Vous êtes sur la page 1sur 14
Flu Burung Sejarah Kampung Coklat Berawal saat peternakan ayam petelur milik Bapak Kholid Mustofa (Pimpinan Kampung
Flu Burung Sejarah Kampung Coklat Berawal saat peternakan ayam petelur milik Bapak Kholid Mustofa (Pimpinan Kampung

Flu Burung

Sejarah Kampung Coklat

Berawal saat peternakan ayam petelur milik Bapak Kholid Mustofa (Pimpinan Kampung Coklat)

mengalami kerugian besar akibat terjangkit virus Flu Burung pada tahun 2004.

Inspirasi Kebun Kakao

Kebun seluas 750m2 milik keluarga yang sudah ditanami Kakao sejak tahun 2000 menjadi

inspirasi awal. Ketiadaan pekerjaan dan tuntutan ekonomi mengantar Bapak Kholid Mustofa lebih fokus di kebun kakau tersebut.

Kakao Rp. 9.000,-/KG

HAsil panen Kakao pertama dijual ke Sumberpucung dengan harga Rp. 9.000,- / KG. Harga

tersebut menjadi motivasi, beliau berfikir; “Yang tidak dirawat saja bisa laku segitu apalagi jika dirawat”, Akhirnya beliau memutuskan untuk mendalami budidaya kakao dengan magang di

PTPN XII Blitar dan Puslit Kota Jember.

Gapoktan Guyub Santoso

Setelah mengikuti magang di PTPN XII Blitar dan Puslit Kota Jember, akhirnya beliau menekuni

budidaya kakao dengan mengajak beberapa rekan yang kemudian membentuk Gapoktan Guyub Santoso.

Gapoktan Guyub Santoso berdiri sejak 1 Januari 2005. Pada perkembangannya Gapoktan Guyub Santoso membentuk badan hukum UD, CV dan KSU yang kesemuanya bernama Guyub Santoso dan bergerak di bidang pemasaran biji Kakao baik di pasar regional, nasional maupun ekspor.

Olahan

Gapoktan Guyub Santoso melakukan pengembangan dengan memulai memproduksi olahan coklat sejak tahun 2013. Coklat dengan cita rasa original ber-merk GuSant menjadi produk unggulan Guyub Santoso.

Profile Kampung Coklat

tersebut menjadi motivasi, beliau berfikir; “Yang tidak dirawat saja bisa laku segitu apalagi jika dirawat”, Akhirnya

Berdiri

1 Januari 2005 (Gapoktan Guyup Santoso) 17 Agustus 2014 (Kampung Coklat)

Lembaga

KSU Guyub Santoso, CV Guyub Santoso dan UD Guyub Santoso

Jaringan 48 Kelompok Tani Kakao (se-Kab. Blitar) Gapoktan Kakao Se-Jawa Timur Prinsip

Sukses Petani, Sukses Gapoktan, Masyarakat Sejahtera

Kultur

Kampung Coklat adalah wisata edukatif yang mengedepankan kemanfaatan pada masyarakat sekitar.

Jaringan 48 Kelompok Tani Kakao (se-Kab. Blitar) – Gapoktan Kakao Se-Jawa Timur Prinsip Sukses Petani, Sukses03/04/2016 admin Criollo Adalah Tempat Yang Nyaman, Bertexture Kayu, Tema Sederhana Dan Simpel, Bukan Hanya Itu Saja, Suasana Sekitar Yang Masih Hijau Akan Senantiasa Membuat Acara Anda Tampak Natural Berikut Penampakan Dari Criollo " id="pdf-obj-2-14" src="pdf-obj-2-14.jpg">

Sewa Tempat (Criollo)

Criollo Adalah Tempat Yang Nyaman, Bertexture Kayu, Tema Sederhana Dan Simpel, Bukan Hanya Itu Saja, Suasana Sekitar Yang Masih Hijau Akan Senantiasa Membuat Acara Anda Tampak Natural

Berikut Penampakan Dari Criollo

Contact & Find Us

Dalam memberikan peningkatan dalam pelayanan di Wisata Edukasi Kampung Coklat, kami telah mempersiapkan beberapa nomor telefon dan email yang dapat Anda hubungi.

Phone:

Reservasi: 08-222-056-7818 Pesan Online : 08-222-777-4838

Email:

kampungcoklatbltr@gmail.com

Alamat kami : Jl. Banteng Blorok No. 18 RT. 01 / RW. 06, Desa Plosorejo, Kademangan, Blitar, Jawa Timur 66161, Indonesia

Contact & Find Us Dalam memberikan peningkatan dalam pelayanan di Wisata Edukasi Kampung Coklat , kami
Kini Kampung Coklat Menyediakan Hall untuk Pertemuan besar, Weding, Reuni, ataupun Haul. Forestero Hall ini Mampu
Kini Kampung Coklat Menyediakan Hall untuk Pertemuan besar, Weding, Reuni, ataupun Haul. Forestero Hall ini Mampu
Kini Kampung Coklat Menyediakan Hall untuk Pertemuan besar, Weding, Reuni, ataupun Haul. Forestero Hall ini Mampu

Kini Kampung Coklat Menyediakan Hall untuk Pertemuan besar, Weding, Reuni, ataupun Haul.

Forestero Hall ini Mampu menampung 1500 orang. Bagi yang ingin mengadakan acara besar atau semacamnya, Forastero Hall Kampung Coklat solusinya

Nama makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi kita dengar dan tidak perlu ditanyakan lagi.
Nama makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi kita dengar dan tidak perlu ditanyakan lagi.

Nama makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi kita dengar dan tidak perlu ditanyakan lagi. Bahan baku coklat ini bisa juga dijadikan sebagai minuman yang digemari masyarakat sehingga dimanfaatkan sebagian orang untuk membuka usaha baru yang cukup menguntungkan.

Sebagian besar masyarakat menyukai makanan ini. Semua kalangan dari anak-anak, anak remaja, orang dewasa bahkan sampai orang tua sekalipun menyukainya baik laki-laki maupun perempuan. Untuk menjalakan peluang bisnis ini tidaklah sulit, yang dipersiapkan adalah modal. Secara garis besar, proses produksi coklat ini sangatlah mudah. Hanya membeli coklat berbagai macam varian seperti dark chocolate, white chocolate, milk chocolate dan menyediakan cetakan yang unik ataupun sesuatu yang membuat coklat tersebut tampak lebih menarik. Berikut ini analisis lingkungan yang mempengaruhi usaha tersebut :

*Internal environment : pengendalian ada ditangan produsen dan konsumen tidak bisa ikut campur. Contohnya : produk coklat yang kita jual terserah produsen mau produksi berapa dalam sehari. *Task environment : pengendalian ada ditangan produsen dan konsumen. Contohnya : produk coklat yang kita buat kan bisa dipesan sesuai konsumen pesan. Nah kita sudah membuat seperti yang konsumen mau tetapi ternyata konsumen tidak menyukai hasilnya. Konsumen tersebut harus tetap membayar karena kita sudah membuat apa yang konsumen mau. *Societal environment : Lingkungan perusahaan yang sepenuhnya tidak punya kendali atau tidak punya kepentingan tetapi perusahaan mendapatkan dampaknya secara langsung. Contohnya : harga bahan baku yang kita gunakan untuk membuat coklat tentu tidak bisa diganti dengan yang lain. Jika bahan tersebut naik dipasaran, kita tidak bisa merubah itu bahkan kita terkena dampak karena bahan baku tersebut naik. Berikut ini analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) :

*Strength (kekuatan) : potensi yang perlu ditonjolkan dan dijadikan modal guna mencapai suatu keberhasilan. Contohnya :

-Sebagian besar orang Indonesia menyukai coklat. -Produk yang kita jual enak dan aman untuk dikonsumsi. -Pelayanan ditempat kita sungguh memuaskan. -Produk coklat yang kita jual memiliki kualitas di atas rata-rata dari produk sejenis dan harga yang dikeluarkan pun relatif terjangkau oleh masyarakat menengah apalagi anak-anak yang gemar memakan coklat ini. -Produk coklat yang kita jual mempunyai varian atau isi yang berbeda seperti isi selai blueberry, oreo ataupun keju, bisa disesuaikan dengan pesanan. -Produk coklat yang kita jual bisa dipesan huruf tertentu jikalau konsumen ingin memberikan hadiah ke pasangannya seperti kata “i love you” ataupun “happy valentine” *Weakness (kelemahan) : kondisi kelemahan yang terdapat dalam suatu organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. Contohnya :

-Produk coklat ini mudah rusak atau meleleh jika terkena sinar matahari dan bisa diatasi dengan segera meletakkan coklat di kulkas atau pendingin dengan segera agar coklat membeku kembali dan hiasan coklatnya tidak hancur. -Coklat bisa membuat berat badan seseorang bertambah. -Banyak mengkonsumsi coklat juga tidak baik untuk perkembangan otak. *Opportunities (peluang atau kesempatan) : kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri. misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan sekitar. Contohnya :

-Produk coklat yang kita buat ini bisa dijadikan sebagai kado atau souvenir untuk orang tersayang seperti dihari-hari spesial dan menawarakan box cantik dengan hiasan pita. -Produk coklat yang kita buat tidak hanya berbentuk huruf, ada juga yang menggunakan tangkai seperti permen coklat. -Produk ini semakin hari semakin banyak penggemar alhasil kita meningkatkan produksi coklat untuk menambah keuntungan. -Produk ini dipasarkan ditoko-toko kue, bahkan jika ada pameran coklat kita pun ikut membuka stand untuk memperkenalkan coklat kita kepada masyarakat yang gemar coklat. Jika hasilnya memuaskan, kita juga bisa mengekspor coklat ke negeri tetangga. *Threats (ancaman) : adanya pesaing baru yang bergerak dalam bisnis yang sama dan menyebabkan ancaman bagi usaha kita. Munculnya masalah kegemukan dan merupakan salah satu faktor risiko berbagai penyakit degeneratif. Ancaman pesaing baru yang masuk bisa diantisipasi dengan beberapa langkah. Contohnya :

-Memberi inovasi di produk coklatnya dengan berbagai model cetakan dan varian. -Meningkatan mutu produk. -Meningkatkan metode pemasaran yang lebih baik lagi. Disusun oleh :

Terlepas dari &er&agai dampak p#siti3 "ang di&a!a dari pendirian !isata edukasik amp u n g

# k l a t

meman g men u r u t

p i h ak

man a j emen s amp a i

s a a t

i ni

&e l um

-Produk coklat yang kita buat ini bisa dijadikan sebagai kado atau souvenir untuk orang tersayang seperti
-Produk coklat yang kita buat ini bisa dijadikan sebagai kado atau souvenir untuk orang tersayang seperti

t e r d ap a t dampak negati7e "ang dimun ulkan dari pendirian kampung #klat ini)
al ini tidak men gh e r an k an men gi n g a t d a l am k egit an !is a t a d i k amp u n g # k l a t "a n g me li p u tim pem&udida"aan sampai peng#lahan &uah kaka# menjadi #klat memang tidak ada &ahan"ang tidak &isa diman3aatkan) +ahkan seperti kulit kaka# atau kulit &iji kaka# dalam!isata edukasi kampung #klat semua diman3aatkan dengan &aik) Misaln"a seperti kulit &iji kaka# dijadikan makan ternak sedangkan kulit kaka#n"a di&uat menjadi kerajinan) %a

-Produk coklat yang kita buat ini bisa dijadikan sebagai kado atau souvenir untuk orang tersayang seperti
-Produk coklat yang kita buat ini bisa dijadikan sebagai kado atau souvenir untuk orang tersayang seperti
-Produk coklat yang kita buat ini bisa dijadikan sebagai kado atau souvenir untuk orang tersayang seperti

mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung

mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung
mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung

#klat(

tetap saja dampak negati7e "ang akan dialami dengan penam&ahan jumlah !isata!an di Ka& +litar harusse&isa mungkin di egah) Dengan adan"a penam&ahan jumlah !isata!an "ang datang keKa& &litar ini se ara #t#matis akan menam&ah jumlah manusia "ang ada di Ka& &litar dan sesuai dengan asumsi &ah!a penam&ahan jumlah penduduk pada suatu daerah makaakan meningklatkan jumlah k#nsumsi pada Ka&upaten +litar) Dengan ada"a ken"ataanmen i n gk a t n "a k # n s umsi p ad a s u a t u d a e r ah mak a j u ga ak an men i n g k a t k an j uml ah sampah se&agai sisa dari k#nsumsi pada Ka&upaten +litar) Gam&aran masalah ini sesuaid en g an ap a "a n g d i a s umsi k an a l am Un d an g Un d an g , ep u&li k - n d # n e si a %#m# r 1CTahun 200C tentang *engel#laan Sampah) Dari masalah ini( !alaupun

mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung

dampakn"a &elumdirasakan tetap saja akan le&ih &aik jika hal terse&ut &elum terjadi tetap saja pemerintah( pihak pengel#la !isata dan mas"arakat men arikan alternati7e pen"elesaian "angmu ngkin akan terjadi dengan mem&angun s"stem pengel#laan sampah "ang &aik)

mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung

&E'U-U&Kesimpulan

9isata :dukasi Kampung ;#klat merupakan salah satu !isata &aru "ang ada di+litar dimana !isata ini terletak di Ke amatan Kademangan Ka&upaten +litar dan &arudi#perasi#nalkan tahun 2018) Suatu pendirian pari!isata se ara langsung maupan tidak langsung pasti akan mem&erikan dampak &agi &er&agai aspek pada suatu daerah( &aik itudampak p#siti3 ataupaun negati7e) al ini juga &erlaku pada pendirian 9isata :dukasiKampung ;#klat( dimana sejak a!al &erdirin"a kampung #klat pada tahun 2018 sudahmampu mem&uat tingkat ek#n#mi di Ka&upaten +litar meningkat pesat

mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung
mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung
mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung
mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung

padahal padatahun se&elumn"a "aitu tahun 201. sempat menurun) *eningkatan ini ada kaitann"a

10

mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung
mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung

d en gan p e n d iri an k amp u n g # k l a t k a r en a d a ri d a t a ak i p Ka&) +lit a r me nunj u k k an peningkatan ek#n#mi di Ka&upaten +litar dikarenakan peningkatan jumlah !isata! anhingga tiga persen pada tahun 2018 dan se&agian &an"ak disum&angkan dari

!isata!ank a m p u n g

mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung

# k l a t

" a n g

s e t i a p

h a r i n " a

mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung

m e n

a p a i

1000

p e n g u n j

u n g p a d a h a r i & i a s a menurut pihak manajemen kampung #klat) Dengan k#ndisi

peningkatan !isata!an inimaka di Ka&upaten +litar telah terjadi p#la pem&entukan *AD dari "ang a!aln"a &an"ak disum&angkan #leh sekt#r pertanian kini menjadi paling &an"ak disum&angkan #lehsekt#r perdagangan( h#tel dan resr#tan) al terse&ut &aik untuk suatu daerah mengingatsalah satu indi at#r suatu daerah telah maju adalah

mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung
mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung

saat *AD sudah tidak han"a dit#pangd a ri s ek t # r

p rime r "an g

&e r gan t u n g

p ad a

a l am n amu n s u d ah &e r ge s e r d it # p an g # l eh sekt#r pendukung seperti sekt#r perdagangan( h#tel rest#ran)Dengan adan"a ken"ataan &ah!a pendirian Kampung ;#klat telah menunjukkandampak p#siti3 &agi Ka&upaten +litar maka untuk &isa mempertahankan pengaruh p#siti3 terse&ut maka dapat dilakukan dengan terus mem&erikan hal &aru pada #&jek di dalamkampung #klat serta meningkatkan pem&angunan in3rastruktur se&agai penujang tempat!isata edukasi kampung #klat) Selain itu !alaupun saat ini kampung #klat &elumm e n u n j u k k a n d a m p a k n e g a t i 7 e & a g i l i n g k u n g a n m a u p u n m a s "

mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung
mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung
mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung
mun terlepas dari &agusn"a pengel#laan "ang dilakukan #leh kampung #klat dalammemaksimalkan &ahan unggulan !isata edukasi kampung

a r a k a t t e t a p s a j a pemerintah( pihak pengel#la dan mas"arakat sekitar harus tetap !aspada

dan &erusahamelakukan tindakan pen
#klat)

  • egahan dampak negati7e terhadap &erdirn"a kampung

Da.tar &ustaka

11

  • ikri( Ste33i) 2012)

Analisis Kelayakan

a r a k a t t e t a p s a j a pemerintah(http$//!!!)kampung #klat) #m/ s ejarah kampung #klatA n # n i m ) # n l i n e 2 0 1 6 ) D a r i A " a m K a m p u n g j a d i nd#nesia)net/dari a"am jadi K a m p u n g ; # k l a t # n l i n e ) http$//!!!) jurnali kampung #klat/ " id="pdf-obj-13-20" src="pdf-obj-13-20.jpg">

sa!a "isata A#ro $ambi Ke%amatan Ke&a&ar Kabupaten "onosobo

) Departemen Agri&isnis +#g#r S u l a k s m i (

akultas :k#n#mi dan Manajemen-nstitut *ertanian

,

i

t a )

200

)
)

A n a l i s a

'ampak Pariwisata ter!a(ap Pen(apatan (an Kese&a!teraan )asyarakat Sekitar Kawasan $aman "isata Alam Laut Pulau"e! Kota Saban#.

a r a k a t t e t a p s a j a pemerintah(http$//!!!)kampung #klat) #m/ s ejarah kampung #klatA n # n i m ) # n l i n e 2 0 1 6 ) D a r i A " a m K a m p u n g j a d i nd#nesia)net/dari a"am jadi K a m p u n g ; # k l a t # n l i n e ) http$//!!!) jurnali kampung #klat/ " id="pdf-obj-13-42" src="pdf-obj-13-42.jpg">

Sek#lah *aska Sarjana) -nstritut *ertanian +#g#r ap#ran Akunta&ilitas Kinerja - nstansi *emerintah Tahun Anggaran 2018 *emerintahKa&upaten +litar An#nim)

2015) Ka&upaten

+litar dalam Angka 2015) +adan *usat Statistik

Ka&upaten+litar A n # n i m ) 2 0 1 8 ) S e j a r a h K a m p u n g ; # k l a t

Ka&upaten+litar A n # n i m ) 2 0 1 8 ) S e jhttp$//!!!)kampung #klat) #m/ s ejarah kampung #klatA n # n i m ) " id="pdf-obj-13-53" src="pdf-obj-13-53.jpg">
Ka&upaten+litar A n # n i m ) 2 0 1 8 ) S e jhttp$//!!!)kampung #klat) #m/ s ejarah kampung #klatA n # n i m ) " id="pdf-obj-13-58" src="pdf-obj-13-58.jpg">
Ka&upaten+litar A n # n i m ) 2 0 1 8 ) S e jhttp$//!!!)kampung #klat) #m/ s ejarah kampung #klatA n # n i m ) " id="pdf-obj-13-62" src="pdf-obj-13-62.jpg">

#m/sejarah

Ka&upaten+litar A n # n i m ) 2 0 1 8 ) S e jhttp$//!!!)kampung #klat) #m/ s ejarah kampung #klatA n # n i m ) " id="pdf-obj-13-68" src="pdf-obj-13-68.jpg">

kampung

#klatA n # n i m )

# n l i n e 2 0 1 6 ) D a

# n l i n e

2 0 1 6 ) D a

r i

A " a m

K a m p u n g

j a d i

nd#nesia)net/dari

r i A " a m K a m p u n g j a d

a"am

r i A " a m K a m p u n g j a d

jadi

r i A " a m K a m p u n g j a d

K a m p u n g

K a m p u n g ; # k l a t # n l

; # k l a t

K a m p u n g ; # k l a t # n l

# n l i n e ) http$//!!!) jurnali

kampung

K a m p u n g ; # k l a t # n l

#klat/