Vous êtes sur la page 1sur 7

RPP GAMBAR TEKNIK 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Mata Pelajaran Program Keahlian Kelas / Semester Alokasi Waktu Standar Kompetensi I. : Membaca Gambar Teknik : Mesin Produksi :X/1 : 2 Jam Pelajaran @ 45 Menit : Membaca Gambar Teknik

Kompetensi Dasar Mendeskripsikan gambar teknik Tujuan Pembelajaran Umum (TPU) Setelah proses pembelajaran, peserta diklat memiliki kemampuan belajar tingkat aplikasi dalam Mendeskripsikan gambar teknik dengan cara yang benar sesuai standar ISO.

II.

III. Ciri-Ciri Kemampuan (Indikator) 1. Dapat menjelaskan fungsi gambar teknik. 2. Dapat menyebutkan macam-macam sifat gambar teknik. 3. Dapat memilih peralatan gambar teknik berdasarkan fungsinya. 4. Dapat menentukan peralatan gambar teknik sesuai keperluan. 5. Dapat menggunakan peralatan gambar teknik berdasarkan dengan fungsinya. IV. Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) Setelah mengikuti proses pembelajaran, diharapkan: 1. Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan fungsi gambar teknik dengan benar sesuai standar. 2. Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan macam-macam sifat gambar teknik dengan benar . 3. Dengan memperhatikan gambar macam-macam peralatan gambar teknik serta penjelasan guru, siswa dapat memilih peralatan gambar teknik yang diperlukan dengan cermat . 4. Dengan memperhatikan gambar macam-macam peralatan gambar teknik serta penjelasan guru, siswa dapat menentukan peralatan gambar teknik sesuai keperluan. 5. Dengan memperhatikan gambar macam-macam peralatan gambar teknik serta penjelasan guru, siswa dapat menggunakan peralatan gambar teknik sesuai dengan fungsinya.

V. Materi Pembelajaran 1. Pengenalan fungsi gambar teknik. Gambar teknik sebagai suatu bahasa teknik mempunyai tiga fungsi utama, yaitu : 1) Menyampaikan informasi Pada permulaan industri, perencanaan dan pembuatan benda-benda teknik dilakukan oleh orang yang sama. Sebelum benda dibuat, dirancang dulu dalam bentuk gambar dalam hal ini gambar hanya berarti sebagai alat berfikir atau sebagai konsep dari gagasan sipembuat. Setelah industri semakin berkembang, perencana dan pembuat tidak lagi merupakan satu orang yang sama tetapi menjadi dua pihak yang berbeda. Mungkin saja berbeda perusahaan atau berbeda negara. Dalam hal ini gambar berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan informasi dari pihak perencana atau perancang kepada pihak pembuat (operator). 2) Bahan dokumentasi, pengawetan, dan penyimpanan Gambar teknik merupakan dokumen yang sangat penting dalam suatu perusahaan industri, dimana data teknis mengenai suatu produk tercantum secara padat disana. Dengan demikian gambar berfungsi sebagai bahan dokumentasi. Mendokumentasikan gambar berarti pula mengawetkan dan menyimpan gambar itu untuk dipergunakan sebagai bahan informasi bagi rencana-rencana baru dikemudian hari. 3) Menuangkan gagasan untuk pengembangan Gagasan seorang perancang untuk membuat benda-benda teknik mula-mula berupa konsep abstrak dalam pikirannya. Konsep abstrak itu kemudian dituangkan kedalam bentuk gambar(berupa sketsa). Dalam hal ini gambar berfungsi untuk menuangkan gagasan perancang dari konsep abstraknya. Bagi perancang sendiri gambar tersebut sekaligus berfungsi meningkatkan daya pikirnya untuk pengembangan gagasan lebih lanjut. Kemudian gambar itu dianalisa dan dievaluasi. Proses ini diulang-ulang sehingga dapat diperoleh gambar yang sempurna. 2. Pengenalan sifat gambar teknik. Penyampaian informasi dengan menggunakan gambar teknik harus bisa dimengerti oleh orang yang ditujukan, untuk itu gambar teknik harus bersifat: - Mudah Gambar teknik harus mudah dipahami dengan menggunakan simbol-simbol yang mudah dimengerti. - Standar Gambar teknik harus mengikuti standar yang ditetapkan atau disepakati secara luas, misalnya standar ISO. - Seragam Untuk menghindari kesalahpahama dalam membaca gambar teknik, maka dalam menggunakan standar gambar haruslah seragam. - Ringkas Gambar teknik harus dibuat seringkas mungkin, agar tidak terjadi penyampaian yang berulangulang - Bisa disimpan Untuk keperluan arsip dan pengembangan lebih lanjut maka gambar teknik harus bisa disimpan. - Bisa digandakan

Gambar teknik harus bisa diperbanyak, misalnya pemindahan ke kertas kalkir dan lain-lain - Estetik Seni tata letak gambar didalam kertas gambar harus ditata sedemikian rupa supaya memberikan kenyamanan kepada yang membacanya. 3. Pengenalan macam-macam peralatan gambar teknik - Kertas Gambar - Pensil Gambar - Pena Gambar Teknik - Jangka - Sepasang Segi Tiga - Meja Gambar - Mesin Gambar - Mal, sablon dan alat bantu pelengkungan - Karet penghapus 4. Penggunaan peralatan gambar teknik. Gambar-gambar komponen permesinan atau otomotif dapat diproduksi secara manual atau dengan autocad pada komputer. Untuk gambar yang diproduksi dengan autecad pada komputer tidak merlukan peralatan gambar manual. Jika gambar dibuat secara manual (digambar tangan) diperlukan pera(atan gambar berupa pensil rapido, penggaris segitiga, penggaris T/mistar panjang, busur derajat, mal bentuk, mal lengkung, mistar skala, penghapus, pelindung penghapus , pita gambar, alas gambar, kotak jangka, meja/papan gambar, mesin gambar; dan kertas gambar. Macam-macam alat gambar clan bahan gambar tersebut di atas harus digunakan sesuai kegunaannya untuk mencapai hasil gambar yang maksimal. VI. Metode Pembelajaran 1. Metode ceramah 2. Metode diskusi 3. Tanya jawab IV. Langkah-langkah Pembelajaran PEMBUKA PELAJARAN Menyapa para siswa. Berdoa bersama-sama. Memeriksa kehadiran/ presensi para siswa. Apersepsi berupa tanya jawab mengenai pemahaman materi minggu yang lalu. Pengkondisian suasana belajar yang kondusif melalui pengembangan wawasan para siswa dengan cara memotivasi yang ada hubungannya dengan materi yang akan diajarkan. KEGIATAN INTI Dengan arahan guru, siswa ditanya mengenai fungsi dan sifat gambar teknik. Dengan arahan guru, siswa dapat menjelaskan macam-macam peralatan gambar teknik. Guru memberikan penjelasan yang mengarahkan siswa untuk menggunakan peralatan gambar teknik. Guru memperlihatkan contoh gambar macam-macam peralatan gambar teknik.

a. b. c. d. e.

a. b. c. d.

Pengembangan 1: Metode: Ekspositori dan Tanya Jawab

a. Guru memberikan tes pengetahuan dan pemahaman para siswa mengenai materi pelajaran yang diberikan, yakni dengan bertanya pada siswa mengenai fungsi dan sifat gambar teknik.
Pengembangan 2: Metode: Tes/ Penugasan Individual Penugasan Gambar Kerja (Praktikum)

a. Peserta didik mengerjakan tugas praktikum gambar macam-macam Garis, Huruf dan Angka pada gambar teknik. PENUTUP PELAJARAN a. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada para siswa tentang materi yang belum dimengerti. b. Guru memberikan tugas individu sebagai bahan praktikum gambar teknik. c. Guru menginformasikan materi untuk pertemuan yang selanjutnya. Berdoa penutup pelajaran V. Alat / Media dan Sumber Belajar A. Alat / Media : Gambar kerja B. Sumber : - Menggambar mesin (Takeshi Sato; Sugiarto Hartanto:2003) - Menggambar teknik mesin (Ohan Juhana; M.Suratman:2000) - Menggambar Teknik Mesin SMK bidang Keahlian Teknik Mesin tingkat 2 (Eka Jogaswara penerbit Armico-Bandung) VI. Penilaian Evaluasi Sumatif

Katapang, Juli 2011 Guru Program Diklat

R. Maulana Irdam, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

1. 2. 3. 4. 5.

Mata Pelajaran : Menginterprestasikan sketsa Kelas / Semester :X/1 Pertemuan :1-5 Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran @ 45 Menit Standar Kompetensi : Menginterprestasikan sketsa Kode Standar Kompetensi : KK 006 Kompetensi Dasar : Menyiapkan sketsa tangan Indikator : Dapat menjelaskan fungsi dari sketsa gambar Dapat menyebutkan macam-macam alat gambar Dapat menyebutkan dan menggambar macam-macam garis berdasarkan fungsinya. Dapat menggambar huruf dan angka dengan teknik yang benar sesuai standar. Dapat menggambar etiket gambar dengan teknik yang benar sesuai standar.

I.

Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti proses pembelajaran, diharapkan: 1. Dengan memperhatikan arahan guru siswa dapat menjelaskan fungsi dari sketsa tangan. 2. Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan macam-macam alat gambar. 3. Dengan memperhatikan gambar macam-macam garis serta penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan macam-macam garis sesuai standar, serta dapat menggambar macammacam garis gambar dengan teknik yang benar. 4. Dengan memperhatikan gambar macam-macam jenis huruf dan angka serta penjelasan guru, siswa dapat menggambar huruf dan angka dengan teknik yang benar sesuai standar. 5. Dengan memperhatikan garis gambar, macam-macam jenis huruf dan angka serta penjelasan guru, siswa dapat menggambar etiket gambar dengan teknik yang benar sesuai standar. Materi Pembelajaran 1. Fungsi sketsa gambar 2. Macam-macam alat gambar 3. Pengenalan macam-macam garis serta membuat macam-macam garis sesuai standar. 4. Membuat huruf dan angka sesuai standar . 5. Membuat Etiket Gambar.

II.

III. Metode Pembelajaran 1. Metode ceramah 2. Metode diskusi 3. Demonstrasi

a. b. c. d. e.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran PEMBUKA PELAJARAN Menyapa para siswa. Berdoa bersama-sama. Memeriksa kehadiran/ presensi para siswa. Apersepsi berupa tanya jawab mengenai pemahaman materi minggu yang lalu. Pengkondisian suasana belajar yang kondusif melalui pengembangan wawasan para siswa dengan cara memotivasi yang ada hubungannya dengan materi yang akan diajarkan. KEGIATAN INTI Guru menerangkan pengertian sketsa gambar, dengan memperhatikan keterangan guru siswa diminta untuk menjelaskan fungs dari sketsa gambar teknik. Guru memperlihatkan macam-macam alat ga,bar teknik, dengan memperhatikan bentuk dan fungsinya siswa diminta untuk menyebutkan macam-macam alat gambar. Guru memperlihatkan macam-macam garis gambar. Guru mengarahkan siswa untuk memperhatikan perbedaan bentuk serta ketebalan setiap garis. Dengan memperhatikan bentuk dan ketebakan garis siswa diminta untuk menjelaskan macam-macam garis gambar.Kemudian guru mendemonstrasikan cara membuat garis, lalu siswa diminta untuk membuat macam-macam garis. Guru menerangkan cara mebuat huruf dan angka standar ISO. Kemudian guru mendemonstrasikan cara membuat huruf ISO. Dengan memperhatikan demonstrasi guru, siswa diminta untuk menjelaskan mengenai cara membuat huruf dan angka standar ISO. Guru memberikan penjelasan yang mengarahkan siswa untuk membuat etiket gambar yang benar.

a. b. c.

d.

e.

Pengembangan 1: Metode: Ekspositori dan Tanya Jawab a. Guru memberikan tes pengetahuan dan pemahaman para siswa mengenai materi pelajaran yang diberikan. Pengembangan 2: Metode: Tes/ Penugasan Individual Penugasan Gambar Kerja (Praktikum) Peserta didik mengerjakan tugas praktikum gambar huruf dan angka. Peserta didik mengerjakan tugas praktikum gambar macam-macam garis. Peserta didik mengerjakan tugas praktikum etiket gambar.

1. 2. 3.

PENUTUP PELAJARAN a. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada para siswa tentang materi yang belum dimengerti. b. Guru memberikan tugas individu sebagai bahan praktikum gambar teknik. c. Guru menginformasikan materi untuk pertemuan yang selanjutnya.

Berdoa penutup pelajaran V. Bahan / Sumber Belajar : - Menggambar mesin (Takeshi Sato; Sugiarto Hartanto:2003) - Menggambar teknik mesin (Ohan Juhana; M.Suratman:2000) - Menggambar Teknik Mesin SMK bidang Keahlian Teknik Mesin (Eka Jogaswara penerbit ArmicoBandung) VI. Alat / Media dan Sumber Belajar A. Alat / Media : Gambar kerja Pensil Gambar Sepasang Penggaris segi tiga Penghapus Kertas Gambar A4 VII. Penilaian Evaluasi Sumatif Tugas Gambar Katapang, Agustus2009 Guru Program Diklat

R. Maulana Irdam, S.Pd