Vous êtes sur la page 1sur 19

APLIKASI LAPORAN KEUANGAN BERBASIS WEB UNTUK KELURAHAN DUKUH

Wina Setiawati1 Dr. Ravi Ahmad Salim2


1, 2

Universitas Gunadarma

Jl. Margonda Raya 100 Pondok Cina Depok 16424


1 2

wichasan@yahoo.com

ravi@staff.gunadarma.ac.id

ABSTRAK

Alasan penulis membuat aplikasi ini adalah agar cara pembuatan laporan keuangan pada kelurahan yang masih manual dapat menjadi terkomputerisasi, memudahkan dalam pengerjaanya dan menjadi efektif dan efisien. Penulis melakukan analisa dari jalannya pembuatan laporan keuangan yang sedang berjalan. Aplikasi ini dibuat dengan Berbasis Web agar mudah di akses dan dapat digunakan secara bersama-sama. Pembuatan Aplikasi Berbasis Web ini

menggunakan DFD sebagai pengembangan dari alur jalannya aplikasi, rancangan database yang digambarkan menggunakan ERD, serta

Dreamweaver sebagai editor, PHP dan MySql sebagai alat bantu software, serta menggunakan metode ajax agar tampilan lebih sederhana dan efektif.

Kata Kunci : Aplikasi, Laporan Keuangan, Berbasis Web.

PENDAHULUAN

DKI Jakarta adalah salah satu propinsi yang terdapat di Indonesia, didalam propinsi tersebut ada banyak instansi pemerintahan daerah atau SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) diantaranya adalah Kelurahan. Dimana agar pelayanan terhadap masyarakat dapat berjalan dengan baik maka setiap Kelurahan mempunyai anggaran keuangan setiap tahunnya. Dan untuk mempertanggung jawabkan pelaksanaan anggaran maka wajib bagi Kelurahan untuk membuat laporan keuangan, sesuai dengan pencapaian realisasi anggaran yang telah terlaksanakan maupun yang tidak dapat dilaksanakan. Sampai saat ini masih banyak Kelurahan yang membuat laporan keuangan secara manual, diantaranya adalah Kelurahan Dukuh. Dimana dalam membuat suatu laporan keuangan secara manual masih banyak menyebabkan kesalahan yang dibuat sehingga laporan tersebut tidak menjadi akurat dan dapat dipercaya. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan kecepatan perubahan informasi maka penulis ingin membuat Aplikasi Laporan Keuangan Berbasis Web Untuk Kelurahan Dukuh, agar dapat mempermudah dan melancarkan pembuatan laporan keuangan untuk kelurahan, serta dapat memberikan informasi yang akurat bagi Kelurahan maupun instansi yang terkait. Untuk dapat menjadikan pembuatan laporan keuangan secara efektif dan efisien maka aplikasi ini pun dibuat agar berpenampilan semenarik mungkin dan sangat mudah dalam penggunaanya.

TINJAUAN PUSTAKA
Secara garis besar teori dasar atau jalannya proses dalam pembuatan laporan keuangan adalah sebagai berikut : Sebelum membuat laporan keuangan diharuskan terlebih dahulu ada data dasar yang digunakan sebagai acuan atau petunjuk dalam pelaksanaan anggaran yang dilakukan oleh SKPD. Data dasar yang dimaksud adalah DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran). DPA

digunakan sebagai acuan untuk membuat laporan. Sebelum terbentuknya laporan maka yang harus dikerjakan terlebih dahulu adalah menginput data di BKU (Buku Kas Umum) atau MK 10. BKU digunakan untuk mencatat kegiatan apa saja yang telah dilaksanakan dalam pelaksanaan anggaran. Penginputan BKU tersebut di kerjakan setiap bulan selama 1 tahun dalam pelaksanaan anggaran pertahunnya. Setelah BKU selesai di buat maka data-data tersebut diproses sehingga terbentuk laporan-laporan yang menerangkan tentang perhitungan yang meliputi penerimaan dan pengeluaran apa saja yang telah dilaksanakan dalam melaksanakan kegiatan, serta penghitungan pajak.
Untuk perancangan dan pembuatan aplikasi berbasis web ini, beberapa urutan pengerjaannya yakni : 1. Perancangan sistem secara keseluruhan dengan alat perancangan Data Flow Diagram (DFD). Diagram Konteks

Dt. Pengunjung Operator

Aplikasi Laporan Keuangan Kelurahan Dukuh

Dt. Ubah Admin Dt. Anggaran

Dt. Pengunjung

Pemakai

Diagram Zero

Admin Pemakai / Operator Dt_Pemakai Pemakai Dt_Pemakai Dt_Pemakai


2. Penginput an Data Dasar

1. Login

Dt_DPA/BKU DPA / BKU Dt_DPA/BKU

Laporan

Dt_DPA/BKU Dt_Pengaturan
3. Pengaturan Data Acuan

Pengaturan Dt_Pengaturan

Dt_Pengaturan Dt_Pengaturan
4. Mencetak Laporan

Dt_DPA/BKU Dt_Pemakai

Dt Pemakai
5. Membuat Data Pemakai

Dt_Pemakai Dt Pemakai

6. Melihat Catatan Pemakai

Dt_Catatan Catatan Dt_Catatan

2. Perancangan Entity Relationship Diagram (ERD) dan Struktur Database.

Laporan Keuangan

N Di Buat fld_wkt* fld_saldo fld_aksi

User

fld_waktu* fld_tanggal fld_program fld_jenis fld_kegiatan fld_no_setor fld_tanggal_setor fld_uraian fld_nama_program fld_pajak fld_no_spmg fld_beban fld_tgl_spmg fld_uraian fld_nama_kegiatan fld_anggaran fld_kode_rekening fld_jumlah fld_skpd_kepala fld_tahun fld_nip_kepala fld_bidang fld_skpd_bendahara fld_urusan fld_nip_bendahara fld_skpd

fld_nama* fld_kata_ kunci fld_nama_ lengkap fld_status

fld_ketera ngan

3. Perancangan Struktur Navigasi.

Menu Admin

Data Dasar

Laporan

Pemakai

Catatan

Pengaturan

Pertolongan

Keluar

DPA

BKU MK (10)

Data Pemakai

BKU (MK 10)

MK 21

MK 23

MK 24

MK 26

MK 27

Pajak

Realisasi APBD

Pengantar SPJ

4. Perancangan Halaman Aplikasi Berbasis Web.

Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat halaman login untuk masuk kedalam sistem. Pemeriksaan Hak Akses Nama Pemakai Kata Kunci Periksa Akses Kosongkan Data

Perancangan Halaman Menu Utama


Perancangan menu utama ini digunakan untuk melakukan segala aktivitas dalam sistem. Seperti penginputan Data Dasar, pencetakan Laporan, Pengaturan dan Pemakai, serta melihat catatan pemakai. perubahan

Data Dasar

Laporan

Pengaturan

Pemakai

Catatan

Pertolongan

Keluar

Perancangan Menu Data Dasar Dalam menu ini dapat dipergunakan untuk menginput data Dasar Pengeluaran Anggaran yang nantinya dipergunakan sebagai acuan dalam pembuatan Laporan, dan juga penginputan BKU.

Data Dasar DPA

Laporan

Pengaturan

Pemakai

Catatan

Pertolongan

Keluar

BKU (MK10)

Masukan Data BKU (MK 10) Tahun Anggaran Saldo Bank Unit / SKPD Bidang Program Kegiatan Kode Rekening Uraian Anggaran Tanggal BKU Jenis BKU : : : : : : : : : : : Penerimaan Pengeluaran Penyetoran Anggaran

Penyetoran Pajak

Perancangan Menu Laporan Pada menu Laporan ini berguna untuk mencetak laporan. Data yang di ambil dalam pencetakan laporan ini diambil dari DPA dan BKU serta Pengaturan.

Data Dasar

Laporan

Pengaturan

Pemakai

Catatan

Pertolongan

Keluar

BKU (MK10)

MK 21

MK 23

MK 24

MK 26

MK 27

Pajak

Realisasi APBD

Pengantar SPJ

Cetak Laporan Cetak Ke Layar Cetak Ke Format Excel

Perancangan Menu Pengaturan Pada Menu Pengaturan ini digunakan untuk mengatur apa dan siapa saja yang terkait dengan laporan keuangan pada kelurahan.

Data Dasar

Laporan

Pengaturan

Pemakai

Catatan

Pertolongan

Keluar

Pejabat Terkait Tahun Anggaran Nama SKPD/Unit Bidang Urusan Kepala SKPD/Unit NIP Kepala SKPD/Unit Bendahara SKPD/Unit NIP Bendahara SKPD/Unit : : : : : : : :

Gambar 3.11 Menu Pengaturan

Perancangan Menu Pemakai


Menu Pemakai ini digunakan oleh admin sebagai pengaturan terhadap data user/pemakai atau operator yang akan menggunakan aplikasi. Di menu ini admin dapat menambah atau menghapus user/pemakai.

Data Dasar

Laporan

Pengaturan

Pemakai

Catatan

Pertolongan

Keluar

Daftar Akses Pemakai No Nama Lengkap Status

Perubahan Data Akses Pemakai Cari Data Pemakai Tambah Data Pemakai

Gambar 3.12 Menu Pemakai

Perancangan Menu Catatan


Pada Menu Catatan hanya dapat diakses oleh admin, dan fungsi menu ini untuk melihat aktifitas pemakaian yang telah dilakukan baik oleh user/pemakai, operator maupun admin.

Data Dasar

Laporan

Pengaturan

Pemakai

Catatan

Pertolongan

Keluar

Catatan Pemakaian Aplikasi Waktu Aktifitas Aktifitas Keterangan

Pengujian Aplikasi Berbasis Web


1. Penginstalan Paket XAMPP Pilih bahasa yang akan digunakan. Pilih folder yang akan menjadi tujuan penyimpanan paket xampp tersebut. Misalkan akan di simpan pada drive c dengan nama folder xampp. Setelah button next di pilih maka akan dilanjutkan dengan pemilihan option apa saja yang akan di instal pada komputer. Setelah proses penginstalan selesai maka pilih button finish dan paket xampp sudah siap untuk digunakan.
2. Pengujian Aplikasi

Pada saat memasuki aplikasi akan muncul tampilan login atau pemeriksaan hak akses bagi pemakai aplikasi. Sebelumnya nama pemakai dan kata kunci sudah ditentukan oleh admin agar tidak sembarang orang dapat mengakses aplikasi. Pada saat memasuki aplikasi akan muncul tampilan login atau pemeriksaan hak akses bagi pemakai aplikasi. Sebelumnya nama pemakai dan kata kunci sudah ditentukan oleh admin agar tidak sembarang orang dapat mengakses aplikasi.

Setelah melakukan login maka akan memasuki menu utama, seperti pada gambar berikut :

Pertama adalah menu Data Dasar, yang dapat diakses oleh admin dan yang berstatus operator saja. Pada menu Data Dasar yang ada pada aplikasi berisikan penginputan DPA yang dilakukan hanya sekali dalam setahun. DPA merupakan acuan anggaran dalam pelaksanaan kegiatan pada kelurahan dan digunakan juga sebagai dasar dari laporan keuangan.

Dalam menu Data Dasar juga terdapat penginputan BKU (MK 10) yang dilakukan setiap bulannya karena BKU merupakan laporan buku kas keuangan pada kelurahan. Acuan yang digunakan untuk penginputan data pada BKU diambil dari DPA.

Pada BKU terdapat 4 jenis pilihan penginputan yaitu penerimaan, pengeluaran, penyetoran anggaran dan penyetoran pajak. Dan masing-masing jenis pilihan tersebut terdapat menu isian yang berbeda-beda. Dapat dilihat pada gambar berikut ini :

Menu Kedua adalah Laporan, pada menu ini dapat mencetak laporan dari data yang sudah diinput dari BKU (MK10). Menu Laporan ini dapat diakses oleh semua pemakai.

Ketiga adalah Menu Pengaturan, yang berguna untuk menyimpan unitunit atau pejabat yang terkait pada laporan keuangan, yang nantinya dipergunakan pada pencetakan laporan. Pada menu ini dapat digunakan oleh admin dan operator saja.

Menu yang ke empat adalah Menu Pemakai, yang berfungsi bagi admin untuk mengatur siapa saja yang dapat mempergunakan aplikasi sesuai dengan status yang diberikan. Menu ini hanya dapat digunakan oleh admin. Sedangkan pada operator dan pemakai menu ini tidak ada.

Ke lima adalah menu Catatan, yang berguna sebagai pencatatan pemakaian aplikasi. Dalam menu ini admin dapat melihat siapa saja yang telah mempergunakan aplikasi sesuai waktu masuk ke dalam aplikasi dan juga keluar aplikasi.

Menu ke enam adalah menu pertolongan, yang gunanya sebagai petunjuk penggunaan apabila operator atau pemakai mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi berbasis web ini. Dapat dilihat pada gambar berikut ini :

KESIMPULAN DAN SARAN


Pada saat mengerjakan laporan keuangan masih menggunakan cara manual, data yang didapat masih banyak kesalahan terutama pada penghitungan jumlah penerimaan dan pengeluaran tidak sama. Setelah Aplikasi Berbasis Web ini diterapkan pada kelurahan untuk membantu pengerjaan laporan keuangan, maka hasil yang didapat jauh lebih baik dibandingkan dengan pengerjaan secara manual, selain data menjadi akurat dan dapat dipercaya, pengerjaan laporan keuangan pun dapat lebih cepat. Dengan demikian jelaslah bahwa aplikasi berbasis web ini merupakan alat bantu yang efektif dan efisien untuk mengerjakan laporan keuangan. Dengan kemudahan aplikasi berbasis web ini diharapkan pengerjaan laporan keuangan dapat selesai dengan cepat dan tepat. Pembuatan aplikasi berbasis web ini masih dalam tahap

pengembangan dasar yang terbatas dalam pembuatan laporan. Penulis berharap agar aplikasi berbasis web ini dapat dikembangkan oleh berbagai pihak sehingga aplikasi ini dapat berfungsi maksimal dan tujuan yang diharapkan dari pembuatan aplikasi ini dapat tercapai sepenuhnya. Seperti ditambahkannya data informasi tentang kelurahan yang terkait.

DAFTAR PUSTAKA
Sutarman, S.Kom, Membangun Aplikasi Web dengan PHP dan MySQL, Yogyakarta. Graha Ilmu, 2003. Eko Heri Susanto, Membangun Aplikasi Web Dengan Ajax, http://www.jawadwipa.com, 2007. Achmad Solihin, Pengenalan DBMS dan MySQL, http://www.wikipedia.org, 2007. Andi Sunyoto, M.Kom, Ajax Membangun Web Dengan Teknologi Asynchronouse Java Script Dan XML, Yogyakarta.Andi, 2007.