Vous êtes sur la page 1sur 16

Variasi Bentuk Kepala

Oleh: Riris Putri Marito Sinaga NIM: I11107047

Kranium dan fontanel normal


Sutura umumnya berfusi pada tahun kedua kehidupan. Fontanel anterior berukuran sekitar 2,5 cm menutup sekitar umur 2,5 tahun. Fontanel posterior menutup menutup sekitar umur 2-3 bulan. Spenoid atau fontanel anterolateral dan fontanel mastoid bentuknya iregural dan kecil biasanya menutup pada umur 2-3 bulan.

Kraniosinostosis
Definisi: penutupan prematur sutura kranialis. Etiologi: Mutasi genetik: mutasi pada reseptor faktor pertumbuhan fibroblas (FGFR1,-2,-3) dan gen TWIST dan MSX2. Faktor lingkungan: penyakit rickets (def vit D), gagal ginjal kronik, hipopastemia dan hipertiroidisme. Teratogen: fenitoin, retinoid, valproate, aminopterin/metrotrexat, flukonazol. Faktor intrauterin: posisi abdnormal di uterus, kehamilan ganda, oligohidramnion.

Skafosefali
Penutupan prematur sutura sagitalis mengakibatkan tengkorak memanjang dan sempit bentuk kraniosinostosis yang paling lazim. Skafosefali disertai dengan oksiput yang menonjol dan dahi lebar, serta fontanela anterior yang kecil atau tidak ada.

Skafosefali tidak mengakibatkan peningkatan tekanan intrakranial atau hidrosefalus dan pemeriksaan neurologis terhadap penderita yang terkena normal.

Dolicocephalic, Mesocephalic

Dolicocephalic: kepala dengan indeks lebarpanjang kranial <0,75. Mesocephalic: kepala dengan indeks lebarpanjang kranial antara 0,75 dan 0,80

Plagiosefali frontal
Plagiosefali frontal merupakan bentuk kraniosinostosis paling lazim berikutnya dan ditandai oleh datarnya dahi unilateral, menonjolnya orbita ipsilateral dan alis, serta telinga di sisi yang terkena menonjol. Terjadi akibat fusi prematur sutura koronaria dan sfenofrontalis.

Plagiosefali oksipital paling sering akibat dari posisi saat masa bayi dan lebih lazim pada anak yang tidak bergerak atau cacat, namun fusi atau sklerosis sutura lamboid dapat menyebabkan ratanya oksipital unilateral dan pencembungan tulang frontalis ipsilateral.

Trigonosefali
Trigonosefali merupakan bentuk kraniosinostosis yang jarang karena fusi prematur sutura metopik. Anak ini mempunyai dahi bentuklunas kapal dan hipotelorisme (mata berukuran kecil), serta berisiko disertai kelainan perkembangan otak depan.

Turrisefali
Turrisefali merujuk pada kepala bentuk kerucut karena fusi prematur sutura koronaria dan sering sfenofrontalis dan frontoetmoidalis.

Deformitas kleeblattschdel
Deformitas kleeblattschdel adalah tengkorak berbentuk aneh yang menyerupai daun semanggi. Anak ini memiliki tulang temporal yang sangat menonjol, dan kranium lainnya kontriksi. Hidrosefalus merupakan komplikasi yang paling sering terjadi

KESIMPULAN
Fusi prematur dari hanya salah satu sutura jarang menyebabkan defisit neurologis. Indikasi operasi hanyalah untuk memperbaiki penampilan kosmetik anak. Komplikasi neurologis, termasuk hidrosefalus dan meningkatnya tekanan intrakranial, lebih mungkin terjadi bila dua sutura atau lebih terfusi. Dalam hal ini tindakan operasi sangat penting