisa bumbu pada permukaan ayam dan di bawah kulit. Bungkus dengan beberapa lapis daun pisang, ikat erat dengan tali. Panggang dalam oven dengan panas 180C, selama 2-3 jam sampai matang. Angkat, potong-potong dan hidangkan.

Catatan: sebelum dipanggang, bisa juga dikukus lebih

Bumbu yang dihaluskan: 7 buah cabai merah dan 5 rawit 5 buah kemiri, disangrai 10 buah bawang merah 1 sdt terasi 5 buah bawang putih 1 sdm ketumbar, disangrai 1 sdm serai, diiris halus 2 sdt merica bulat 1 sdm lengkuas dicincang sdt pala bubuk 2 sdt kunyit dicincang 4 lembar daun jeruk purut 2 sdt jahe dicincang 2 sdt kencur dicincang garam dan gula menurut selera

dulu 45 menit, kemudian dipanggang selama 1 jam. Betutu adalah masakan kebanggaan masyarakat Bali. Biasanya dibuat dari bebek yang dibungkus daun pisang, lalu dibungkus lagi dengan pelepah pinang sehingga rapat. Bebek ditanam dalam lubang di tanah dan ditutup dengan bara api selama 6-7 jam sampai matang.

Resep Ayam Tangkap

Bahan-bahannya:
1 ekor ayam kampung 1 sendok teh garam

2 lembar daun pandan, iris kasar 30 lembar daun temurai, petik per daun 25 gr bawang merah, iris tipis 500 ml air kelapa sendok teh lada halus 1 sendok makan bawang putih halus minyak goreng

Cara Membuat ayam tangkap:


1. Potong kecil-kecil ayam, rendam dengan air kelapa selama 1 jam. Tambahkan lada, bawang putih, dan garam. Masak sampai bumbu meresap ke dalam ayam. 2. Panaskan minyak, goreng ayam sampai berwarna kuning kecokelatan, sisihkan. 3. Goreng daun pandan, daun temurai, dan bawang merah iris secara terpisah. 4. Sajikan ayam dengan taburan bawang goreng, daun pandan goreng, dan daun temurai goreng. Resep dari: Rumah Makan AcehSeulawah (Ibu Ratna Dwikora), Jl. Bendungan Hilir Raya No. 8 Siapa yang tidak suka dengan ikan? apalagi ikan bakar pedas. Hemm... rasanya nikamat sekali jika setelah dibakar langsung kita makan dengan sepiring nasi panas. Mau mencoba nih.

resep ikan bakar pedas, masakan kita akan memberikan resep

yang oke

Bahan: 2 ekor ikan gurame 2 sdm air asam 1 sdm margarin cair 3 sdm minyak goreng 3 cm kunyit, parut 2 sdm air jeruk nipis 4 siung bawang putih, haluskan 2 sdt ketumbar, tumbuk kasar 1 sdt garam Bumbu Halus: 200 gr cabai merah 3 siung bawang putih 7 bh bawang merah

2 bh tomat, potong-potong 1 sdt gula pasir 1/2 sdt terasi Cara membuat: 1. Bersihkan ikan, buang sisik, insang, dan isi perut, belah punggungnya tapi jangan sampai putus, cuci bersih, tiriskan. 2. Campur kunyit parut, air jeruk nipis, bawang putih, ketumbar, dan garam, lumuri ke seluruh permukaan ikan, diamkan 1/2 jam hingga bumbu meresap. 3. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum lalu tambahkan air asam, masak sampai matang. 4. Panggang ikan di atas bara api sambil dibolak-balik dan diolesi margarin cair dan setengah bagian tumisan bumbu. Sajikan ikan bakar dengan sambal tumis.

Ayam Goreng ala KFC Bahan: 1 ekor ayam negeri, potong 8 ( berat ayam lk. 1 Kg ) 1 sdt garam 1 sdm chicken powder sdt lada halus sdt vetsin Tepung Bumbu: 1 kg tepung terigu protein sedang 2 sdm tepung sagu 6 gr soda kue 1 sdt garam 1 sdt chicken powder 1 sdt lada halus Bumbu Celupan: 1 btr putih telur 1 sdm chicken powder 500 ml air Cara membuatnya: 1. Taruh ayam dalam baskom, taburi bumbunya, sisihkan. Biarkan 15 menit hingga bumbu meresap. 2. Bumbu Celup: kocok putih telur hingga encer dengan garpu atau whisk, beri chicken powder, aduk rata, tuangi air. Sisihkan. 3. Tepung bumbu: campur semua bahan menjadi satu, aduk rata. 4. Penyelesaian: Ambil 1 potong ayam, gulingkan pada tepung bumbu sebentar, lalu celupkan dalam bumbu celupan sebentar saja, angkat dan gulingkan lagi dalam tepung bumbu sambil tepungnya dipadatkan pada ayam. Lakukan untuk semua ayam.

5. Panaskan minyak, goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Sajikan. [Zuhartini] Dari pertanyaan diatas nampaknya email dari Ibu Zuhartini bisa dibilang mendekati pertanyaan yang

Ayam Goreng Kremes


Anak-anakku suka banget ayam goreng kremes ini. Dulu sekali, ketika belum bisa bikin, terpaksa ngantri di rumah makan Nyonya Suharti. Setelah bisa bikin sendiri, berhenti deh kesana. Rasanya sama deh. BAHAN: 1 ekor ayam, potong sesuai selera 300 ml air minyak goreng KREMES: 3 sdm tepung kanji 100 g tepung beras 5 butir bawang merah, haluskan 1/2 sdt garam 150 ml air 2 butir telur BUMBU, dihaluskan: 10 butir kemiri 5 siung bawang putih 1 sdt ketumbar, sangrai 2 sdt garam CARA MEMBUAT:
Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ayam, ungkep hingga ayam empuk. Angkat. Sisihkan bumbu yang melekat pada ayam. Goreng ayam dalam minyak banyak di atas api sedang hingga kuning dan kering. Angkat dan tiriskan. Aduk bumbu ayam bersama bahan-bahan untuk kremes hingga rata. Goreng adonan sesendok demi sesendok dalam minyak banyak hingga mengapung dan kering. Angkat dan tiriskan. Taburkan kremes ke atas ayam. Sajikan panas, dengan lalapan dan sambal bajak.

TIPS & TRIK:

Untuk menggoreng ayam, pastikan minyak panas dulu baru ayam dimasukkan. Hasilnya, ayam akan kering di luar, tapi lembut di dalam. Adonan kremes nyaris cair ya, tidak kental. Benar-benar kayak air yang keruh bertepung, gitu saja. Ketika menggoreng pastikan minyak sudah panas. Kremes jangan terlalu sering dibalik-balik. Untuk mengangkat dan meniriskan kremes, pakai peniris dengan kawat yang rapat. Ayam Kremes Tulang Lunak
Resep dari Olivia Cooking Course - Bekasi

Bahan Ayam : 1 ekor ayam negeri/Kampung Bumbu : Bumbu A - haluskan : 6 siung bawang putih 6 butir bawang merah 4 butir kemiri 8 cm kunyit 1 sdt gula pasir 1/2 sdt merica bubuk 1 sdt vetsin (optional) -- aku pake Knorr Chicken Powder 1 sdt ketumbar 1 sdm garam halus Bumbu B : 3 lbr daun jeruk 2 lbr daun salam 2 ptg serai lengkuas 500 ml - 700 ml air/santan Cara Membuat : Tumis semua bumbu yg telah dihaluskan sampai harum, lalu masukkan ayam dan air/santan..(sampai ayam terendam) masak dengan presto kurang lebih 1 - 1,5 jam (aku pake presto listrik Signora, butuh waktu sekitar 90 menit...hasilnya tulangnya lunak sekali..) setelah matang, angkat lalu goreng sebentar saja..--disarankan saat menggoreng ayam diletakan diatas saringan, spy tidak hancur-Kremesan : Bahan : 300 cc air sisa rebusan ayam 2 sdm tepung sagu tani 2 sdm tepung beras 1 butir kuning telur 1 sdt baking powder Cara : aduk jadi satu sampai rata lalu goreng menjadi kremesan...